Comscore Tracker

5 Cara Membujuk Orang Tua yang Gak Biasa dengan Pola Hidup Sehat

Orang tua yang harus diselamatkan sekarang

Guys, seperti yang kita tahu, orang berumur 40 tahun ke atas adalah salah satu golongan yang rentan terpapar virus corona dan lebih sulit masa penyembuhannya. Hal ini karena orang tua ini juga kebanyakan sudah memiliki riwayat penyakit bawaan dan juga belum terbiasa menjalani pola hidup sehat.

Nah, mumpung kalian menghabiskan waktu bersama di rumah, kalian anak muda bisa menjajal 5 cara simple ini untuk mengenalkan pola hidup sehat kepada orang tua kalian. Apa saja? Let's check the point.

1. Beritahukan tentang pentingnya cuci tangan pakai sabun saat ini

5 Cara Membujuk Orang Tua yang Gak Biasa dengan Pola Hidup Sehatpixabay.com/renateko

Saat ini para ahli telah memastikan virus corona ini akan mati ketika terkena deterjen. Maka dari itu, cuci tangan pakai sabun ini penting digalakkan ke para orang tua. Apalagi bagi orang tua yang masih bekerja di luar.

Memang dulu cuci tangan itu merupakan hal yang masih jarang dilakukan kalau tangan gak kotor banget. Namun, sekarang langkah ini adalah preventif untuk melawan virus corona.

2. Saat pagi hari, ajak jalan di sekitar rumah

5 Cara Membujuk Orang Tua yang Gak Biasa dengan Pola Hidup SehatDok.Pribadi/Laurensius Aldiron

Gak usah ngajak jogging atau senam aerobik. Bagi orang tua yang gak kebiasa dengan hal itu, malah akan tambah males kalau kalian langsung ajak lari atau aktivitas olahraga berat. Jadi ajaklah untuk sekadar jalan-jalan.

Bilangnya juga bukan olahraga, namun jalan-jalan pagi. Misalnya biasanya kamu antar ibu kamu belanja sayur di komplek, naik motor. Nah, gantilah dengan jalan kaki. Tentunya dengan nada yang halus dan ramah ya. 

Baca Juga: 7 Kesalahan Olahraga saat Pandemi COVID-19, Bijak Cegah Virus Corona

3. Ajak untuk istirahat yang cukup

5 Cara Membujuk Orang Tua yang Gak Biasa dengan Pola Hidup SehatDok.Pribadi/Laurensius Aldiron

Biasanya para orang tua suka susah ya untuk tidur awal, biasanya karena ada tontonan televisi favorit ataupun memang habits nya yang memang seperti itu. Namun, coba kamu komunikasikan baik-baik untuk sedikit lebih peduli badan sendiri ketika saat ini. Salah satunya dengan istirahat yang cukup. 

4. Bicarakan tentang makanan yang baik dan tidak untuk dikonsumsi

5 Cara Membujuk Orang Tua yang Gak Biasa dengan Pola Hidup SehatDok.Pribadi/Laurensius Aldiron

Makanan adalah hal yang agak krusial, ketika kita ingin mencoba merubah pola makan orang tua yang masih kadang serampangan memakan makanan apa saja. Kamu juga gak bisa berkata gak boleh, karena seenggaknya mereka masih doyan makan.

Jadi kamu bisa aja untuk bicara pelan-pelan makanan yang baik dikonsumsi seperti buah, sayuran, dan juga kurangi makanan berlemak. Memperbanyak konsumsi buah dan sayur adalah langkah awal untuk mengenalkan orang tua tentang makanan sehat.

5. Ajak untuk mendapat pemeriksaan kesehatan sederhana

5 Cara Membujuk Orang Tua yang Gak Biasa dengan Pola Hidup Sehatpixabay.com/Myriams_Fotos

Biasanya para orang tua akan takut untuk mengetahui penyakit mereka. Namun, untuk cek kolesterol, darah tinggi dan kadar gula itu sangat penting di saat seperti ini. Jadi, kalau bisa kalian coba bujuk untuk melakukan tes yang biasanya ada di apotek atau puskesmas. Biayanya juga sangat murah dan tidak berat di kantong.

Nah, itu dia guys 5 cara awal mengajak orang tua yang gak familiar dengan pola hidup sehat, untuk lebih peduli kesehatan. Memang tidak akab mudah, namun sebagai anak kamu harus terus mencobanya untuk meminimalisir penularan COVID-19.

Baca Juga: 5 Cara Ilmiah yang Ampuh Mengatasi Stres Akibat COVID-19

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya