Comscore Tracker

Beberapa Produk Inovasi COVID-19 Ini Diresmikan Jokowi, Adakah Vaksin?

Semuanya buatan anak bangsa

Bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional (20/5), Presiden Joko 'Jokowi' Widodo bersama sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju meluncurkan 55 produk inovasi penanganan COVID-19. Peluncuran tersebut dilakukan melalui siaran langsung di channel YouTube Kemenristek/BRIN.

"Saya minta agar inovasi-inovasi yang telah dilakukan ini mulai kita produksi secara massal sehingga kita tidak tergantung lagi pada produk-produk impor dari negara lain," kata Jokowi dalam konferensi pers virtual tersebut, Rabu (20/5).

1. Ini sembilan produk unggulan yang diluncurkan

https://www.youtube.com/embed/ti6HkQNVp1Y

Di antara begitu banyak produk yang diluncurkan, terdapat sembilan yang dianggap unggulan oleh Jokowi. Semuanya dibuat oleh anak bangsa dari berbagai universitas dan lembaga. Berikut ini kesembilannya:

  • PCR test kit: alat tes berupa swab yang memiliki akurasi tinggi;
  • Rapid test kit: alat tes cepat dari sampel darah;
  • Ventilator: mesin bantu pernapasan untuk pasien COVID-19 dengan kondisi kronis;
  • Produk immunomodulator: obat yang dapat meningkatkan sistem imun berasal dari bahan herbal;
  • Plasma konvalesen: bekerja sebagai vaksin pasif dengan cara menyuntikkan plasma darah pasien COVID-19 yang sudah sembuh ke pasien dengan kondisi kronis;
  • Mobile lab BSL-2: bilik disinfektan;
  • AI detektor COVID-19: dapat mendeteksi keberadaan virus corona dalam paru-paru menggunakan CT scan;
  • Autonomous UVC Mobile Robot: mesin yang bisa mensterilkan ruangan;
  • Purifying respirator: air purifier.

Baca Juga: Terapi Plasma Konvalesen di Indonesia, Harapan Besar Melawan COVID-19

2. Lalu bagaimana dengan vaksin?

Beberapa Produk Inovasi COVID-19 Ini Diresmikan Jokowi, Adakah Vaksin?cdnuploads.aa.com.tr

Pada acara peluncuran kali ini, memang tidak ada produk vaksin yang diluncurkan. Namun Jokowi sempat menyinggung progres pembuatannya yang dilakukan oleh Eijkman. Menurut keterangannya, lembaga tersebut telah mendapatkan data untuk tujuh urutan genom virus corona yang nantinya berguna untuk pengembangan vaksin. 

"Saya sangat optimis bahwa hal yang dulu kita pikir harus impor, kita bisa produksi sendiri. Dan lebih dari itu, kita harus mampu menghasilkan vaksin sendiri," tuturnya.

3. Jokowi mendorong anak bangsa untuk terus berinovasi

Beberapa Produk Inovasi COVID-19 Ini Diresmikan Jokowi, Adakah Vaksin?Dok. Biro Pers Kepresidenan

Sesuai dengan momentum Hari Kebangkitan Nasional, Jokowi  mendorong agar anak bangsa bangkit dan terus berinovasi walaupun sedang dilanda pandemik. Ia mengatakan bahwa justru inilah saatnya untuk berjuang dan membasmi COVID-19 bersama-sama. 

"Pada Hari Kebangkitan Nasional ini, kita bisa merujuk pada perjuangan dr. Tjipto Mangoenkoesoemo yang berjuang membasi penyakit pas yang saat itu (1912) melanda," pungkas Jokowi.

Pembaca bisa membantu kelengkapan perlindungan bagi para tenaga medis dengan donasi di program #KitaIDN: Bergandeng Tangan Melawan Corona di Kitabisa.com (http://kitabisa.com/kitaidnlawancorona)

Baca Juga: Ini 8 Jenis Obat COVID-19 yang Terdaftar Secara Resmi pada BPOM

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya