Comscore Tracker

Tumit Kaki Pecah-pecah? Atasi Pakai 5 Cara Ini

Kaki kembali mulus dan halus

Selain kurang nyaman beraktivitas, tumit kaki yang pecah-pecah tentunya dapat mengurangi rasa percaya diri. Wajar bila kamu sedikit malu kalau membuka sepatu. Kamu mungkin takut diledeki orang-orang di sekitarmu akibat kondisi tumit kaki yang tidak mulus.

Namun tenang, kondisi ini gak akan terjadi dalam waktu yang lama kok. Kamu bisa mengatasi tumit kaki pecah-pecah pakai lima tips berikut seperti yang dilansir lamanMedical News Today.

1. Oleskan pelembap  

Tumit Kaki Pecah-pecah? Atasi Pakai 5 Cara Iniinfomax.mk

Tumit kaki yang terlalu kering dapat menyebabkan kulit mengelupas dan pecah-pecah. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengoleskan pelembap yang mengandung petroleumTeksturnya yang tebal dapat memulihkan tumit kakimu dalam waktu cepat. 

2. Lakukan eksfoliasi secara rutin

Tumit Kaki Pecah-pecah? Atasi Pakai 5 Cara Iniorogold.com

Eksfoliasi secara rutin baik untuk tumit kakimu yang pecah-pecah. Treatment ini membantu untuk mengelupas sel kulit mati sehingga permukaan tumit menjadi lebih halus.

Untuk hasil maksimal, pastikan eksfoliator yang dipakai mengandung salicylic acid. Setelah itu, gunakan foot scrubber untuk membersihkan sel-sel kulit mati yang masih tersisa di tumit.

Baca Juga: 5 Kesalahan Potong Kuku yang Bikin Kuku Jadi Rusak dan Rapuh!

3. Gunakan plester luka 

Tumit Kaki Pecah-pecah? Atasi Pakai 5 Cara Inibukalapak.com

Untuk mengatasi rasa sakit sekaligus iritasi, kamu bisa oleskan plester khusus untuk luka pada seluruh permukaan tumit kaki. Agar lebih efektif, bungkus tumit kaki dengan kain putih bersih yang terbuat dari bahan katun agar tidak memperparah kondisi tumit kaki.

4. Gunakan kaus kaki sebelum tidur

Tumit Kaki Pecah-pecah? Atasi Pakai 5 Cara Iniunsplash.com/Les Triconautes

Memakai kaus kaki memberi beragam manfaat, salah satunya memaksimalkan fungsi petroleum sehingga kelembapan tumit kaki terjaga. Pastikan kaus kaki terbuat dari bahan katun murni atau wol. Selain teksturnya lebih lembut, kedua bahan ini juga lebih ampuh menyerap keringat.

5. Berobatlah ke dokter

Tumit Kaki Pecah-pecah? Atasi Pakai 5 Cara Inifreemalaysiatoday.com

Bila keempat cara di atas gak berhasil juga, segera pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Dokter juga akan memberimu sejumlah obat dalam untuk diminum guna mempercepat penyembuhan tumit kaki yang pecah-pecah. Jangan lupa meminta sejumlah saran kepada dokter untuk tumit kakimu, ya!

Demikianlah cara mengatasi tumit kaki pecah-pecah. Lakukan dengan benar sehingga tumit kaki mulus dan halus bisa kamu dapatkan kembali. 

Baca Juga: Hindari Stres, 7 Tips Merawat Kesehatan Mental Selama Pandemi

Louisa Gabe Photo Verified Writer Louisa Gabe

Living extraordinary

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya