Comscore Tracker

Selalu Waspada, 7 Tanda Serangan Jantung yang Muncul saat Berolahraga

Jika mengalaminya, segera berhenti dan cari bantuan medis

Berolahraga adalah satu dari sekian banyak cara untuk meningkatkan kualitas hidup. Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan darinya. Salah satu yang paling signifikan adalah menyehatkan jantung kita. Data dari World Heart Federation mengatakan bahwa rutin olahraga bisa menurunkan risiko penyakit jantung sebesar 50 persen. 

Akan tetapi, seseorang yang memiliki riwayat penyakit jantung atau jantung yang lemah harus berhati-hati ketika berolahraga. Sebab, jika aktivitas fisik yang dijalankan terlalu berat atau dilakukan secara keliru, risiko serangan jantung bisa meningkat. 

Agar kamu selalu waspada, ketahui sejumlah tanda serangan jantung yang biasa muncul saat berolahraga secara keliru. Berikut ini di antaranya!

1. Tarikan napas memendek

Selalu Waspada, 7 Tanda Serangan Jantung yang Muncul saat Berolahragailustrasi sesak napas (freepik.com/KamranAydinov)

Olahraga memang bisa membuat kita ngos-ngosan. Namun, jika kamu memiliki riwayat penyakit jantung, sebaiknya perhatikan napas baik-baik saat melakukan aktivitas fisik ini. Sebab, napas yang memendek dan tersengal-sengal adalah salah satu tanda awal dari serangan jantung

Dilansir Healthline, perbedaannya dengan ngos-ngosan biasa adalah gejala ini biasa diikuti dengan dada yang terasa sakit. Jika kamu mengalami ini, sebaiknya berhenti terlebih dahulu agar napas kembali normal. Sebaliknya, bila tarikan napas terus memendek, segera periksa ke dokter. 

2. Muncul rasa sakit atau tak nyaman pada dada

Selalu Waspada, 7 Tanda Serangan Jantung yang Muncul saat Berolahragailustrasi sakit dada (freepik.com/katemangostar)

Salah satu tanda mutlak dari serangan jantung adalah rasa sakit yang intens di dada. Area tersebut akan terasa nyeri yang menusuk dan seperti ditimpa beban berat. Namun, ada kalanya serangan jantung diawali dengan perasaan tak nyaman yang lebih ringan. 

Mengutip laporan Mayo Clinic, jika dideskripsikan, area tengah dada akan terasa sesak seperti dipenuhi oleh sesuatu, layaknya diremas, atau ditekan hingga tak nyaman. Kondisi ini dapat datang dan pergi. Maka dari itu, kamu harus peka dan segera berhenti jika merasakannya beberapa kali dalam satu waktu. 

3. Rasa tak nyaman di dada bisa memengaruhi area tubuh lain

Selalu Waspada, 7 Tanda Serangan Jantung yang Muncul saat Berolahragailustrasi gejala serangan jantung (freepik.com/standret)

Walaupun jantung terletak di dada sebelah kiri, rasa tak nyaman bisa menjalar ke sejumlah area tubuh lain. Umumnya, gejala ini juga muncul di sekitar lengan, leher, perut, punggung, dan rahang. Sensasi yang dirasakan serupa dengan yang terjadi di sekitar dada, di antaranya rasa tak nyaman, seperti ditekan, ditimpa beban, atau diremas. 

Baca Juga: Kembali Bermutasi, Virus Corona Varian Delta Berubah Jadi 'Delta Plus'

4. Pusing

Selalu Waspada, 7 Tanda Serangan Jantung yang Muncul saat Berolahragailustrasi pusing (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kondisi berikutnya yang bisa menjadi tanda serangan jantung adalah munculnya rasa pusing yang membuat kepala terasa berputar. Laman Gleneagles melaporkan bahwa sejumlah pasien mengaku kondisi ini bisa berlangsung parah hingga membuat mereka sulit berdiri. 

Walaupun untuk sebagian orang pusing adalah hal yang sepele, sebaiknya kamu tidak meremehkannya Sebab, kondisi ini jelas tidak normal. Segera hentikan aktivitas jika kamu mengalaminya. 

5. Tubuh mengeluarkan keringat dingin

Selalu Waspada, 7 Tanda Serangan Jantung yang Muncul saat Berolahragailustrasi laki-laki mengalami keringat dingin (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Berkeringat ketika berolahraga adalah hal yang sangat normal. Namun, jika yang keluar justru keringat dingin, kamu harus curiga. Apalagi jika kondisi ini diiringi dengan tubuh yang terasa lemas dan rasa mual.

Dikutip dari Healthline, kondisi ini terjadi karena jantung mengeluarkan upaya yang ekstra untuk memompa darah melalui arteri yang tersumbat. Akibatnya, keringat pun keluar lebih banyak untuk menjaga suhu tubuh yang menurun. 

6. Detak jantung tidak normal

Selalu Waspada, 7 Tanda Serangan Jantung yang Muncul saat Berolahragailustrasi detak jantung (pexels.com/Pixabay)

Ketika berolahraga, jantung memang memompa darah lebih cepat. Akibatnya, irama detaknya pun semakin intens. Hal ini masih bisa dikategorikan sebagai kondisi yang normal, tetapi lain halnya dengan orang yang mengalami gejala serangan jantung

Detak jantung akan mengalami perubahan irama menjadi tak teratur. Di satu waktu, kamu akan merasa seperti kehilangan detaknya. Namun beberapa saat setelah itu, jantung akan berdebar kencang seperti sedang berlari. Irama yang tidak normal ini menandakan masalah yang serius. 

7. Mual, muntah, dan masalah pencernaan

Selalu Waspada, 7 Tanda Serangan Jantung yang Muncul saat Berolahragailustrasi sakit perut (pexels.com/Kindel Media)

Walau tidak terjadi pada semua orang, serangan jantung juga bisa ditandai dengan gangguan pencernaan. Kamu mungkin akan merasa mual, muntah, dan lain sebagainya. Menurut laporan Mayo Clinic, terkadang gejala ini disalahartikan sebagai penyakit refluks gastroesofagus atau GERD.

Ketika kamu merasakan tanda-tanda di atas saat olahraga, segera hentikan aktivitasmu. Semakin banyak gejala yang timbul, semakin tinggi pula risiko serangan jantung. Jika hal ini terjadi, setiap detik dan menit menjadi begitu berharga. Maka dari itu, jangan tunda dan cepat cari pertolongan medis. 

Baca Juga: 8 Hal Aneh Pemicu Serangan Jantung, Termasuk Tinggi Badan

Topic:

  • Izza Namira
  • Nurulia R. Fitri
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya