Comscore Tracker

10 Cara Mengatasi Haid yang Terlambat secara Aman dan Alami

Haid yang terlambat sering membuat perempuan khawatir

Tahukah kamu apa hal yang selalu dinantikan perempuan setiap bulannya? Tak perlu berpikir jauh-jauh, jawabannya adalah haid atau menstruasi. 

Ketika masa tersebut tidak kunjung datang, wajar jika perempuan menjadi khawatir. Sebab, ada banyak hal yang bisa memicu telat haid. Mulai dari kehamilan, hormon yang tak seimbang, stres, perubahan berat badan, hingga berbagai penyakit. 

Apakah kamu salah satu orang yang mengalami masalah tersebut? Jika iya, ada beberapa cara mengatasi telat haid secara alami dan aman sebelum konsultasi ke dokter. Yuk, simak berikut ini!

1. Konsumsi vitamin C

10 Cara Mengatasi Haid yang Terlambat secara Aman dan Alamimediashower.com

Metode pertama yang bisa kamu coba untuk mengatasi terlambat haid adalah mengonsumsi vitamin C. Kamu bisa mendapatkannya dari suplemen ataupun buah dan sayuran yang kaya akan zat tersebut. 

Vitamin C direkomendasikan karena dipercaya dapat meningkatkan estrogen dan menurunkan progesteron. Melansir Healthline, hal itu akan memicu luruhnya dinding rahim yang berujung pada keluarnya darah haid. 

2. Mengonsumsi jahe

10 Cara Mengatasi Haid yang Terlambat secara Aman dan Alamifreepik.com/jcomp

Jahe juga bisa menjadi alternatif ketika kamu ingin mengatasi haid yang terlambat atau tidak teratur. Studi dari Phytotherapy Research tahun 2014 mengatakan bahwa rimpang tersebut mampu menyebabkan kontraksi rahim sekaligus mengatasi kram perut saat haid yang mengganggu.

Ada banyak cara yang bisa kamu coba untuk mengonsumsi jahe. Yang paling mudah adalah dengan mencampurkannya ke dalam teh atau air lemon hangat. Agar rasa pedasnya tidak mendominasi, kamu juga bisa menambahkan madu. 

3. Konsumsi kunyit

10 Cara Mengatasi Haid yang Terlambat secara Aman dan Alamihealthline.com

Kunyit telah digunakan sejak zaman dahulu di Indonesia sebagai jamu untuk para perempuan. Masyarakat percaya bahwa ramuan kunyit dapat membantu mengurangi rasa sakit saat haid sekaligus memperbaiki siklus menstruasi yang tidak teratur. 

Menurut studi yang dipublikasikan dalam International Journal of Novel Research and Development tahun 2017, kunyit termasuk emmenagogue. Istilah itu diberikan untuk zat-zat yang menstimulasi aliran darah pada rahim, sehingga haid bisa terjadi. 

4. Konsumsi kayu manis

10 Cara Mengatasi Haid yang Terlambat secara Aman dan Alamifreepik.com/racool_studio

Rempah berikutnya yang bisa mengatur siklus haid adalah kayu manis. Melansir Healthline, ketika mengonsumsinya, kadar hormon insulin di tubuh jadi lebih stabil. Hal ini kemudian memengaruhi hormon estrogen dan progesteron yang berperan dalam siklus haid. 

Sebuah studi tahun 2014 yang diterbitkan dalam American Journal of Gynecology bahkan menemukan bahwa kayu manis dapat membantu pengobatan sindrom ovarium polikistik (polycystic ovarian syndrome atau PCOS). Ini merupakan gangguan hormon yang menyebabkan penderitanya tidak bisa haid secara teratur. 

5. Perbanyak makan buah nanas

10 Cara Mengatasi Haid yang Terlambat secara Aman dan Alamipexels.com/Alizee Marchand

Selama ini nanas dipercaya dapat menggugurkan kandungan. Anggapan tersebut bisa dibilang ada benarnya. Sebab, buah tropis ini kaya akan bromelain, enzim yang dapat melembutkan dinding rahim sehingga mudah untuk luruh. 

Memang belum ada bukti yang kuat tentang hal ini, tetapi para ahli dan dokter percaya bahwa nanas bisa menstimulasi darah haid untuk keluar lebih cepat. Khasiat lain yang bisa kamu dapatkan adalah nanas mampu meredakan rasa sakit serta memiliki sifat antiinflamasi. 

Baca Juga: 7 Cara Efektif Mengecilkan Pori-pori yang Besar di Wajah

6. Olahraga secara teratur

10 Cara Mengatasi Haid yang Terlambat secara Aman dan Alamipexels.com/Alizee Marchand

Jangan malas berolahraga, ya! Aktivitas fisik ini tidak hanya baik untuk tubuh tetapi juga untuk siklus haid. Melansir Very Well Health, perempuan yang berolahraga biasanya memiliki siklus haid yang lebih teratur daripada yang tidak. Alasan utamanya adalah karena olahraga membantu mengontrol berat badan, sehingga siklus haid tidak akan terhambat.

Akan tetapi, kamu tidak boleh berolahraga terlalu berat hingga menjadi beban untuk tubuhmu, ya. Sebab, hal ini akan menimbulkan efek yang berkebalikan. Ketika berolahraga terlalu keras, kamu akan mengalami stres fisiologis yang akan mengganggu kerja hipotalamus pada otak. 

Perlu diketahui bahwa hipotalamus merupakan area yang mengendalikan siklus haid. Jika fungsinya terganggu, kamu tidak akan mengalami ovulasi, sehingga haid akan terlambat. Jadi, olahragalah secara rutin dan sesuaikan dengan kemampuanmu. 

7. Kelola stres dengan baik

10 Cara Mengatasi Haid yang Terlambat secara Aman dan Alamifreepik.com/cookie_studio

Salah satu penyebab terlambatnya haid yang paling sering terjadi adalah stres. Kondisi tersebut memicu otak untuk memproduksi kortisol dan progesteron dalam jumlah besar. Hal ini akan menunda siklus haid kamu. 

Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara meredakan stres yang sesuai untuk diri sendiri. Kamu bisa mulai dengan memperbaiki pola tidur, meditasi, yoga, makan makanan yang sehat, dan menjalankan hobi yang membuatmu senang. 

8. Jaga berat badan agar ideal

10 Cara Mengatasi Haid yang Terlambat secara Aman dan Alamifreepik.com/rawpixel.com

Seperti yang disebutkan di atas, perubahan berat badan dapat membuat haid terlambat. Hal ini berlaku baik untuk kenaikan berat maupun penurunan berat badan yang drastis. Bagaimana bisa keduanya berhubungan?

Sederhananya, perubahan berat badan dapat menghambat produksi hormon estrogen. Akhirnya, perempuan tidak mendapatkan masa ovulasi seperti yang seharusnya. Masalah lain yang mungkin timbul karenanya adalah ketika haid datang, darah yang keluar begitu banyak sehingga bikin tak nyaman.

Oleh karena itu, jagalah berat badan sebisa mungkin. Kamu dapat melakukannya dengan cara mengatur pola makan, memperbanyak konsumsi buah dan sayur, serta berolahraga secara teratur. 

9. Pastikan kamu mendapatkan asupan folat

10 Cara Mengatasi Haid yang Terlambat secara Aman dan Alamisanfordhealth.org

Berikutnya, kamu juga harus memastikan tubuhmu mendapatkan asupan folat yang cukup. Dilansir Healthline, mineral tersebut dapat menjaga keteraturan siklus ovulasi serta mendukung kesuburan perempuan. Kamu bisa mendapatkan folat dari berbagai makanan berikut ini:

  • Telur;
  • Sayuran hijau seperti brokoli, bayam, kale, selada, dan lainnya;
  • Bit;
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian;
  • Hati sapi;
  • Buah-buahan seperti pepaya, alpukat, dan pisang;

10. Hindari diet karbohidrat

10 Cara Mengatasi Haid yang Terlambat secara Aman dan Alamifreepik.com/pressfoto

Diet karbohidrat ternyata tak baik untuk siklus haid. Ketika tubuh tidak mendapatkan karbohidrat yang cukup, fungsi tiroid akan terganggu dan menurunkan tingkat leptin di dalam tubuh. Leptin bertugas membantu regulasi hormon reproduksi. 

Jika kamu ingin menurunkan berat badan, kamu bisa beralih ke karbohidrat kompleks. Contohnya nasi cokelat, gandum, kentang, ubi, jagung, dan kacang-kacangan. 

Itulah sejumlah cara mengatasi telat haid secara alami dan aman. Kamu juga dapat melakukannya sebagai upaya pencegahan, lho. Akan tetapi, jika cara-cara di atas tidak bisa mengatasi siklusmu yang tak teratur, ada baiknya untuk segera konsultasi ke dokter. Dengan begitu, penyebab haid yang terlambat bisa dideteksi secara tepat. 

Baca Juga: 8 Anggapan Keliru tentang Kondom, Jangan Percaya Mulai Sekarang!

Topic:

  • Izza Namira
  • Nurulia R. Fitri
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya