Comscore Tracker

5 Hal yang Menyebabkan Kulit Wajah Menjadi Kering, Jarang Disadari!

Gak bisa dianggap sepele, nih

Kulit wajah yang kering menjadi masalah kecantikan bagi beberapa orang, terutama perempuan. Hal tersebut biasanya ditandai oleh munculnya garis putih saat digaruk, kulit terasa kasar saat disentuh hingga terlihat seperti bersisik.

Tentu hal tersebut akan membuatmu merasa tidak percaya diri saat bertemu teman-teman, kan? Oleh karena itu kamu perlu mengetahui beberapa penyebabnya!

1. Membersihkan wajah secara berlebih

5 Hal yang Menyebabkan Kulit Wajah Menjadi Kering, Jarang Disadari!Freepic/Jcomp

Kamu pasti tahu jika sesuatu yang berlebihan tidaklah baik. Begitu juga dengan membersihkan wajah. Terlalu sering mencuci wajah akan mengurangi kadar minyak alami pada wajah, sehingga akan menyebabkan dehidrasi pada kulit. Yang kemudian menyebabkan kulit wajah menjadi kering dan terasa kaku.

2. Cuaca dingin

5 Hal yang Menyebabkan Kulit Wajah Menjadi Kering, Jarang Disadari!Freepic/Freepik

Cuaca dingin  dapat menarik air dari kulit dan mengurangi kadar kelembapannya. Hal tersebut memang jarang disadari. Padahal, komplikasi antara kelembapan yang rendah serta udara dingin dapat menyebabkan kulit menjadi kering lho. Dan tentunya hal itu akan membuatmu merasa tidak nyaman, kan? Sebab kulit akan menjadi bersisik dan meninggalkan bekas putih saat digaruk.

3. Terlalu sering menggunakan air panas

5 Hal yang Menyebabkan Kulit Wajah Menjadi Kering, Jarang Disadari!Freepic/User17007025

Menggunakan air dengan suhu tinggi memang terasa menyenangkan. Sayangnya, tanpa kamu sadari terlalu sering menggunakan air panas untuk mandi dan mencuci muka dapat menyebabkan kulit wajah menjadi kering dan kusam. Hal tersebut disebabkan oleh berkurangnya kadar minyak dan air pada wajah. Untuk itulah, kamu perlu menggunakan air dengan temperatur sedang/sejuk.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Pelembap untuk Wajah Kering, Harganya dari Rp13 Ribuan!

4. Menggunakan sabun yang salah

5 Hal yang Menyebabkan Kulit Wajah Menjadi Kering, Jarang Disadari!Freeic/Freepik

Sabun dibuat untuk membersihkan lemak, minyak, atau juga kotoran yang tidak diinginkan. Namun, penggunan sabun yang mengandung bahan kimia yang terlalu kuat bisa menyebabkan kulit menjadi kering. Begitu pun dengan  pemakaian sabun untuk mencuci wajah dapat menghilangkan minyak alami yang terkandung. Sehinga dapat merusak kelembapan kulit dan menyebabkan iritasi.

5. Merokok

5 Hal yang Menyebabkan Kulit Wajah Menjadi Kering, Jarang Disadari!Freepic/Doucefleur

Selain dapat menyebabkan gangguan jantung dan paru-paru, merokok juga dapat mengganggu kesehatan kulit lho! Keseringan merokok akan menyebabkan kulit wajah menjadi kering dan terasa kasar. Jika tidak segera diatasi, maka lambat laun akan menyebabkan munculnya bintik-bintik kecil pada wajah. Alhasil, wajah akan terasa sangat kasar dan tidak nyaman dipandang.

 

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan, penyebab terjadinya kulit kering? Untuk itulah baiknya kamu menghindari beberapa hal di atas, ya! Sehingga kesehatan kulit wajahmu akan tetap lembab dan terjaga.

Baca Juga: 7 Penyebab Wajah Jadi Kering Hingga Gatal, Hati-hati Keliru Perawatan

Keza Felice Photo Verified Writer Keza Felice

Author Asrama Hagers. Suka ngemil, suka jajan, suka kopi, dan suka horor❤

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya