Comscore Tracker

Mirip dengan Sariawan, Ini 7 Gejala Kanker Lidah yang Perlu Diwaspadai

Jangan diremehin deh...

Kanker lidah merupakan jenis kanker pada mulut yang dapat muncul di dua bagian lidah, yakni lidah oral dan pangkal lidah. Umumnya, kanker lidah adalah masalah kesehatan yang terbilang jarang terjadi.

Selain itu, sama seperti kanker pada umumnya, kanker lidah sering terjadi pada orang tua daripada anak-anak. Meski begitu, gejala kanker lidah sangat mirip dengan gejala kanker mulut lainnya. Berikut ini beberapa di antaranya yang dikutip medicalnewstoday.com.

1. Rasa sakit saat menelan

Mirip dengan Sariawan, Ini 7 Gejala Kanker Lidah yang Perlu Diwaspadaimedicalnewstoday.com

Umumnya, saat seseorang merasakan sakit saat menelan, mereka akan mengidentifikasinya sebagai rasa sakit yang muncul akibat adanya peradangan di tenggorokan. Hal tersebut bisa saja benar.

Namun, jika rasa sakit yang muncul tidak sembuh dalam waktu yang lama, kamu harus segera mewaspadainya. Sebab, bisa saja itu merupakan gejala awal munculnya kanker lidah.

2. Lidah atau rahang menjadi kaku

Mirip dengan Sariawan, Ini 7 Gejala Kanker Lidah yang Perlu Diwaspadaibuoyhealth.com

Tidak hanya kesulitan dalam menelan makanan, bagi seseorang yang terkena kanker lidah, lidah atau rahang mereka juga akan menjadi kaku. Akibatnya, mereka akan kesulitan mengunyah makanan ditambah dengan rasa sakit di sekitar bagian rahang dan tenggorokan saat digerakkan.

3. Muncul bercak merah atau putih di lapisan mulut atau lidah

Mirip dengan Sariawan, Ini 7 Gejala Kanker Lidah yang Perlu Diwaspadaiflanagansmiles.com

Salah satu kondisi yang paling mudah diidentifikasi sebagai gejala awal kanker lidah adalah munculnya bercak merah atau putih yang terbentuk di lapisan mulut atau lidah. Meski demikian, kondisi ini bisa saja muncul bukan diakibatkan oleh virus yang mengakibatkan kanker lidah. Sebab, hal ini sangat umum terjadi di saat kamu sedang tidak dalam kondisi yang baik. 

Baca Juga: 9 Cara Alami Mengurangi Risiko Semua Jenis Kanker, yuk Mulai Coba! 

4. Muncul bisul lidah yang tidak kunjung sembuh

Mirip dengan Sariawan, Ini 7 Gejala Kanker Lidah yang Perlu Diwaspadaithehealthy.com

Selain munculnya bercak berwarna merah atau putih di bagian lapisan lidah atau mulut, gejala lain dari kanker lidah adalah munculnya bisul pada lidah yang sangat sulit disembuhkan. Jika hal ini sudah terjadi, sebaiknya kamu segera pergi ke dokter untuk memeriksakan diri.

5. Lidah mengalami pendarahan tanpa sebab

Mirip dengan Sariawan, Ini 7 Gejala Kanker Lidah yang Perlu Diwaspadaimsn.com

Setelah muncul bisul di lidah, kemungkinan besar gejala selanjutnya yang akan kamu rasakan adalah pendarahan yang terjadi pada lidah tanpa alasan yang jelas. Saat mengalami pendarahan, lidah juga akan mati rasa sehingga kamu sudah tidak dapat lagi merasakan apapun atau kehilangan indra pengecap.

6. Muncul benjolan di lidah

Mirip dengan Sariawan, Ini 7 Gejala Kanker Lidah yang Perlu Diwaspadaiwebmd.com

Kemunculan bisul pada lidah mungkin sudah sangat menyiksa. Sayangnya, selain itu kamu juga akan merasakan kondisi yang tidak nyaman akibat munculnya benjolan-benjolan di lidah. Ketika kondisi ini terjadi, sudah dapat dipastikan jika kamu terkena kanker lidah.

7. Adanya gumpalan di leher

Mirip dengan Sariawan, Ini 7 Gejala Kanker Lidah yang Perlu Diwaspadaibuoyhealth.com

Gejala kanker lidah pada dasarnya sama saja dengan gejala kanker mulut dan tenggorokan lainnya. Sebab, ketika seseorang menderita kanker lidah, maka akan terdapat gumpalan di bagian leher sebagai tanda jika kondisi tersebut merupakan kondisi munculnya kanker mulut dan tenggorokan, yang salah satunya adalah kanker lidah.

Itu dia beberapa gejala awal kanker kulit yang perlu kamu waspadai. Meski begitu, setiap orang yang menderita kanker lidah bisa saja mengalami gejala yang berbeda, bahkan tidak mengalami seluruh gejala yang disebutkan di atas. Oleh karena itu, tetap jaga kesehatanmu ya!

Baca Juga: Tanpa Disadari, 10 Hal di Sekitar Kita Ini Bisa Memicu Kanker

Topic:

  • M. Tarmizi Murdianto
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You