Comscore Tracker

7 Cara Sederhana Menjaga Tulang Belakang Tetap Sehat, Segera Lakukan!

Kalau nggak sehat, bisa mengakibatkan kondisi yang buruk lho

Sakit punggung rasanya menjadi salah satu penyakit yang sangat akrab di masyarakat. Mulai dari terlalu lama duduk, kurang minum, melakukan aktivitas yang berlebihan, hingga usia yang sudah tidak lagi muda bisa menjadi penyebab munculnya penyakit yang diakibatkan oleh tulang belakang ini.

Untuk mengatasinya, banyak langkah yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan kesehatan tulang belakang. Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Tidur nyenyak

7 Cara Sederhana Menjaga Tulang Belakang Tetap Sehat, Segera Lakukan!thejournal.ie

Menurut Anne Coffey, seorang chiropractor yang dikutip everydayhealth.com, tubuh membutuhkan tidur malam yang baik dan cukup untuk memperbaiki dirinya sendiri. Dalam kasus tulang belakang ini, kamu bisa menerapkan tidur dengan gaya miring atau menyamping yang juga bermanfaat untuk mencegah gejala sleep apnea.

2. Berbaring

7 Cara Sederhana Menjaga Tulang Belakang Tetap Sehat, Segera Lakukan!satyaliveyoga.com.au

Saat kamu berbaring, semua struktur pada tulang belakang yang telah bekerja keras akan memiliki kesempatan untuk bersantai dan diremajakan. Selain itu, hal ini juga dapat menjaga kelenturan tulang dan membantu mempertahankan fungsi persendian yang normal dan rentang gerak yang baik.

3. Tetap aktif

7 Cara Sederhana Menjaga Tulang Belakang Tetap Sehat, Segera Lakukan!foreverfitscience.com

Terlalu banyak beristirahat dan tidak aktif justru dapat membuat kamu berisiko lebih tinggi mengalami sakit punggung. Untuk itu, cobalah berolahraga setidaknya 30 menit selama 3 kali dalam seminggu. Latihan rutin seperti aktivitas aerobik dan peregangan sederhana sangat baik dalam meningkatkan kesehatan tulang belakang.

Baca Juga: 10 Manfaat Kesehatan jika Kamu Rutin Berjalan Kaki, Mau Coba Rasakan?

4. Kenakan sepatu yang seimbang

7 Cara Sederhana Menjaga Tulang Belakang Tetap Sehat, Segera Lakukan!fashionbeans.com

Sepatu yang kamu kenakan pada dasarnya memiliki peranan yang sangat penting dalam mendukung kesehatan punggung bagian bawah. Sebab, dilansir spine-health.com, sepatu yang baik akan memberikan dasar yang mendukung dan membantu tulang belakang dan tubuh agar tetap selaras. Kenakanlah sepatu yang seimbang, fleksibel, dan nyaman.

5. Pertahankan berat badan yang sehat

7 Cara Sederhana Menjaga Tulang Belakang Tetap Sehat, Segera Lakukan!blog.lifestyleplus.net

Kelebihan berat badan atau kehilangan berat badan secara tiba-tiba nyatanya menjadi salah satu faktor risiko nyeri punggung bagian bawah. Untuk itu, sangat penting mempertahankan berat badan ideal yang sehat dengan olahraga dan diet sehat secara rutin. Tidak hanya terhindar dari masalah sakit punggung dan kerusakan tulang belakang, kamu juga bisa hidup sehat dan memperkecil risiko munculnya penyakit.

6. Terhidrasi dengan baik

7 Cara Sederhana Menjaga Tulang Belakang Tetap Sehat, Segera Lakukan!healthydietbase.com

Kekurangan cairan dalam tubuh akibat jarang minum merupakan faktor terbesar yang menyebabkan munculnya rasa sakit di bagian punggung. Oleh karenanya, sangat penting untuk menjaga tubuh selalu tetap terhidrasi dengan baik agar tidak mengalami masalah kesehatan yang berujung pada kondisi berbahaya.

7. Menerapkan ergonomi yang baik

7 Cara Sederhana Menjaga Tulang Belakang Tetap Sehat, Segera Lakukan!techrepublic.com

Ergonomi merupakan metode di mana kita harus mengoptimalkan sistem di sekitar agar sesuai dengan kebutuhan dan keterampilan yang dimiliki. Contohnya, kamu dapat menyesuaikan pekerjaan yang digeluti dengan kekuatan tubuh dan keterampilan yang kamu miliki. Ergonomi yang baik juga kerap mengubah posisi tubuh sesering mungkin agar terhindar dari nyeri sendi kram otot.

Selain meningkatkan kesehatan tulang belakang, ada baiknya kamu juga berfokus untuk menjaganya sebelum timbul masalah yang serius. Untuk itu, diperlukan disiplin yang baik dalam menerapkan pola hidup sehat dan olahraga yang seimbang agar tubuh tetap terjaga.

Baca Juga: 7 Manfaat Kesehatan Hanya dengan Sekali Olahraga, Mulai Aja Dulu

Topic:

  • M. Tarmizi Murdianto
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You