Comscore Tracker

Perhatikan 7 Tanda Kembung yang Kamu Alami Bisa Menjadi Masalah Serius

Banyak jenis kanker yang ditandai dengan kembung

Kembung adalah gangguan yang menyebabkan perut mengembang dan tidak nyaman karena terasa penuh. Ini sangat umum dan bisa dialami semua orang. Bahkan mereka yang membiasakan makan sehat sekali pun. 

Kembung bisa terjadi karena kita terlalu banyak makan makanan yang kaya akan gas. Contohnya bawang putih, susu, dan polong-polongan. Bisa juga terjadi karena kadar asam lambung naik. Biasanya masalah ini sangat mudah untuk hilang. Kamu tinggal bergerak, minum air, dan tidur, kembung pun hilang.

Namun ada kalanya kembung bisa menandakan penyakit lain yang lebih serius. Biasanya kembung yang parah diikuti dengan gejala lainnya. Apa saja ya? Simak penjelasan berikut ini.

1. Berat badan turun tapi perut tetap kembung

Perhatikan 7 Tanda Kembung yang Kamu Alami Bisa Menjadi Masalah Seriusbbcgoodfood.com

Tanda pertama yang menunjukkan bahwa kembung bisa menjadi gejala yang serius adalah saat kamu mengalami penurunan berat badan drastis. Mayo Clinic mengatakan jika kamu kehilangan lebih dari lima persen berat badan dalam enam bulan terakhir tanpa upaya apa pun, kamu sebaiknya periksa ke dokter.

Ini bisa menjadi tanda dari bermacam-macam jenis kanker. Mulai dari kanker usus besar, ovarium, paru-paru, atau pankreas. Selain kanker, gejala tersebut juga bisa menjadi tanda dari penyakit tiroid, diabetes, dan penyakit hati.

2. Sakit pada bagian sendi

Perhatikan 7 Tanda Kembung yang Kamu Alami Bisa Menjadi Masalah Seriuspatientpop.com

Kembung terkadang diiringi dengan munculnya rasa sakit pada bagian sendi tertentu. Jika kamu mengalami kondisi ini, kemungkinan kamu terkena penyakit radang usus (IBD).

Dilansir dari Crohn’s and Colitis Foundation, 25 persen orang dengan penyakit tersebut mengalami kedua gejala itu. Rasa sakit yang muncul pada persendian diakibatkan oleh inflamasi yang sedang terjadi dalam tubuh. 

3. Selalu merasa lelah

Perhatikan 7 Tanda Kembung yang Kamu Alami Bisa Menjadi Masalah Seriusrush.edu

Dilansir dari Health.com, jika kembung yang kamu rasakan diiringi dengan rasa lelah yang tak kunjung pergi, ada kemungkinan kamu menderita masalah pada hati. Ini karena ketika fungsi hati terganggu, proses penyerapan air pun jadi tidak karuan. 

Tidak hanya itu, gejala tersebut juga bisa menandakan penyakit tiroid. Ketika mengidapnya, seseorang akan kelebihan atau kekurangan hormon karena proses metabolisme yang tidak sempurna. Kondisi tersebut akan menyebabkan rasa lelah.

Baca Juga: 7 Bahan Makanan yang Ampuh Atasi Perut Kembung

4. Sakit di bagian perut

Perhatikan 7 Tanda Kembung yang Kamu Alami Bisa Menjadi Masalah Serius1mg.com

Perut kembung yang disertai dengan rasa sakit di bagian perut adalah gejala dari kanker ovarium. Seseorang yang menderita penyakit tersebut biasanya mengalami penumpukan cairan (asites) di bagian perut terutama bagian bawah.

University of Texas MD Anderson Cancer Center mengatakan bahwa sebagian besar cairan tersebut terbentuk dari sel-sel kanker. Kembung dan rasa sakit juga bisa disebabkan karena usus dan sistem limfatik tersumbat karena sel tersebut.

5. Diare

Perhatikan 7 Tanda Kembung yang Kamu Alami Bisa Menjadi Masalah Seriusnewhealthguide.org

Pada sebagian kasus, kembung yang disertai dengan diare adalah tanda bahwa kamu harus memperbanyak konsumsi makanan berserat. Namun ternyata kedua gejala tersebut juga bisa menandakan bahwa kamu mengalami insufisiensi pankreas. Ini adalah penyakit yang menyebabkan organ tersebut tidak bisa memproduksi enzim pencernaan yang memadai. Akibatnya, siklus buang air besar akan terganggu. 

6. Kekurangan gizi

Perhatikan 7 Tanda Kembung yang Kamu Alami Bisa Menjadi Masalah Seriusmedicalnewstoday.com

Terkadang kembung mencerminkan ketidakmampuan tubuh untuk menyerap vitamin dan mineral tertentu. Akibatnya tubuh pun kekurangan nutrisi. Kondisi ini jika dibiarkan bisa menyebabkan berbagai penyakit. Contohnya adalah penyakit celiac, kwashiorkor, anemia, marasmus, beri-beri, dan lainnya. 

7. Kembung saja tapi tidak kunjung sembuh

Perhatikan 7 Tanda Kembung yang Kamu Alami Bisa Menjadi Masalah Seriusctfassets.net

Jika kamu hanya merasakan kembung tanpa gejala lain tapi tidak kunjung reda, bisa jadi itu tanda dari kanker atau tumor. Penyakit tersebut sering kali mengakumulasi cairan tubuh sehingga penderitanya merasakan kembung secara konstan. Namun jangan terburu-buru menyimpulkan dulu karena ini hanya terjadi pada kasus tertentu. 

Sebenarnya sebagian besar kasus kembung tidak berbahaya. Namun ketika kamu merasakannya dalam jangka waktu yang cukup lama, tidak ada salahnya untuk periksa ke dokter. 

Baca Juga: 10 Penyebab Umum Perut Kembung yang Seringkali Gak Kamu Sadari

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You