Comscore Tracker

Jam Tidur Tidak Teratur? Yuk, Kenali Kebutuhan Tidur Berdasarkan Usia

Kira-kira jam tidurmu sudah sesuai belum ya?

Tidur memiliki manfaat untuk memulihkan kesegaran tubuh dan keseimbangan di antara berbagai susunan saraf. Tidur yang berkualitas adalah tidur yang sesuai dengan kebutuhannya.

Beberapa orang menganggap kebutuhan tidur setiap orang adalah sama dalam satu waktu tertentu. Namun kenyataannya, kebutuhan tidur dibedakan berdasarkan usianya. Sehingga apakah pola tidur kamu sudah sesuai dengan usiamu saat ini? Jika belum, yuk simak penjelasan di bawah ini.

1. Usia 0-1 bulan

Jam Tidur Tidak Teratur? Yuk, Kenali Kebutuhan Tidur Berdasarkan Usiapixabay.com/blankita_ua

Pada usia bayi baru lahir umumnya membutuhkan waktu tidur 14-18 jam setiap hari. Bayi umumnya akan bangun jika merasa haus atau lapar, sehingga orangtua perlu siaga terhadap perilaku rewel bayi.

2. Usia 1-18 bulan

Jam Tidur Tidak Teratur? Yuk, Kenali Kebutuhan Tidur Berdasarkan Usiapixabay.com/PublicDomainPictures

Waktu tidur yang dibutuhkan pada usia bayi yaitu 12-14 jam setiap hari termasuk tidur siang. Hal tersebut akan membuat otak dan tubuh bayi berkembang dengan baik. Tidur cukup bagi bayi akan meningkatkan kecerdasan emosional yang berpengaruh pada kepribadian bayi.

3. Usia 3-6 tahun

Jam Tidur Tidak Teratur? Yuk, Kenali Kebutuhan Tidur Berdasarkan Usiapixabay.com/ddimitrova

Waktu tidur yang dibutuhkan anak usia prasekolah adalah 11-13 jam termasuk tidur siang. Menurut penelitian, jika anak usia di bawah 6 tahun tidak mempunyai waktu tidur yang cukup akan memiliki kecenderungan obesitas di kemudian hari.

Baca Juga: Jangan Sepelekan, 5 Kebiasaan Ini Bisa Mengganggu Kualitas Tidurmu

4. Usia 6-12 tahun

Jam Tidur Tidak Teratur? Yuk, Kenali Kebutuhan Tidur Berdasarkan Usiapixabay.com/pexels

Waktu tidur yang dibutuhkan pada anak usia sekolah yaitu 10 jam. Dampak yang ditimbulkan pada anak dengan waktu tidur yang kurang adalah tidak konsentrasi saat belajar, menjadi hiperaktif serta memiliki masalah perilaku di sekolah.

5. Usia 12-18 tahun

Jam Tidur Tidak Teratur? Yuk, Kenali Kebutuhan Tidur Berdasarkan Usiapexels.com/jmark

Waktu tidur yang dibutuhkan pada usia remaja yaitu 8-9 jam untuk menghindari risiko terkena depresi dan tidak fokus saat melakukan kegiatan.

6. Usia 18-40 tahun

Jam Tidur Tidak Teratur? Yuk, Kenali Kebutuhan Tidur Berdasarkan Usiapexels.com/thatguycraig000

Waktu tidur yang dibutuhkan oleh orang dewasa yaitu 7-8 jam setiap hari. Hal tersebut berkaitan dengan pola hidup sehat agar terhindar dari penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan lainnya. Selain itu, tidur yang kurang akan menimbulkan stres dan sering marah dengan alasan tidak jelas.

7. Lansia

Jam Tidur Tidak Teratur? Yuk, Kenali Kebutuhan Tidur Berdasarkan Usiapixabay.com/pixabay

Jika sudah mencapai umur 60 tahun ke atas, waktu tidur yang dibutuhkan yaitu 6 jam setiap hari. Semakin bertambahnya umur, kebutuhan waktu tidur akan menurun akibat penurunan fungsi organ tubuh.

Berdasarkan informasi di atas, ternyata kebutuhan tidur tiap usia berbeda-beda, ya! Pola tidur yang cukup harus diimbangi dengan asupan dan aktivitas fisik yang sesuai untuk menunjang pola hidup yang sehat. Semoga semakin teratur ya waktu istirahat kalian!

Baca Juga: Tidur Sudah Cukup tapi Masih Lelah, Coba Kenali 5 Penyebab Utama Ini

iys nrg Photo Writer iys nrg

Ingin jadi freelance writer anonim tapi gagal (?)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya