Comscore Tracker

8 Penyebab Perut Bagian Kanan Sakit, Ketahui Sebelum Asal Menduga

Mulai dari kondisi kesehatan yang ringan hingga parah

Sakit perut ada banyak macamnya, biasanya diklasifikasikan dengan di bagian mana rasa sakit berada. Salah satu yang sering dialami orang adalah sakit di bagian kanan perut, baik di bagian atas maupun bawah. 

Bagian tersebut adalah lokasi dari beberapa organ tubuh. Di antaranya adalah usus besar, hati, ginjal, dan ovarium pada perempuan. Sakit yang dirasakan kemungkinan melibatkan organ tersebut. 

Kira-kira apa saja penyebabnya dan apakah kita harus periksa ke dokter? Dari masalah ringan hingga penyakit kronis, berikut ini penyebab dari sakit perut di bagian kanan.

1. Rasa sakit bisa disebabkan oleh masalah ringan

8 Penyebab Perut Bagian Kanan Sakit, Ketahui Sebelum Asal Mendugasfatnaturist.ro

Sakit perut di bagian kanan sering kali disebabkan oleh gangguan kesehatan ringan. Contohnya adalah masalah pencernaan dan meningkatnya gas di dalam usus.

Biasanya kedua masalah tersebut hanya berlangsung selama beberapa hari saja dan disebabkan oleh kesalahan makan. Untuk mengatasinya, cukup perbaiki pola makan, perbanyak minum air hangat, dan minum obat jika diperlukan.

2. Radang usus buntu

8 Penyebab Perut Bagian Kanan Sakit, Ketahui Sebelum Asal Mendugapowerofpositivity.com

Penyebab paling umum berikutnya adalah radang usus buntu. Organ ini terletak di bagian ujung usus besar dan tidak memiliki fungsi apa-apa. Namun ketika ia meradang, sakitnya akan luar biasa. 

Peradangan terjadi karena banyak hal, meliputi terhambatnya rongga, parasit, cedera, dan penebalan jaringan. Dilansir dari NHS, penyakit ini biasa menyerang orang yang berusia sepuluh hingga 20 tahun. Gejala yang biasa menyertainya adalah demam, diare, kembung, konstipasi, dan muntah-muntah. 

3. Hernia

8 Penyebab Perut Bagian Kanan Sakit, Ketahui Sebelum Asal Mendugamedicalnewstoday.com

Hernia adalah kondisi di mana organ internal tubuh terdorong ke permukaan sehingga menimbulkan benjolan. Biasanya hal ini terjadi pada usus halus dan usus besar. Penyebabnya beragam. Mulai dari kehamilan, olahraga angkat beban, genetis, obesitas, hingga adanya bekas operasi.

Dilansir dari Journal of the American Medical Association, masalah ini sering kali tidak parah tetapi jika pasien merasakan sakit sebaiknya konsultasi dengan dokter. Penanganan yang umum dilakukan adalah dengan operasi penutupan otot di daerah yang menonjol.

Baca Juga: 9 Penyakit yang Paling Tua di Dunia dan Sudah Dikenali Sebelum Masehi

4. Irritable bowel syndrome (IBS)

8 Penyebab Perut Bagian Kanan Sakit, Ketahui Sebelum Asal Mendugadoctordoctor.com.au

Irritable bowel syndrome adalah gangguan usus besar kronis yang terjadi dalam jangka waktu lama. Penyebabnya belum diketahui hingga saat ini, tetapi ada sejumlah faktor yang diduga bisa memicunya.

Di antaranya adalah infeksi pencernaan, perubahan bakteri usus, ketidaknormalan sistem saraf, dan kontraksi otot usus. Gejala IBS meliputi sakit di bagian kanan perut, terutama saat mengangkat benda, batuk, dan tertawa, pembengkakan, dan konstipasi.

5. Batu ginjal

8 Penyebab Perut Bagian Kanan Sakit, Ketahui Sebelum Asal Mendugamedicalnewstoday.com

Gejala umum yang ditimbulkan oleh penyakit batu ginjal adalah rasa sakit di bagian bawah punggung, kandung kemih, bagian bawah, dan kanan perut, kata laman NIDDK. Biasanya nyeri berpindah-pindah mengikuti pergerakan batu ginjal. 

Gejala lain yang sering kali menyertainya adalah mual, muntah, adanya darah di urine, dan sakit saat kencing. Jika kamu merasakan kondisi tersebut, segera konsultasi ke dokter untuk mencegah batu bertambah besar. 

6. Penyakit batu empedu

8 Penyebab Perut Bagian Kanan Sakit, Ketahui Sebelum Asal Menduganetdna-ssl.com

Jika sakit yang kamu rasakan berada di bagian kanan atas, ada kemungkinan kamu sedang mengalami penyakit batu empedu. Organ ini berfungsi untuk membantu mencerna makanan dan menangkal racun yang masuk ke dalam tubuh.

Jurnal PubMed Central tahun 2013 mengatakan bahwa batu empedu dapat terjadi ketika cairan empedu mengeras dan menyumbat kantung. Gejala yang muncul biasanya berupa nyeri, demam, mual, muntah, dan kulit berwarna kekuningan.

7. Endometriosis

8 Penyebab Perut Bagian Kanan Sakit, Ketahui Sebelum Asal Menduganews-medical.net

Endometriosis adalah kondisi di mana jaringan di dalam uterus (endometrium) tumbuh ke luar sehingga menyebabkan rasa sakit. Dilansir dari Medical News Today, gejalanya meliputi nyeri seperti kram haid, mual, darah haid keluar dengan banyak, dan rasa sakit ketika buang air kecil. Penyakit ini cukup kronis sehingga kamu harus segera periksa ke dokter jika mengalami tanda-tanda tersebut.

8. Kista ovarium

8 Penyebab Perut Bagian Kanan Sakit, Ketahui Sebelum Asal Mendugacompletewomencare.com

Ini adalah kondisi ketika muncul kantung berisi cairan di dalam atau permukaan ovarium. Sebagian besar kista tidak parah ataupun menyebabkan rasa sakit. Mereka akan menghilang dengan sendirinya. 

Namun ketika kista yang muncul besar dan sudah pecah, kondisi akan berbalik menjadi lebih serius. Mayo Clinic mengatakan bahwa gejala yang muncul biasanya berupa kembung, perut terasa penuh, dan sakit menusuk di bagian samping perut. Jika rasa sakit sampai menyebabkan tubuh demam, segera periksakan ke dokter.

Walaupun sering kali tidak parah, kamu harus mengetahui kemungkinan-kemungkinan di atas. Dengan begitu, kamu tahu kapan harus menghubungi dokter serta kapan kamu bisa menangani sakit tersebut di rumah. 

Baca Juga: Ladies, Waspadai 7 Penyakit yang Lebih Berbahaya bagi Perempuan Ini!

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You