Comscore Tracker

7 Manfaat Kesehatan Saffron, Bisa Mencegah Kanker dan Penyakit Jantung

Walaupun kecil, bunga ini punya banyak khasiat yang kuat!

Apakah kamu pernah mendengar nama “saffron” sebelumnya? Saffron adalah salah satu jenis bunga lili yang biasa hidup di Iran, Yunani, Maroko, Spanyol, dan Italia. Mahkota bunganya ungu terang dengan stigma (bagian penangkap serbuk sari) berwarna merah.

Masyarakat sering mengambilnya untuk dijadikan bumbu masakan. Namun baru-baru ini, banyak yang menyadari bahwa bunga tersebut juga memiliki manfaat kesehatan  yang beragam. Itulah kenapa nama saffron pun melejit.

Ingin tahu apa saja khasiat yang dimiliki saffron? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

1. Kaya akan antioksidan

7 Manfaat Kesehatan Saffron, Bisa Mencegah Kanker dan Penyakit Jantungtimesofindia.com

Saffron terkenal akan kandungan antioksidannya yang sangat tinggi. Dilansir dari Healthline, berikut ini komponen utama pembentuk antioksidan dalam bunga tersebut:

  • Crocin dan crocetin: berperan sebagai pewarna merah alami serta memiliki khasiat antiinflamasi;
  • Picrocrocin: berperan dalam memberikan rasa pahit serta dapat melindungi tubuh dari radikal bebas;
  • Safranal: memberikan aroma pada saffron serta melindungi sel otak.

Semua kandungan saffron dapat membantu tubuh untuk memerangi radikal bebas dan stres oksidatif. Keduanya adalah akar dari berbagai kondisi kesehatan, termasuk kanker, penyakit jantung, serta penuaan dini.

2. Meredakan gejala PMS

7 Manfaat Kesehatan Saffron, Bisa Mencegah Kanker dan Penyakit Jantungglamour.com

Premenstrual syndrome atau yang dikenal juga sebagai PMS adalah kondisi yang tidak mengenakkan bagi para wanita. Gejalanya meliputi kram perut bagian bawah, sakit punggung, mood yang naik turun, sakit kepala, serta mual dan kelelahan.

Salah satu cara yang alami untuk meredakan gejala tersebut adalah dengan mengonsumsi saffron. Studi dari JCDR pada tahun 2014 membuktikan bahwa semua rasa sakit karena PMS dapat berkurang setelah wanita mengonsumsi 30 miligram saffron setiap harinya.

Ini terjadi karena kandungan antioksidan dalam saffron bisa membantu mengurangi kadar hormon stres yang banyak diproduksi saat PMS.

3. Mengobati dan meredakan depresi

7 Manfaat Kesehatan Saffron, Bisa Mencegah Kanker dan Penyakit Jantungunsplash.com/Anthony Tran

Saffron sering kali disebut sebagai “sunshine spice”. Bukan karena warnanya yang terang, melainkan karena ia bisa meredakan gejala depresi. Tak hanya itu, saffron terbukti bisa memperbaiki mood kita yang buruk.

Alasan di balik khasiat itu lagi-lagi karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Zat tersebut akan menekan kadar hormon stres kortisol sehingga tingkat depresi pun menurun. Tak hanya itu, menurut Journal of Ethnopharmacology, khasiat antidepresan yang dikandungnya setara dengan obat Prozac yang biasa digunakan dokter

Baca Juga: Lebih dari Sekadar Relaksasi, Ini 7 Manfaat Kesehatan Terapi Pijat

4. Mencegah penyakit alzheimer

7 Manfaat Kesehatan Saffron, Bisa Mencegah Kanker dan Penyakit Jantunguniversite-paris-saclay.fr

Alzheimer adalah penyakit progresif pada lansia yang ditandai dengan menurunnya daya ingat, kemampuan berpikir, dan motorik. Pada umumnya, gejala akan timbul secara perlahan dan semakin memburuk seiring berjalannya waktu.

Nah, jika kamu tidak ingin mengalami hal ini, saffron adalah salah satu jalan keluarnya. Kandungan crocin di dalam bunga tersebut terbukti bisa mengurangi inflamasi di sel-sel otak dan melindunginya dari kerusakan lebih lanjut. 

Tak hanya itu, saffron juga bisa digunakan untuk menghentikan gejala alzheimer agar tidak terus berkembang. Menurut Medical News Today, para penderita penyakit tersebut disarankan untuk mengonsumsinya setiap hari selama 22 minggu agar kondisi membaik.

5. Mencegah kanker

7 Manfaat Kesehatan Saffron, Bisa Mencegah Kanker dan Penyakit Jantungfineartamerica.com

Antioksidan dan flavonoid yang dikandung oleh saffron juga bisa mencegah kanker. Zat tersebut akan berperan sebagai pelindung untuk sel-sel di dalam tubuh sehingga sel kanker akan kesulitan menyerangnya.

Menurut berbagai penelitian yang telah dilakukan, khasiat tersebut berlaku pada berbagai kanker. Mulai dari kanker kulit, tulang, prostat, paru-paru, payudara, hingga serviks.

6. Meningkatkan kesehatan jantung

7 Manfaat Kesehatan Saffron, Bisa Mencegah Kanker dan Penyakit Jantungcloudfront.net

Khasiat lain yang dimiliki saffron adalah kemampuannya untuk meningkatkan kesehatan jantung. Bagaimana bisa? Dilansir dari Healthline, ternyata bunga tersebut mampu menurunkan tekanan darah serta memberikan perlindungan ekstra pada jantung. Dengan begitu risiko stroke, penyakit jantung koroner, gagal jantung, dan lain-lain.

7. Dapat menurunkan berat badan

7 Manfaat Kesehatan Saffron, Bisa Mencegah Kanker dan Penyakit Jantungindiatimes.com

Untuk kamu yang sedang diet, menjadikan saffron sebagai suplemen sehari-hari adalah keputusan yang baik. Menurut studi dari Nutrition Research tahun 2010, saffron dapat menekan hasrat kita untuk snacking atau ngemil. 

Perut akan terus terasa kenyang berjam-jam setelah makan berat. Akhirnya, para konsumen saffron pun mengaku berat badan mereka menurun setelah delapan minggu. 

Untuk efek samping, sebenarnya saffron termasuk tumbuhan yang aman untuk dikonsumsi jangka panjang. Akan tetapi, kamu harus memastikan dosisnya tepat. Medical News Today menyarankan agar kita mengonsumsinya maksimal 1,5 gram setiap hari.

Untuk mengonsumsinya, kamu hanya perlu menyeduh saffron dengan air panas. Biarkan selama beberapa menit hingga berubah warna, kemudian air tersebut pun siap diminum. Kamu juga bisa menambahkan teh atau madu ke dalamnya agar rasa saffron tidak terlalu kuat.

Apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

Baca Juga: 8 Manfaat Kesehatan Daun Kelor, Pencegah Kanker dan Diabetes

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya