Comscore Tracker

Top 8 Allergen, Mengenal Makanan yang Paling Umum Menimbulkan Alergi

Kamu pasti sudah familier dengannya

Alergi terhadap makanan adalah penyakit yang sangat umum diderita. Menurut data dari jurnal yang diterbitkan oleh PubMed Central pada tahun 2014, masalah ini setidaknya memengaruhi lima persen orang dewasa dan delapan persen anak-anak di dunia. Persentase tersebut masih terus meningkat hingga sekarang.

Menariknya, alergi biasanya hanya disebabkan oleh jenis makanan tertentu. Food and Drugs Administration (FDA) menyebutnya sebagai Big Eight Allergen atau delapan besar alergen. Makanan tersebut tercatat yang paling banyak menimbulkan reaksi alergi pada manusia.

Kira-kira apakah kamu sudah bisa menebaknya? Simak daftar dan penjelasannya berikut ini dilansir dari berbagai sumber.

1. Produk susu sapi

Top 8 Allergen, Mengenal Makanan yang Paling Umum Menimbulkan Alergimedicalnewstoday.com

Alergi terhadap susu sapi dan produk turunannya sering kali dialami oleh anak kecil. Menurut data dari National Institutes of Health, jenis alergi ini memengaruhi sekitar dua hingga enam persen bayi hingga balita, terutama mereka yang sudah mengonsumsinya sejak berumur enam bulan.

Gejala yang ditimbulkan akan muncul dalam kurun waktu 5 hingga 30 menit sejak konsumsi. Biasanya mereka mengalami pembengkakan, gatal-gatal, muntah, dan diare. Pada kasus yang parah, anak-anak juga akan mengalami asma. Solusi dari alergi ini adalah mengganti susu sapi dengan susu nabati seperti kedelai serta menghindari konsumsi segala produk turunannya.

2. Telur

Top 8 Allergen, Mengenal Makanan yang Paling Umum Menimbulkan Alergionceuponachef.com

Makanan kedua yang paling umum menimbulkan alergi adalah telur, terutama telur ayam. Data dari Perfectly Free menunjukkan bahwa setidaknya ada dua hingga empat persen anak kecil yang menderitanya. Untungnya seiring dengan bertambahnya usia terutama setelah mencapai enam tahun, reaksi alergi akan berkurang.

Yang menarik dari hal ini, penderita alergi telur biasanya lebih terpengaruh oleh putih telur daripada bagian kuningnya. Jika memiliki alergi ini, kamu tidak harus menghindari semua produk yang mengandung telur. Namun ini semua tergantung pada kondisi tubuh masing-masing orang.

3. Kacang-kacangan pohon

Top 8 Allergen, Mengenal Makanan yang Paling Umum Menimbulkan Alergimedicalnewstoday.com

Contoh dari kacang pohon adalah almond, mete, walnut, pistachio, dan lainnya. Sebanyak satu persen orang di dunia mengalami jenis alergi ini, menurut data dari jurnal PubMed Central yang terbit tahun 2015.

Walaupun tidak sebanyak susu dan telur, reaksi yang ditimbulkan saat penyakit ini kambuh cukup parah. Penderita bisa mengalami syok anafilatik hanya dalam hitungan detik atau menit. Badan akan terasa panas, bengkak di bibir, sulit menelan, sesak, hingga kehilangan kesadaran.

Baca Juga: Ini 7 Jenis Alergi Paling Aneh di Dunia, Dari Wi-Fi sampai Sentuhan

4. Kacang tanah

Top 8 Allergen, Mengenal Makanan yang Paling Umum Menimbulkan Alergiwikimedia.org

Masih membicarakan soal kacang, ternyata kacang tanah juga berpotensi untuk menimbulkan reaksi alergi di sejumlah orang. Setidaknya ada empat hingga enam persen anak kecil dan satu hingga dua persen orang dewasa yang mengalaminya. 

Seperti kacang pohon, jenis kacang ini juga bisa menyebabkan reaksi yang parah seperti anafilatik. Terlebih lagi, pada umumnya orang yang alergi kacang tanah juga tidak bisa mengonsumsi kacang pohon. Sering kali penyakit ini bersifat genetik, yaitu dapat diturunkan. 

5. Kerang-kerangan

Top 8 Allergen, Mengenal Makanan yang Paling Umum Menimbulkan Alergisupermarketnews.com

Alergi kerang biasanya terjadi karena tubuh menolak dan menyerang balik protein yang dimiliki oleh makanan tersebut. Bukan hanya kerang, biasanya orang dengan jenis alergi ini juga tidak bisa mengonsumsi udang, lobster, cumi-cumi, dan ikan laut lainnya. 

Gejala yang ditimbulkan kurang lebih sama dengan alergi lain tapi bisa muncul dengan sangat cepat. Tidak hanya itu, jika seseorang alergi makanan laut, akan sulit untuk menyembuhkannya. Satu-satunya jalan adalah dengan menghindari konsumsi jenis makanan tersebut.

6. Gandum

Top 8 Allergen, Mengenal Makanan yang Paling Umum Menimbulkan Alergiamazonaws.com

Alergi gandum biasanya lebih banyak menyerang anak-anak usia di bawah sepuluh tahun. Untungnya setelah mereka menginjak masa remaja, reaksi alergi akan menghilang. Sekitar 0,4 persen populasi dunia memilikinya, menurut jurnal PubMed Central tahun 2016.

Reaksi yang umum muncul adalah gangguan pencernaan, gatal-gatal, muntah, hingga syok anafilatik. Alergi gandum bisa muncul karena sistem imun menyerang sebuah protein yang dikandung olehnya. 

7. Kedelai

Top 8 Allergen, Mengenal Makanan yang Paling Umum Menimbulkan Alergialfafoods.co.nz

Ternyata kedelai yang selama ini dikira aman juga bisa menimbulkan alergi. Jurnal yang sama mengatakan bahwa sebanyak 0,4 anak-anak mengalaminya, terutama mereka yang berusia di bawah tiga tahun.

Gejalanya sedikit berbeda dari jenis lain yang telah disebutkan. Setelah mengonsumsi produk yang mengandung kedelai, penderitanya akan merasa gatal dan geli pada mulut, hidung berair, dan asma. 

8. Ikan

Top 8 Allergen, Mengenal Makanan yang Paling Umum Menimbulkan Alergigoodfood.com.au

Alergi ikan adalah jenis yang cukup sering terjadi. Dilansir dari Health Line, setidaknya sebanyak dua persen dari populasi dunia mengalaminya. Yang dimaksud adalah segala jenis ikan, tetapi kasus yang paling banyak disebabkan oleh ikan laut. 

Gejala yang ditimbulkan bisa menjadi fatal. Mulai dari muntah, diare, hingga syok anafilatik. Jika alergi yang dimiliki pasien cukup parah, dokter akan menyarankannya untuk selalu membawa suntikan epipen

Kamu mengalami salah satu alergi di atas? Sebisa mungkin hindari konsumsi makanan-makanan pantangannya agar reaksi alergi tidak timbul ya!

Baca Juga: Fakta Porfiria, Penyakit Alergi Ekstrem dengan Cahaya Matahari

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You