Comscore Tracker

Penyakit Bronkitis: 6 Gejalanya, Penyebab dan Jenisnya

Ditandai dengan batuk yang berkepanjangan

Bronkitis adalah penyakit yang cukup umum diderita oleh masyarakat. Ini terjadi karena adanya inflamasi di bagian saluran pernapasan utama atau yang biasa disebut sebagai bronkus. Saluran tersebut berperan sebagai penyalur udara dari pernapasan atas menuju ke paru-paru.

Penyakit bronkitis dapat disebabkan oleh virus, bakteri, dan partikel asing lain penyebab iritasi. Ketiganya bisa didapatkan dari udara yang tercemar, asap rokok, dan lain-lain. Itulah kenapa sebenarnya bronkitis adalah penyakit yang cukup umum diderita oleh semua golongan usia. 

Nah kali ini IDN Times bakalan mengulas seputar 6 gejala penyakit bronkitis yang harus kamu sadari bila terjangkit, tentunya penyakit ini juga harus kita waspadai. Simak dibawah ini untuk ulasan selengkapnya!

Ada dua jenis bronkitis, yaitu bronkitis akut dan kronis

Penyakit Bronkitis: 6 Gejalanya, Penyebab dan Jenisnyawebmd.com

Bronkitis akut tergolong penyakit jangka pendek, yaitu hanya menyerang selama kurang dari sepuluh hari. Namun batuk pasien akan tetap mengalami batuk selama beberapa minggu setelahnya. Pada umumnya kondisi ini dialami oleh balita.

Sementara bronkitis kronis bisa berlangsung selama beberapa bulan. Parahnya, penyakit ini bisa menetap di tubuh pasien selama lebih dari tiga bulan. Bronkitis kronis umum dialami oleh orang yang memiliki penyakit asma atau emfisema.

Lalu gejala seperti apa yang menandai seseorang mengalami penyakit ini? Berikut tanda-tanda yang harus kamu pahami dilansir dari berbagai sumber.

1. Diawali dengan gejala flu

Penyakit Bronkitis: 6 Gejalanya, Penyebab dan Jenisnyaromania-insider.com

Pada awalnya kamu akan merasa tubuhmu lemas, sakit kepala, dan demam (37 hingga 38 derajat celcius). Sama seperti gejala flu. Ini karena virus utama penyebab bronkitis memang sama dengan virus penyebab flu biasa. Setelah itu, kamu akan merasakan sakit pada tenggorokan yang kemudian akan berubah menjadi batuk berdahak.

2. Batuk-batuk

Penyakit Bronkitis: 6 Gejalanya, Penyebab dan Jenisnyaistockphoto.com

Gejala utama dari penyakit bronkitis adalah batuk yang berkepanjangan. Kamu bisa mengalami gejala ini selama berminggu-minggu. Bahkan di sebagian kasus, batuk terjadi hingga lebih dari dua bulan. Pada awalnya kamu akan merasakan batuk kering. Namun beberapa saat kemudian lendir akan mulai menyangkut di tenggorokanmu. 

3. Muncul dahak yang mengiringi batuk

Penyakit Bronkitis: 6 Gejalanya, Penyebab dan Jenisnyahealthxchange.sg

Batuk berdahak adalah gejala utama dari bronkitis. Dilansir dari Health Line saat seseorang menderita penyakit tersebut, akan terjadi perubahan warna pada dahak. Mulai dari putih menjadi kuning atau hijau. Pada sebagian orang, lendir itu juga akan tercampur dengan darah. 

Baca Juga: 5 Gejala Emfisema yang Harus Kamu Cermati, Paru-parumu Bisa Rusak

4. Hidung berair dan tersumbat

Penyakit Bronkitis: 6 Gejalanya, Penyebab dan Jenisnyadrganent.com

Banyaknya lendir yang diproduksi oleh paru-paru akhirnya naik ke sistem pernapasan atas, yaitu hidung dan tenggorokan. Lendir tersebut menjadi dahak yang ada di tenggorokan dan menjadi ingus di bagian rongga hidung. 

Saat menderita bronkitis kamu akan merasakan pilek dan hidungmu mengeluarkan air secara konstan. Tidak hanya itu, lendir juga akan mengakibatkan kamu sulit bernapas karena menyumbat rongga hidung.

5. Gejala lain yang dirasakan oleh penderita bronkitis

Penyakit Bronkitis: 6 Gejalanya, Penyebab dan Jenisnyacdc.gov

Penderita bronkitis biasanya akan merasakan lelah dan pegal di sekujur tubuh. Tidak hanya itu, gejala lain yang mengiringi adalah sesak napas, nyeri di bagian dada karena batuk, mual, muntah, diare, hingga penurunan kesadaran. 

Pada bronkitis akut, gejala tersebut akan berhenti setelah sistem imun berhasil memerangi virus dan bakteri. Namun orang yang mengalami bronkitis kronis akan mengalaminya selama berbulan-bulan. Tidak secara konstan tetapi gejala tersebut akan datang dan pergi.

6. Cara pengobatan bronkitis

Penyakit Bronkitis: 6 Gejalanya, Penyebab dan Jenisnyaself.com

Langkah yang paling tepat untuk mengobati bronkitis adalah dengan minum obat sesuai resep dokter. Namun ada beberapa cara nonmedis yang bisa membuatmu merasa lebih baik. 

Pertama, hindari merokok dan terpapar asap rokok karena ia adalah salah satu penyebab bronkitis.

Kedua, nyalakanlah humidifier saat sedang tidur untuk meredakan batuk dan membantu mencairkan lendir. Mempraktikkan latihan pernapasan dan berolahraga juga bisa membantu meredakan gejala yang telah disebutkan.

Dan demikianlah informasi kesehatan tentang beberapa gejala penyakit bronkitis yang harus kamu sadari. Jika kamu mengalami gejala di atas selama berminggu-minggu, sebaiknya segera pergi ke dokter.

Dengan begitu, penyakit akan segera terdiagnosis dan mendapatkan penanganan yang tepat. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat untuk kamu yang memang sedang membutuhkan ya!

Baca Juga: 5 Penyakit Berbahaya yang Diawali dengan Gejala Mual, Waspadalah

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono
  • Wendy Novianto

Just For You