Comscore Tracker

11 Manfaat Habbatussauda, Jintan Hitam Penyembuh Penyakit

Mulai dari penyakit ringan hingga berat dapat disembuhkannya

Habbatussauda atau minyak jintan hitam berasal dari biji bunga Nigella sativa. Mereka pada umumnya hidup di tanah Asia bagian Selatan dan Barat. Sudah berabad-abad lamanya, tumbuhan yang satu ini terkenal akan manfaat kesehatannya.

Orang pertama yang meneliti habbatussauda adalah Ibnu Sina, filsuf dunia medis yang dijuluki sebagai Bapak Kedokteran Modern. Ia menuliskan hasil penelitiannya dalam buku yang berjudul Canon of Medicine

Menurutnya, ada banyak khasiat yang dibawa oleh obat herbal Timur Tengah tersebut. Penelitian modern pun turut membuktikan apakah benar ia dapat menyembuhkan segala penyakit kecuali kematian. Mau tahu?

Berikut ini IDN Times akan merangkum dari berbagai sumber mengenai manfaat habbatussauda yang banyak banget dan ternyata baik lho untuk kesehatan tubuh kita. Langsnu g ajah yuk simak selengkapnya di bawah ini!

1. Dapat membantu menurunkan berat badan

11 Manfaat Habbatussauda, Jintan Hitam Penyembuh Penyakitmarketwatch.com

Ingin tetap sehat saat sedang diet? Cobalah untuk mengonsumsi habbatussauda. Penelitian yang dipublikasikan oleh PubMed Central di tahun 2018 menunjukkan konsumsi habbatussauda dapat membantu menurunkan berat badan tanpa efek samping.

Selain itu, penelitian tersebut juga mengatakan bahwa obat herbal tersebut bagus untuk dikonsumsi para penderita obesitas.

2. Mengobati asma

11 Manfaat Habbatussauda, Jintan Hitam Penyembuh Penyakitmedicalnewstoday.com

Dilansir dari WebMD, penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi habbatus sauda bersamaan dengan obat asma dapat mempercepat proses penyembuhan. Gejala yang mengiringinya seperti batuk, mengi, dan sakit dada pun akan segera reda.

Namun terdapat pengecualian jenis obat ya. Jangan mengonsumsinya dengan salbutamol dan theophylline agar khasiatnya tidak menurun.

3. Meningkatkan kualitas sperma

11 Manfaat Habbatussauda, Jintan Hitam Penyembuh Penyakitlifehealthbenefit.com

Laki-laki, terutama yang merokok, sering kali mengalami penurunan kuantitas dan kualitas sperma. Ini karena pengaruh nikotin yang terkandung di dalamnya. Untuk mengatasinya, konsumsilah habbatussauda secara rutin.

Studi dari University of Malaysia tahun 2014 melaporkan bahwa kandungan minyak jintan hitam tersebut dapat mengembalikan kualitas sperma seperti semula. Selain itu, ia juga bisa membantu memperbaiki struktur jaringan testis.

4. Menyembuhkan diabetes tipe 1

11 Manfaat Habbatussauda, Jintan Hitam Penyembuh Penyakitthehealthy.com

Diabetes tipe 1 tergolong penyakit autoimun. Maksudnya, kondisi tersebut terjadi karena sistem imun tubuh menyerang sel sehat karena mengiranya sebagai patogen.

Jika kamu mengalaminya, terapi habbatussauda dapat membantumu. Caranya, rutinlah konsumsi obat herbal tersebut tiga kali dalam sehari. 

Penelitian dari ScienceDirect mengatakan bahwa ia terbukti dapat menurunkan kadar glukosa dan meningkatkan konsentrasi insulin dalam tubuh. Dengan begitu, pasien akan berangsur-angsur membaik.

5. Membantu penyembuhan dan pencegahan kanker

11 Manfaat Habbatussauda, Jintan Hitam Penyembuh Penyakitmedicalnewstoday.com

Kanker, salah satu penyakit paling mematikan di dunia ternyata dapat ditangani oleh habbatussauda. Medical News Today mengatakan bahwa kandungan thymoquinone dan antikarsinogenik di dalamnya dapat membunuh sel-sel kanker yang aktif. 

Sejauh ini, khasiat tersebut terbukti efektif untuk kanker otak, leukemia, tumor, melanoma, dan kanker payudara. Tentunya pasien harus tetap menjalani pengobatan yang dianjurkan oleh dokter. Habbatussauda dapat digunakan sebagai cara tambahan.

Baca Juga: 6 Teh Herbal yang Berkhasiat untuk Redakan Muntah

6. Menangani jerawat

11 Manfaat Habbatussauda, Jintan Hitam Penyembuh Penyakitself.com

Kamu kesal karena jerawat yang membandel? Coba saja jadikan habbatussauda sebagai suplemenmu. Ia mengandung sifat antiinflamasi dan antimikroba yang dikenal dapat membasmi jerawat hingga ke akarnya.

Studi dari ScienceDirect menunjukkan bahwa 93 persen orang yang menjadi subjek penelitiannya mengatakan cara tersebut efektif.

7. Menurunkan tekanan darah

11 Manfaat Habbatussauda, Jintan Hitam Penyembuh Penyakitamazonaws.com

Tekanan darah tinggi adalah salah satu penyakit yang banyak dialami oleh masyarakat Indonesia. Jika dibiarkan, kondisi ini dapat mengarah ke penyakit yang lebih parah lagi, seperti penyakit jantung koroner. 

Habbatussauda dapat menjaga agar tekanan darah kita tetap normal. Dilansir dari Express.co.uk, minyak dari biji bunga Nigella sativa tersebut kaya akan antioksidan yang dapat bekerja dengan menurunkan tekanan darah. Selain itu, ia juga bisa mengurangi risiko terhadap serangan jantung.

8. Menurunkan kolesterol

11 Manfaat Habbatussauda, Jintan Hitam Penyembuh Penyakitwebmd.com

Minyak jintan hitam mengandung asam lemak seperti asam linoleat dan oleic. Keduanya terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam pembuluh darah. Selain itu, habbatussauda juga mengandung kadar lipoprotein yang dikenal sebagai kolesterol baik.

Tidak hanya terkandung dalam minyaknya, kamu juga bisa menemukan khasiat yang sama pada biji jintan hitam yang dihancurkan.

9. Menjaga kesehatan hati dan ginjal

11 Manfaat Habbatussauda, Jintan Hitam Penyembuh Penyakitmedicalnewstoday.com

Studi dari PubMed Central pada tahun 2013 mengatakan bahwa minyak jintan hitam terbukti dapat mengurangi komplikasi pada hati dan ginjal. Penelitian tersebut dilakukan pada tikus percobaan.

Hasil juga mengatakan bahwa struktur kedua organ tersebut juga meningkat karenanya. Walaupun belum dapat dibuktikan pada manusia, tidak ada salahnya untuk dicoba, kan?

10. Dapat digunakan untuk kecantikan

11 Manfaat Habbatussauda, Jintan Hitam Penyembuh Penyakitself.com

Habbatussauda yang juga dikenal sebagai black seed oil juga memiliki manfaat untuk kondisi kulit dan rambut kita. Selain membasmi jerawat, kamu juga bisa mengandalkannya untuk melembapkan rambut (dioleskan pada helaiannya), psoriasis, melembapkan kulit, serta menyembuhkan kulit yang terluka. 

11. Manfaat lain dari habbatus sauda

11 Manfaat Habbatussauda, Jintan Hitam Penyembuh Penyakitmedicalnewstoday.com

Manfaat lain dari mengonsumsi habbatussauda di antaranya adalah untuk menyembuhkan demam, flu, epilepsi, kejang otot, hingga meredakan sakit gigi. Ia bekerja dengan cara mempercepat proses penyembuhan. 

Itu dia ulasan mengenai manfaat habbataussauda yang perlu kamu ketahui. Mungkin terdengar aneh bagi yang mengetahuinya. Tapi ternyata julukan “obat segala penyakit” memang layak untuk diberikan kepada habbatusauda ya.

Para ahli juga sudah menyatakan bahwa ia aman untuk dikonsumsi sehari-hari. Namun, kamu harus tetap mengiringinya dengan obat yang dianjurkan oleh doktermu, ya! Selamat mencoba!

Baca Juga: 6 Khasiat Brotowali bagi Kesehatan, Tanaman Herbal Sejuta Manfaat

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono
  • Wendy Novianto

Just For You