Comscore Tracker

7 Penyakit Langka yang Menyerang Otak Manusia, Semoga Tak Mengalaminya

Walaupun langka, tetap waspada ya!

Otak berperan penting untuk mengatur organ-organ tubuh lainnya. Ini karena otak tersambung dengan sistem saraf yang bisa menyalurkan perintah ke seluruh tubuh. Karena perannya yang vital, ia harus dilindungi dari segala kemungkinan yang bisa menurunkan fungsinya.

Terdapat sederet penyakit yang bisa menyerang otak. Sebagian di antaranya sangat jarang diidap oleh manusia. Berikut ini 10 penyakit langka yang dapat menyerang otak manusia!

1. Infeksi naegleria

7 Penyakit Langka yang Menyerang Otak Manusia, Semoga Tak Mengalaminyanewatlas.com

Infeksi yang menyerang otak ini disebabkan oleh amoeba bernama Naegleria fowleri. Infeksi bisa didapatkan akibat kontak dengan amoeba tersebut di danau, sungai, dan sumber air panas.

Penderitanya akan mengalami peradangan dan kerusakan serius pada otak. Biasanya dalam waktu seminggu, mereka akan meninggal walaupun telah melakukan pengobatan.

2. Sindrom Alice in Wonderland (AiWS)

7 Penyakit Langka yang Menyerang Otak Manusia, Semoga Tak Mengalaminyascienceabc.com

Pernah membaca dongeng atau menonton film Alice in Wonderland? Diceritakan bahwa tubuh Alice sempat mengecil sehingga ia melihat benda di sekitarnya menjadi lebih besar.

Kurang lebih itulah yang dialami oleh orang dengan sindrom ini (AiWS). Mereka akan melihat tubuh orang di sekitarnya seperti melalui kaca mata cembung. Ini membuat pasien merasa bahwa tubuh mereka berubah. Biasanya sindrom ini diidap oleh anak kecil.

3. Creutzfeldt-Jakob Disease (CJD)

7 Penyakit Langka yang Menyerang Otak Manusia, Semoga Tak Mengalaminyaliberaldictionary.com

Penyakit ini adalah kelainan otak degeneratif yang mengarah ke demensia hingga kematian. Gejalanya juga mirip dengan demensia, tetapi dengan progres yang lebih cepat. Penderitanya akan mengalami depresi, kehilangan ingatan, insomnia, hingga kebutaan.

Creutzfeldt-Jakob Disease (CJD) disebabkan oleh penyakit menular dari manusia dan hewan yang dikenal sebagai transmissible spongiform escephalopathies (TSEs). Selain itu, penyebab lainnya adalah perubahan protein yang menyebabkan infeksi pada jaringan otak.

Baca Juga: Kurang Istirahat, 7 Penyakit Akut Ini Sering Mengancam Para Workaholic

4. Paraneoplastic Neurologic Syndromes (PNS)

7 Penyakit Langka yang Menyerang Otak Manusia, Semoga Tak Mengalaminyaverywellmind.com

PNS adalah kelainan yang menyerang sistem saraf, yaitu otak, sumsum tulang belakang, saraf dan otot. Ini adalah sindrom saraf yang disebabkan oleh reaksi sistem imun tubuh yang dapat menghasilkan tumor. Gejalanya adalah sering kehilangan keseimbangan, kesulitan mengontrol napas dan peradangan otak.

5. Penyakit fahr

7 Penyakit Langka yang Menyerang Otak Manusia, Semoga Tak Mengalaminyanewatlas.com

Fahr adalah gangguan saraf degeneratif yang langka terjadi. Penyakit ini ditandai dengan hilangnya sel tertentu dari otak, seperti ganglia basal yang berfungsi untuk mengontrol gerakan sadar pada tubuh. Penyakit fahr dapat menyebabkan demensia, kekakuan otot, kelumpuhan, hingga kebutaan.

6. Ataksia

7 Penyakit Langka yang Menyerang Otak Manusia, Semoga Tak Mengalaminyastemcellcareindia.com

Penyakit ini menyebabkan gangguan gerakan tubuh yang disebabkan oleh masalah pada otak. Akan terjadi ketidakselarasan antara keinginan dan tindakan yang dilakukan. Ada beberapa hal yang menyebabkannya, seperti infeksi bakteri pada otak, infeksi virus, kurangnya hormon tiroid dalam darah, genetis, hingga mutasi gen.

7. Credula cerobrum morbo

7 Penyakit Langka yang Menyerang Otak Manusia, Semoga Tak Mengalaminyalistverse.com

Penyakit ini disebabkan oleh virus mendax. Gejalanya dimulai dari iritasi mata, sakit punggung, leher dan kepala, hingga kelelahan. Gejala-gejala tersebut tergolong ringan hingga sering dianggap remeh.

Jika dibiarkan, virus akan menyerang saraf otak dan menyebabkan turunnya konsentrasi, sering lupa, tidak mengenali orang dan benda. Pada akhirnya virus mendax akan menghancurkan bagian-bagian otak.

Itulah penyakit-penyakit langka yang menyerang otak manusia. Waspadai gejalanya dan segera periksa ke dokter untuk penanganan selanjutnya, ya!

Baca Juga: 7 Penyakit yang Paling Sering Muncul saat Puasa, Yuk Waspada! 

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You