Comscore Tracker

Tinggi Sodium, 5 Makanan Ini Harus Dihindari Penderita Darah Tinggi

Eits... jangan makan yang asin-asin!

Zat sodium tidak akan menimbulkan masalah saat dikonsumsi oleh manusia. Yang berbahaya adalah ketika takarannya terlalu banyak dan berlebihan sehingga mengganggu fungsi organ tertentu. Khususnya harus dihindari para pemilik darah tinggi karena dapat memperburuk kesehatan.

Maka dari itu ketahui dan hindari beberapa makanan tinggi sodium seperti yang ada dalam daftar di bawah ini.

1. Aneka jenis saus

Tinggi Sodium, 5 Makanan Ini Harus Dihindari Penderita Darah Tinggiunsplash.com/@honeypoppet

Aneka jenis saus seperti saus tomat, mustard, mayonais, bbq dan saus lainnya mengandung tinggi zat sodium dan otomatis dapat mendongkrak tekanan darah. Saus tiram dan dressing salad yang terlalu creamy juga termasuk ke dalam aneka saus yang harus dihindari. Alternatifnya pakai bubuk cabai kering, lada, atau rempah lain.

2. Makanan cepat saji

Tinggi Sodium, 5 Makanan Ini Harus Dihindari Penderita Darah Tinggiunsplash.com/@alexagorn

Makanan cepat saji seperti pizza dan goreng-gorengan berkontribusi meingkatkan tekanan darah. Ada banyak natrium dalam rasa gurih nan asin yang enak tapi gak menyehatkan bagi tubuh. Selain itu lemak jenuh dari banyaknya keju, saus creamy dan roti sarat tepung mengemas sempurna makanan cepat saji.

3. Daging olahan

Tinggi Sodium, 5 Makanan Ini Harus Dihindari Penderita Darah Tinggiunsplash.com/@kingslayer77

Daging olahan meliputi sosis, ham, patties, salami dan bacon. Kombinasi sodium, lemak jenuh dan pengawet jadi penyebab daging olahan tidak bersahabat dengan tekanan darah yang mudah naik jika terkena bahan-bahan tadi. Jika ingin menyantap daging maka lebih baik oleh semuanya sendiri di rumah tanpa pengawet, perasa dan micin yang berlebihan.

Baca Juga: 10 Makanan Paling Berbahaya di Dunia, Ada yang Pernah Kamu Makan?

4. Mi instan

Tinggi Sodium, 5 Makanan Ini Harus Dihindari Penderita Darah Tinggiunsplash.com/@yo_puaaa

Jumlah natrium dalam sebungkus mi instan sudah cukup membahayakan kesehatan khususnya mereka pemilik darah tinggi. Sumber dari natrium itu berasal dari mi instan, bumbu dan proses masak yang singkat. Jadi kurang-kurangi makan mi instan kalau mau lebih sehat, guys!

5. Acar timun

Tinggi Sodium, 5 Makanan Ini Harus Dihindari Penderita Darah Tinggimedicalnewstoday.com

Acar timun dibuat dengan cara menaruh timun dengan air garam lalu didiamkan selama berminggu-minggu hingga berbulan-bulan. Nah, proses ini yang membuat acara kehilangan manfaat kesehatannya. Garam yang ada dalam cairan sudah menyerap sempurna dan bila sering dikonsumsi maka bukan gak mungkin tekanan darah bisa rendah.

Beberapa makanan yang kaya natrium, sodium dan bahan pengawet merupakan jenis yang harus dihindari orang pemilik tekanan darah tinggi. Cari makanan lain yang lebih sehat ya, guys!

Baca Juga: 6 Fakta Medis Bau Mulut, Jangan Dibiarkan karena Bisa Jadi Berbahaya

Lil El Photo Verified Writer Lil El

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya