Comscore Tracker

10 Cara Mencegah Kanker sejak Usia Muda, agar Bebas dari Risikonya

Kanker bisa menyerang di usia muda, perbaiki gaya hidupmu!

Jika ditanya mengenai penyakit yang paling ditakuti di dunia, salah satu jawaban yang muncul di pikiranmu pastilah kanker. Tak mengherankan mengingat penyakit tersebut telah membunuh jutaan jiwa. 

Data dari World Health Organization (WHO) bahkan mengatakan bahwa setidaknya satu dari lima laki-laki dan satu dari enam perempuan di dunia mengidap kanker. Kasus di Indonesia juga tak kalah tinggi. Data dari Riset Kesehatan Dasar tahun 2018, prevalensinya mencapai 1,79 per seribu penduduk. 

Melihat betapa berbahayanya penyakit ini, penting untuk mengedukasi diri mengenai pencegahannya. Apalagi kanker dapat menyerang siapa pun, termasuk kita yang berusia muda. Maka dari itu, dalam rangka Hari Kanker Sedunia yang jatuh setiap 4 Februari, berikut ini sejumlah cara mencegah kanker yang terbukti secara ilmiah!

1. Jangan merokok

10 Cara Mencegah Kanker sejak Usia Muda, agar Bebas dari Risikonyapexels.com/irina iriser

Merokok jelas tidak baik untuk kesehatan. Kebiasaan ini dapat meningkatkan risiko berbagai macam kanker. Mulai dari kanker paru-paru, mulut, tenggorokan, laring, pankreas, kandung kemih, serviks, hingga ginjal. 

Bahkan menurut data dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat, risiko kanker bisa meningkat hanya gara-gara menghirup asap rokok orang lain. Bisa dibayangkan, risiko perokok pasif saja sudah cukup besar, apalagi menjadi perokok aktif. 

Maka dari itu, agar terhindar dari jenis kanker di atas, sebaiknya hindari rokok dalam bentuk apa pun. Tidak hanya untuk melindungi diri sendiri, tapi juga orang lain di sekitarmu. 

2. Jaga berat badan agar tetap ideal

10 Cara Mencegah Kanker sejak Usia Muda, agar Bebas dari Risikonyafreepik.com/rawpixel.com

Berbagai riset telah membuktikan bahwa obesitas berkaitan erat dengan kanker. Mengutip Cancer, ini terjadi karena orang dengan berat badan berlebih mengalami peradangan kronis yang akan merusak DNA sehingga menyebabkan kanker. 

Selain itu, masih banyak faktor lain dari obesitas yang berkaitan erat dengan perkembangan sel kanker. Di antaranya perubahan tingkat insulin, hormon adipokine, stres oksidatif, dan lain sebagainya. Jenis kanker yang mungkin terjadi karena obesitas adalah kanker kolorektal, rahim, pankreas, ginjal, tiroid, hati, perut, hingga meningioma. 

Oleh karena itu, penting untuk menjaga agar berat badan tetap ideal. Bukan untuk penampilan, tetapi untuk kesehatan kita. Hal ini dapat dilakukan dengan menjaga pola makan dan berolahraga. 

3. Memperbanyak konsumsi makanan sehat

10 Cara Mencegah Kanker sejak Usia Muda, agar Bebas dari Risikonyainterkent.net

Berhubungan erat dengan poin sebelumnya, kamu juga harus memerhatikan pola makan agar terhindar dari risiko kanker. Ternyata ada sejumlah makanan yang sebaiknya kita konsumsi untuk menurunkan risiko kanker. Berikut ini di antaranya:

  • Brokoli;
  • Wortel;
  • Beri-berian;
  • Kacang-kacangan;
  • Tomat;
  • Bawang putih;
  • Sayuran hijau;
  • Biji-bijian. 

Intinya, hampir semua makanan yang berbasis tumbuhan baik untuk mencegah kanker. Perbanyak konsumsinya mulai sekarang, ya!

4. Ada pula makanan yang harus dihindari

10 Cara Mencegah Kanker sejak Usia Muda, agar Bebas dari Risikonyaeatthis.com

Di sisi lain, ada pula deretan makanan yang sebaiknya dihindari jika tidak ingin menjadi lebih rentan terhadap kanker. Berikut ini di antaranya:

  • Makanan yang mengandung lemak jahat atau lemak trans, seperti gorengan, junk food, dan makanan olahan;
  • Daging merah;
  • Daging yang diproses seperti bacon, sosis, daging asap, dan lainnya;
  • Makanan yang mengandung banyak gula;
  • Makanan yang kaya akan garam;
  • Makanan dan minuman yang terlalu panas.

5. Berolahraga dengan rutin

10 Cara Mencegah Kanker sejak Usia Muda, agar Bebas dari Risikonyapexels.com/dominika roseclay

Selain memperbaiki pola makan, kamu juga harus mengiringinya dengan olahraga. Aktivitas fisik ini dapat membantu menjaga berat badan sehingga terhindar dari risiko obesitas. Selain itu, menurut laman Harvard Health Publishing, olahraga secara spesifik bisa mencegah kanker kolon, payudara, dan yang berkaitan dengan organ reproduksi. 

Yang bisa kamu lakukan adalah setidaknya luangkan waktu untuk berolahraga minimal 30 hingga 60 menit setiap harinya. Sesuaikan jenisnya dengan kemampuanmu. Olahraga dapat berupa jogging, bersepeda, berenang, aerobik, zumba, yoga, latihan fisik, dan lain sebagainya

Baca Juga: Cara Mencegah Kanker Serviks, Kanker Berbahaya Kedua di Indonesia

6. Lindungi kulitmu dari paparan sinar matahari

10 Cara Mencegah Kanker sejak Usia Muda, agar Bebas dari Risikonyapexels.com/armin rimoldi

Berjemur di pagi hari memang disarankan agar tubuh mendapatkan vitamin D yang baik untuk imunitas. Akan tetapi, hal ini tidak boleh dilakukan secara berlebihan karena sinar UV dari matahari dapat meningkatkan risiko kanker kulit. Berikut ini beberapa tips agar terhindar darinya:

  • Hindari berada di bawah sinar matahari langsung, terutama ketika sedang terik;
  • Selalu gunakan sunscreen, bahkan ketika di rumah sekalipun. Sebab sinar UVB dan UVA dapat menembus jendela;
  • Gunakan pakaian yang menutupi kulit ketika berada di bawah sinar matahari. Kamu juga bisa menggunakan payung, topi, dan kacamata hitam;
  • Hindari prosedur tanning

7. Batasi konsumsi minuman beralkohol

10 Cara Mencegah Kanker sejak Usia Muda, agar Bebas dari Risikonyapexels.com/maria pop

Berikutnya, yang tak kalah penting adalah kamu harus membatasi konsumsi minuman beralkohol. Mengutip laman Cancer, kebiasaan ini berkaitan erat dengan meningkatnya risiko kanker mulut, laring, kerongkongan, hati, kolon, dan payudara. Maka dari itu, jangan minum alkohol secara berlebihan. 

8. Lakukan vaksinasi untuk penyakit tertentu

10 Cara Mencegah Kanker sejak Usia Muda, agar Bebas dari Risikonyapexels.com/Gustova Fring

Kanker tidak dibawa oleh virus atau bakteri sehingga vaksin bukanlah cara untuk mencegahnya. Akan tetapi, ada penyakit tertentu yang dapat meningkatkan risiko kanker. Untungnya, penyakit itu bisa dicegah lewat vaksinasi. Berikut ini di antaranya:

  • Hepatitis B dan C. Penyakit ini dapat meningkatkan risiko kanker hati. Orang dewasa yang sering berganti pasangan seks, menggunakan obat yang disuntikkan, dan petugas medis yang sering terpapar cairan tubuh disarankan mendapatkan vaksinasi ini;
  • Human papillomavirus (HPV). Ini merupakan virus yang menyebabkan kanker serviks dan organ genital lainnya. Agar terhindar darinya, perempuan dan laki-laki disarankan untuk mendapatkan vaksinasi HPV.

9. Hindari perilaku yang berisiko

10 Cara Mencegah Kanker sejak Usia Muda, agar Bebas dari Risikonyaparenting.com

Dilansir Mayo Clinic, pencegahan kanker lain yang juga efektif adalah menghindari perilaku berisiko. Maksudnya adalah tindakan-tindakan yang berpotensi menimbulkan infeksi yang akan berujung pada risiko kanker. Contohnya:

  • Seks bebas. Mempraktikkan seks yang tidak aman dapat meningkatkan risiko HIV/AIDS. Penderita penyakit tersebut lebih rentan untuk terkena kanker anus, paru-paru, serviks, dan lain sebagainya;
  • Berbagi jarum suntik. Tindakan ini sangatlah berbahaya dan bisa meningkatkan risiko berbagai penyakit, di antaranya adalah hepatitis B dan C. Keduanya berhubungan erat dengan kanker hati. 

10. Periksakan kesehatanmu secara rutin

10 Cara Mencegah Kanker sejak Usia Muda, agar Bebas dari Risikonyamanipalhospitals.com

Upaya pencegahan kanker terakhir adalah memeriksakan kesehatan secara rutin. Khususnya untuk aspek yang berhubungan dengan risiko kanker. Misalnya dengan cara screening pap smear, payudara, kulit, dan lain sebagainya. 

Kanker memang merupakan penyakit yang harus diwaspadai. Untuk melindungi diri dari risikonya, lakukan berbagai pencegahan di atas, ya. Selain terhindar dari kanker, cara-cara tersebut juga akan membuatmu lebih sehat. 

Baca Juga: 7 Hal Mengejutkan yang Bisa Meningkatkan Risiko Kanker, Yuk Hindari!

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya