Comscore Tracker

Mengenal Tes Swab Antigen Elecsys yang Baru Dirilis, Lebih Akurat?

Inovasi baru ini diusung oleh Siloam, Roche, dan Halodoc

Tes untuk mendeteksi COVID-19 sekarang ini semakin dibutuhkan. Mulai dari untuk mengikuti aktivitas tertentu, bepergian, hingga melamar pekerjaan. Melihat kebutuhan publik akan hal ini, Siloam Hospitals Group bersama dengan Roche dan Halodoc merilis tes antigen terbaru di Indonesia yang dinamai Elecsys pada hari Kamis (3/6/2021). 

Lalu apa perbedaan tes ini dengan swab antigen lain yang biasa dipakai oleh publik? Bagaimana dengan tingkat akurasinya? Untuk memahaminya secara lebih lanjut, simak penjelasan berikut ini!

1. Apa itu swab antigen Elecsys?

Mengenal Tes Swab Antigen Elecsys yang Baru Dirilis, Lebih Akurat?tes swab antigen Elecsys (Dok. Istimewa)

Seperti tes antigen lain, Elecsys dilakukan dengan cara mengusap nasofaring. Melalui keterangan resminya, Siloam Hospitals Group mengatakan bahwa swab antigen Elecsys memiliki performa yang lebih tinggi daripada jenis tes lain. Ia dibekali dengan sensitivitas 94,5 persen dan spesifisitas 99,9 persen. Apa artinya?

Dengan persentase yang tinggi tersebut, Elecsys berarti mampu mendeteksi sampel secara lebih akurat. Bahkan untuk sampel yang memiliki jumlah virus rendah, tes yang diusung tiga lembaga ini bisa mendeteksinya. 

Baca Juga: Infeksi Langka Jamur Hitam Serang Pasien COVID-19 India, Apakah Itu?

2. Ini kelebihan Elecsys dibandingkan swab antigen lainnya

Mengenal Tes Swab Antigen Elecsys yang Baru Dirilis, Lebih Akurat?tes swab antigen Elecsys (Dok. Istimewa)

Swab antigen Elecsys akan menggambarkan kondisi pasien. Jika hasil yang didapatkan positif, pasien berpotensi besar telah terinfeksi SARS-CoV-2, virus corona yang menyebabkan COVID-19. Sementara jika hasil negatif, pasien kemungkinan tidak terinfeksi. Namun, hal ini tidak menutup kemungkinan lain. 

Elecsys memiliki beberapa keunggulan dibandingkan tes antigen lainnya. Dokter spesialis patologi klinik Siloam Hospitals Surabaya, dr. Diane Lukito, SpPK memaparkannya dalam keterangan resmi. 

Swab antigen Elecsys yang berbasis laboratorium ini memiliki berbagai keunggulan, seperti harga terjangkau dengan hasil lebih akurat karena pemeriksaan sampel dilakukan secara otomatis di dalam alat immunoassay cobas-Elecsys series, sehingga pembacaan hasil lebih standar serta dapat digunakan untuk pengujian skala besar dengan jumlah sampel besar dan pelacakan kontak (contact tracing),” terangnya. 

3. Kamu bisa mendapatkan tes swab antigen Elecsys di Siloam Hospitals Group dan Halodoc

Mengenal Tes Swab Antigen Elecsys yang Baru Dirilis, Lebih Akurat?tes swab antigen Elecsys (Dok. Istimewa)

Swab antigen Elecsys dibanderol dengan harga Rp299 ribu. Jika kamu memerlukannya, kamu bisa menjalani tes ini di rumah sakit Siloam terdekat, website Siloam mcu.siloamhospitals.com, serta aplikasi dan website Halodoc. 

Dengan merilis inovasi swab antigen terbaru ini, Siloam bersama Roche dan Halodoc berharap bisa mempermudah akses tes COVID-19 untuk seluruh masyarakat Indonesia. 

Baca Juga: 7 Cara Mudah Mengatasi Mata Lelah akibat Kelamaan Memandang Gadget

Topic:

  • Izza Namira
  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya