Comscore Tracker

7 Penyakit yang Punya Gejala Mirip Diabetes, Serupa tapi Tak Sama!

Kamu harus jeli ya, jangan sampai salah mengira!

Diabetes adalah salah satu kondisi kesehatan yang banyak ditakuti masyarakat. Penyakit gula tersebut menyebabkan 1,6 juta kematian di tahun 2016, menurut data dari World Health Organization (WHO). Di Indonesia sendiri, diabetes adalah penyebab kematian terbanyak nomor enam. 

Diabetes memiliki beberapa tanda yang sebenarnya agak sulit diidentifikasi. Kenapa? Perlu diketahui bahwa gejala diabetes sering kali mirip dengan  sejumlah penyakit lain. Di antaranya adalah rasa lelah yang luar biasa, tubuh lemah, sering merasa lapar, mata kabur, sering buang air kecil, serta pembengkakan pada kaki dan tangan. 

Nah, agar tidak salah diagnosis, yuk cek penyakit apa saja yang punya gejala mirip dengan diabetes!

1. Stroke

7 Penyakit yang Punya Gejala Mirip Diabetes, Serupa tapi Tak Sama!medicalnewstoday.com

Stroke disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah di sekitar otak. Penyakit ini juga bisa terjadi karena adanya penyumbatan darah menuju otak. Keduanya dapat menyebabkan organ tersebut kekurangan oksigen. Dampaknya, penderita akan sulit mengontrol otot, atau yang paling fatal adalah mengalami kelumpuhan.

Namun tahukah kamu bahwa beberapa tanda awal penyakit tersebut menyerupai diabetes? Studi dari University of Maryland Medical Center mengatakan bahwa terdapat kemiripan antara diabetes tipe 2 dan stroke. Keduanya sama-sama ditandai dengan kaburnya pandangan, tubuh terasa lemah, dan sensasi kesemutan di tangan dan kaki. 

2. Anemia

7 Penyakit yang Punya Gejala Mirip Diabetes, Serupa tapi Tak Sama!doctordoctor.com.au

Pada umumnya, diabetes dapat menyebabkan penderita sangat lelah, bahkan sampai merasa ingin pingsan. Mirip sekali dengan anemia, kan? Bedanya, penyakit gula bisa membuat kita lelah karena tubuh tidak mampu memproses glukosa dan menyebarkannya ke seluruh jaringan.

Sementara pada anemia, pasien merasa pening hingga pingsan karena ketidakmampuan darah mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh. Kunci perbedaan keduanya adalah anemia akan membuat kepala terasa berputar, sedangkan diabetes menyebabkan kita kelelahan. Serupa tapi tak sama, ya!

3. Multiple sclerosis

7 Penyakit yang Punya Gejala Mirip Diabetes, Serupa tapi Tak Sama!jundiagora.com.br

Multiple sclerosis adalah kondisi kesehatan yang menyerang sistem saraf pusat, yaitu otak, tulang belakang, serta saraf yang ada di mata. Karena menyerang organ yang vital, maka tak heran bahwa ini termasuk penyakit yang ditakuti.

Namun kita harus jeli karena ada beberapa gejala yang mirip dengan diabetes. Di antaranya adalah rasa lelah yang luar biasa, pandangan kabur, serta buang air kecil terus menerus. Tak hanya itu, multiple sclerosis juga bisa menimbulkan rasa kesemutan pada tangan. Sangat mirip, kan?

Baca Juga: Ladies Jangan Abaikan, Ini 7 Tanda Penyakit Berbahaya pada Perempuan

4. Aterosklerosis

7 Penyakit yang Punya Gejala Mirip Diabetes, Serupa tapi Tak Sama!cloudfront.net

Aterosklerosis terjadi ketika pembuluh darah yang membawa oksigen menjadi tebal dan kaku. Darah pun sulit untuk mengalir di dalamnya. Alhasil, tubuh menjadi lemas dan pandangan pun kabur. Itulah letak kesamaan antara aterosklerosis dan diabetes. 

Walaupun jarang didengar, penyakit ini cukup berbahaya, lho! Pembuluh darah yang mengeras dapat meningkatkan risiko penyumbatan darah. Akhirnya penyakit jantung pun sulit dihindari.

5. Penyakit grave

7 Penyakit yang Punya Gejala Mirip Diabetes, Serupa tapi Tak Sama!endocrineweb.com

Jarang didengar, penyakit grave adalah kelainan sistem imun yang menyebabkan berlebihnya produksi hormon tiroid. Peningkatan nafsu makan dan kaburnya penglihatan adalah dua gejala yang paling umum dari penyakit tersebut. Keduanya juga sering dialami oleh penderita diabetes. Yang membedakan, penyakit grave diikuti dengan pembengkakan kelenjar tiroid.

6. Glaukoma

7 Penyakit yang Punya Gejala Mirip Diabetes, Serupa tapi Tak Sama!eurocanariasoftalmologica.com

Pernahkah kamu mendengar nama penyakit yang satu ini? Glaukoma adalah kondisi kronis yang mengganggu penglihatan kita. Menurut WebMD, penyebabnya adalah kerusakan pada saraf mata. 

Tanda awal dari glaukoma adalah kaburnya penglihatan, mirip dengan diabetes. Bedanya, penyakit ini hanya menyerang mata, sedangkan diabetes tidak. Terlepas dari itu, glaukoma adalah kondisi kronis yang bisa menyebabkan kebutaan. Maka dari itu, ketika kamu merasakan gejala serupa, segera periksakan ke dokter, ya!

7. Glukagonoma

7 Penyakit yang Punya Gejala Mirip Diabetes, Serupa tapi Tak Sama!mskcc.org

Dikutip dari Healthline, glukagonoma adalah tumor langka yang menyerang pankreas. Masih belum jelas apa penyebab dari kondisi ini. Namun salah satu faktor risikonya adalah tingginya kadar hormon glukagon yang bisa menyebabkan peningkatan gula darah.

Akhirnya, gejala-gejala mirip diabetes pun bermunculan. Mulai dari sering buang air kecil, menurunnya berat badan, serta meningkatnya nafsu makan dan rasa haus.

Itulah beberapa penyakit yang menyerupai diabetes. Jika kamu mengalami beberapa tanda yang disebutkan, segeralah periksa ke dokter, ya! Jangan pernah melakukan self-diagnosed atau mengira-ngira sendiri. Serahkan diagnosis kepada tenaga medis yang lebih berpengalaman.

Baca Juga: Mengenal Penyakit Fimosis, dari Gejala, Penyebab, hingga Pengobatannya

Topic:

  • Izza Namira
  • Pinka Wima

Just For You