Comscore Tracker

7 Cara Mengatasi Kulit yang Terbakar Sinar Matahari, Terbukti Ampuh!

Segera lakukan agar kulitmu tidak rusak...

Paparan sinar matahari secara langsung pada kulit tanpa adanya perlindungan bisa menyebabkan kulit terbakar atau sunburn. Untuk menyembuhkannya dan menenangkan kulit yang menyengat tersebut, sangat penting untuk segera memulai merawat bagian kulit yang terbakar. Berikut ini beberapa di antaranya yang bisa kamu coba.

1. Segera mengompresnya

7 Cara Mengatasi Kulit yang Terbakar Sinar Matahari, Terbukti Ampuh!curiosity.com

Sesaat setelah menyadari jika kulit kamu terbakar sinar matahari, sebaiknya segera tempatkan kompres dingin untuk menghilangkan rasa sakit di tempat luka tersebut muncul. Mengompresnya sesegera mungkin dapat menenangkan kulit yang terbakar dan memberikan rasa nyaman dan meredakan nyeri yang muncul.

2. Mandi

7 Cara Mengatasi Kulit yang Terbakar Sinar Matahari, Terbukti Ampuh!luxurylifestylemag.co.uk

Mandi dengan menggunakan air dingin nyatanya sangat ampuh untuk membantu meringankan rasa sakit yang muncul saat kulit terbakar sinar matahari. Cobalah tepuk-tepuk seluruh tubuh dengan lembut dan biarkan air tetap mengalir di kulit. Setelah itu, kamu bisa menggunakan pelembap agar kulit tidak segera mengering.

3. Gunakan pelembap

7 Cara Mengatasi Kulit yang Terbakar Sinar Matahari, Terbukti Ampuh!medicalnewstoday.com

Untuk membantu mengatasi masalah kulit terbakar akibat paparan sinar matahari berlebih kamu juga bisa menggunakan pelembap kulit yang berasal dari lidah buaya atau kedelai. Pasalnya, kedua bahan tersebut memiliki kandungan yang dapat membantu meredakan nyeri yang muncul sehingga kulit menjadi lebih tenang.

Namun jangan sembarangan menggunakan pelembap. Sebab, penggunaan pelembap dengan kandungan benzocaine dapat menyebabkan iritasi, bahkan reaksi alergi pada kulit.

Baca Juga: Stres Ternyata Buruk untuk Kulitmu, Ini 7 Masalah yang Disebabkannya 

4. Obat anti-inflamasi nonsteroid (NSAID)

7 Cara Mengatasi Kulit yang Terbakar Sinar Matahari, Terbukti Ampuh!pc4tg.com.au

Dilansir skincancer.org, seorang dokter bernama Dr. Brackeen yang berpraktik di Institut Kanker Kulit Lubbock, Texas, mengatakan untuk mengurangi peradangan yang terjadi dan ketidaknyamanan akibat paparan sinar matahari yang berlebih, kamu bisa menggunakan obat anti-inflamasi nonsteroid (NSAID), seperti aspirin, atau ibuprofen. Selain itu, disarankan agar kamu menggunakan obat yang sudah memiliki label dan merek, serta keterangan jika obat tersebut aman digunakan. 

5. Mentimun

7 Cara Mengatasi Kulit yang Terbakar Sinar Matahari, Terbukti Ampuh!ruralmessenger.com

Dengan kandungannya yang bersifat antioksidan dan analgesik, mentimun sudah terbukti dapat menjadi penghilang rasa sakit yang alami. Untuk menggunakannya pada luka bakar akibat paparan sinar matahari, dinginkan mentimun terlebih dahulu kemudian hancurkan dengan blender hingga halus layaknya sebuah pasta.

Setelah itu, oleskan pada daerah yang terkena sinar matahari secara merata dan diamkan sejak. Lalu, bilas dengan air bersih dan lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Konsumsi banyak cairan

7 Cara Mengatasi Kulit yang Terbakar Sinar Matahari, Terbukti Ampuh!healthline.com

Kulit yang mengalami luka akibat paparan sinar matahari atau bahkan sampai mengelupas nyatanya dapat membuat kulit dibagian lain menjadi kering. Hal ini karena paparan sinar matahari secara langsung yang menyebabkan tubuh serta kulit mengalami dehidrasi. Untuk mengatasinya, perbanyak minum air putih atau jus agar cairan tubuh yang hilang dapat kembali dan kulit kamu bisa lebih cepat sembuh dari sengatan matahari.

7. Kentang

7 Cara Mengatasi Kulit yang Terbakar Sinar Matahari, Terbukti Ampuh!potato.ie

Salah satu cara sederhana yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi luka akibat paparan sinar matahari dengan menggunakan bahan alami seperti kentang. Caranya, rebus dan hancurkan kentang yang sudah dikupas.

Biarkan hingga dingin, kemudian oleskan ke bagian kulit yang terluka. Pati dalam kentang diyakini dapat membantu mengeluarkan panas dan mengurangi rasa sakit serta mempercepat penyembuhan.

Itu dia beberapa cara mengatasi kulit yang terluka akibat paparan sinar matahari. Namun daripada mengatasinya, kamu bisa lho mencegahnya dengan pemakaian krim spf dan anti-uv.

Baca Juga: Punya Kulit Kering dan Kusam? Atasi dengan 7 Makanan Ini, yuk!

Topic:

  • M. Tarmizi Murdianto
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya