Comscore Tracker

5 Cara Agar Terhindar dari Penyakit yang Muncul Saat Musim Hujan

Sungguh, mencegah lebih baik dari mengobati

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), memprediksi puncak musim hujan tahun 2019 akan terjadi pada akhir November hingga Januari 2020 mendatang.

Penting untuk diingat, datangnya musim hujan juga disertai dengan ancaman berbagai penyakit. Untuk mengantisipasi hal tersebut, kamu bisa melakukan pencegahan sedini mungkin dan bisa dilakukan dengan hal-hal sederhana.

Berikut 5 hal yang bisa kamu lakukan untuk terhindar dari berbagai penyakit ketika musim hujan datang.

1. Bersihkan lingkungan sekitar

5 Cara Agar Terhindar dari Penyakit yang Muncul Saat Musim Hujanunsplash/jeshoots

Penyakit yang akrab dengan musim hujan adalah Demam Berdarah (DBD), diare, malaria dan lain sebagainya. Untuk mengantisipasi penyakit-penyakit tersebut, kamu perlu ekstra untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitarmu.

Hal-hal yang kamu lakukan sebenarnya sederhana, seperti membuang barang-barang yang tidak perlu untuk mencegah bibit-bibit nyamuk. Selain itu, kamu harus rajin membersihkan lingkungan sekitar agar menekan risiko penyebaran kuman dan bakteri yang bisa menyerang tubuhmu.

2. Perkuat daya tahan tubuh

5 Cara Agar Terhindar dari Penyakit yang Muncul Saat Musim Hujanunsplash/bruno_nascimento

Ini sangat penting. Meskipun musim hujan kadang membawa ancaman berbagai penyakit, namun jika kamu disiplin dalam mengelola daya tahan tubuh, ancaman tersebut kemungkinan besar dapat diminimalisir.

Hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk memperkuat daya tahan tubuh adalah dengan rajin berolahraga, tidur yang cukup dan pintar dalam mengelola stres.

Semakin baik daya tahan tubuhmu ketika musim hujan, semakin jauh kamu dari ancaman penyakit.

3. Berikan asupan terbaik bagi tubuh

5 Cara Agar Terhindar dari Penyakit yang Muncul Saat Musim Hujanunsplash/danielcgold

Daya tahan tubuh selain dapat dilakukan dengan berolahraga, tidur yang cukup dan mengelola stres, juga bisa dengan memberikan asupan-asupan terbaik bagi dalam tubuh.

Memakan makanan yang seimbang gizinya, disiplin atau selalu tepat waktu dalam makan adalah bentuk usaha sederhana yang bisa kamu lakukan

Penting juga untuk selalu memenuhi cairan di dalam tubuh. Kebutuhan cairan bagi orang dewasa normal disarankan 2-2,5 liter. Lebih rincinya: wanita dewasa disarankan minum sebanyak 1,6 liter, sedangkan pria 2 liter tiap harinya.

Baca Juga: 7 Makhluk Mitos Ini Terinspirasi dari Penyakit dan Gangguan Kesehatan

4. Kurangi bepergian ketika musim hujan

5 Cara Agar Terhindar dari Penyakit yang Muncul Saat Musim HujanIlustrasi hujan. unsplash/rocua18

Lebih baik kamu mengurangi kegiatan di luar rumah ketika musim hujan. Hal ini demi kamu terhindar dari ancaman penyakit ketika musim hujan.

Atau sebelum berkegiatan ke luar rumah, ada baiknya kamu sudah mempersiapkan diri dengan perlengkapan musim hujan. Seperti sudah mempersiapkan jas hujan atau payung.

5. Jika terserang penyakit, segera berobat ke dokter

5 Cara Agar Terhindar dari Penyakit yang Muncul Saat Musim Hujanunsplash/impulsq

Mencegah memang lebih baik dari pada mengobati. Namun, ketika kamu terserang penyakit ketika musim hujan, hal terbaik yang bisa kamu lakukan adalah dengan segera pergi ke dokter.

Baca Juga: Hati-hati, 5 Gangguan Kesehatan Ini Berpotensi Sebabkan Obesitas

Insan Fazrul Ramadhan Photo Community Writer Insan Fazrul Ramadhan

Penggemar sepak bola. Kadang membaca lalu menulis.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You