Comscore Tracker

Selain Sakit Gigi, Ini 5 Hal yang Menyebabkan Sakit pada Rahang

#IDNTimesHealth Bisa jadi suatu tanda penyakit kronis

Nyeri yang timbul di area rahang menimbulkan rasa tidak nyaman saat berbicara atau makan. Rasa sakit di sekitar rahang seringkali dianggap hanya disebabkan oleh sakit gigi biasa. Padahal, timbulnya rasa sakit pada area rahang bisa jadi tanda suatu penyakit yang lebih serius. 

Penting bagimu untuk mengetahui beberapa hal yang dapat menyebabkan sakit pada rahang. Nah, berikut ini ada lima penyebab sakit rahang selain sakit gigi. Apa saja? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ya!

1. Tmj atau temporomandibular joint disorder

Selain Sakit Gigi, Ini 5 Hal yang Menyebabkan Sakit pada Rahangilustrasi sakit rahang (freepik.com/karlyukav)

Sendi temporomandibular adalah sendi yang menghubungkan tulang rahang ke tengkorak. Sendi rahang ini bekerja sebagai pengendali untuk mengatur gerakan mengatup rahang bawah ke rahang atas, seperti berbicara, mengunyah dan menelan.

Dilansir Verywell Health, gangguan sendi rahang (temporomandibular joint disorder) dapat menyebabkan nyeri pada sendi rahang dan otot yang mengontrol gerakan rahang. Rasa sakit pada rahang yang disebabkan oleh TMJ, rasa sakitnya seperti sakit gigi. Penyebab TMJ  dapat disebabkan adanya trauma, kebiasaan menggeretakkan gigi dan arthritis.

2. Stres

Selain Sakit Gigi, Ini 5 Hal yang Menyebabkan Sakit pada Rahangilustrasi mengalami stres (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Penyebab sakit rahang yang sering tak disadari adalah stres. Dilansir National Health Servise, tak sedikit orang yang sering menggeretakkan gigi (bruxism) saat mereka mengalami stres atau cemas. 

Kebiasaan menggeretakkan gigi atau bruxism akan yang menyebabkan otot-otor rahang menjadi tegang dan menimbulkan rasa sakit. Tak hanya stres, beberapa orang juga memiliki kebiasaan menggeretakkan giginya saat sedang tidur. 

Baca Juga: Tampak Gagah, Coba 5 Latihan Ini untuk Mempertegas Garis Rahang

3. Sinusitis

Selain Sakit Gigi, Ini 5 Hal yang Menyebabkan Sakit pada Rahangilustrasi sinusitis (freepik.com/evening_tao)

Infeksi sinus atau sinusitis dapat menimbulkan rasa nyeri di sekitar rahang. Dilansir American College of Allergy, Asthma & Immunology, sinusitis atau peradangan pada sinus sering disebabkan oleh infeksi bakteri, virus ataupun jamur. 

Infeksi yang terjadi di daerah sinus dapat memberikan tekanan pada sendi rahang yang akhirnya menyebabkan sakit di sekitar rahang. Orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah akan lebih rentan mengalami sinusitis.

4. Serangan jantung

Selain Sakit Gigi, Ini 5 Hal yang Menyebabkan Sakit pada Rahangilustrasi serangan jantung (pexels.com/freestocks.org)

Tahukah kamu bahwa rahang yang sakit pada wanita dapat menjadi tanda serangan jantung? Sayangnya, masih banyak orang yang tidak mengetahui bahwa gejala tersebut adalah tanda serangan jantung. Dilansir Cleveland Clinic, serangan jantung menimbulkan rasa sakit di sekitar dada yang menyebar ke bagian tubuh atas, seperti lengan, punggung, leher bahkan rahang.

Tanda dan gejala lain dari serangan jantung yang perlu diwaspadai, antara lain : 

  • Rasa nyeri diawali dari dada sebelah kiri lalu menyebar ke bagian tubuh atas
  • Timbul sesak nafas dan mual
  • Tubuh mengeluarkan banyak keringat

5. Sakit kepala cluster

Selain Sakit Gigi, Ini 5 Hal yang Menyebabkan Sakit pada Rahangilustrasi sakit kepala (freepik.com/yanalya)

Penyebab terakhir rahang menjadi sakit adalah sakit kepala cluster. Dilansir Mayo Clinic, sakit kepala cluster merupakan salah satu jenis sakit kepala yang terasa begitu menyakitkan.

Rasa sakit kepala cluster bahkan lebih menyakitkan dibandingkan sakit kepala migrain. Sakit kepala cluster menyebabkan rasa sakit yang menetap di sekitar atau bagian belakang salah satu mata lalu menyebar ke bagian dahi, pelipis, pipi, hingga rahang. 

Rahang yang sakit memang bisa jadi suatu tanda penyakit kronis. Apalagi, jika kondisi ini terjadi berulang kali dan disertai tanda gejala lainnya. Maka penting untuk segera berkonsultasi dengan dokter terkait kondisi yang kamu sedang alami. 

Baca Juga: Bisa Mengancam Jiwa, Inilah Jenis Sakit Kepala yang Berbahaya

I am Lavennia Photo Verified Writer I am Lavennia

"Earth" without "Art" is just "Eh"

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya