Comscore Tracker

Tak Hanya Enak, 10 Makanan Ini Juga Bisa Mencegah Kanker Payudara

Jangan lupa rutin konsumsinya, kalau mau rasakan manfaatnya

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memprediksi bahwa pada 2020 jumlah kasus kanker payudara akan melonjak ke angka yang mengkhawatirkan. Di mana satu dari setiap delapan wanita akan menanggung risiko terkena penyakit ini di masa hidupnya. Untuk itu, diperlukan pendeteksian sedini mungkin dan pemeriksaan medis rutin, serta kontrol makanan sehat untuk mempersiapkan tubuh melawan sel kanker.

Melansir indiatimes.com, Tina Sapra, ahli gizi senior & koordinator klinis dengan Fortis Memorial Research Institute dan Dr Vandana Mathur, ahli gizi konsultasi, Metropolis Healthcare, Mumbai, menyatakan jika terdapat makanan-makanan yang ampuh mencegah risiko kanker payudara pada wanita. Berikut ini beberapa di antaranya!

1. Bawang putih

Tak Hanya Enak, 10 Makanan Ini Juga Bisa Mencegah Kanker Payudaraakc.org

Bawang putih merupakan sumber senyawa pelawan kanker yang disebut allium, yang terbukti dapat memperlambat pertumbuhan tumor dan mencegah risiko kanker payudara di antara bentuk kanker lain seperti kanker kolorektal dan kanker prostat. Hancurkan atau telan sepotong bawang putih setiap pagi secara rutin dan kemungkinan besar kamu akan terbebas dari risiko kanker.

2. Delima

Tak Hanya Enak, 10 Makanan Ini Juga Bisa Mencegah Kanker Payudarapixabay.com

Delima sangat dianjurkan untuk mencegah kanker payudara. Hal ini karena delima mengandung polifenol, asam ellagic dengan sifat anti-oksidan yang mencegah pertumbuhan kanker. Konsumsi buah lezat yang satu ini dan rasakan manfaat kesehatannya yang efektif.

3. Salmon

Tak Hanya Enak, 10 Makanan Ini Juga Bisa Mencegah Kanker Payudaraoceana.org

Sebagai sumber omega-3 dan vitamin B12 dan D, salmon dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk mengatur pertumbuhan sel dan mencegah kanker. Bahkan, beberapa jenis Vitamin B12 dalam salmon terbukti efektif dalam pengobatan kanker. Ikan ini adalah pilihan yang bagus dan cocok dengan banyak makanan sehat lainnya seperti bawang putih, sayuran, paprika, dan brokoli.

4. Biji rami

Tak Hanya Enak, 10 Makanan Ini Juga Bisa Mencegah Kanker Payudarainlifehealthcare.com

Omega-3, lignan dan serat yang ditemukan dalam biji rami nyatanya dapat berfungsi untuk membentuk perisai pelindung terhadap sel-sel kanker yang menyebabkan kanker payudara. Untuk mengonsumsinya kamu bisa menyertakan biji rami ke yogurt atau smoothie untuk membuat rasa lebih kaya dan pedas. Kamu juga bisa menambahkan minyak biji rami ke dressing salad atau memadukannya ke dalam kue atau muffin.

5. Kacang brazil

Tak Hanya Enak, 10 Makanan Ini Juga Bisa Mencegah Kanker Payudaraindependent.co.uk

Kacang brazil dapat membantu melawan peradangan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah pertumbuhan tumor. Hal ini dikarenakan kacang brazil sangat kaya akan selenium, serat, dan phytochemical

Baca Juga: 9 Cara Alami Mengurangi Risiko Semua Jenis Kanker, yuk Mulai Coba! 

6. Teh hijau

Tak Hanya Enak, 10 Makanan Ini Juga Bisa Mencegah Kanker Payudarapexels/pixabay

Mengonsumsi teh hijau secara teratur ternyata dapat memberikan efek yang sangat baik bagi kesehatan. Pasalnya, bahan kimia phyto dalam teh hijau dapat mencegah tumbuhnya sel kanker. Cobalah konsumsi satu hingga dua cangkir teh hijau setiap harinya.

7. Brokoli

Tak Hanya Enak, 10 Makanan Ini Juga Bisa Mencegah Kanker Payudarahealthline.com

Sebagai sayuran jenis silang brokoli nyatanya sangat kaya akan sulforophane dan indol, yang terbukti mengatur pertumbuhan sel dalam berbagai cara dan membantu melawan berbagai jenis kanker. Beberapa jenis kanker yang ampuh diatasi oleh zat dalam kandungan brokoli yakni kanker payudara, kandung kemih, limfoma, prostat, dan kanker paru-paru.

8. Paprika

Tak Hanya Enak, 10 Makanan Ini Juga Bisa Mencegah Kanker Payudaraglitzmedia.co

Paprika hijau kaya akan klorofil yang dapat mengikat karsinogen penyebab kanker yang ditemukan di usus. Paprika merah memiliki capsaicin dan antioksidan karotenoid. Konsumsi keduanya jika kamu ingin mendapatkan manfaat yang sangat luar biasa bagi tubuh.

9. Kunyit

Tak Hanya Enak, 10 Makanan Ini Juga Bisa Mencegah Kanker Payudaracanhbaosos.com

Bahan dapur yang satu ini nyatanya dapat menghambat banyak jenis sel kanker, termasuk kanker payudara, saluran pencernaan, paru-paru, dan kulit. Tidak hanya itu, beberapa jenis kandungan senyawa dalam kunyit juga ampuh melawan sel-sel penyebab kanker yang paling sulit.

10. Sayuran berdaun hijau gelap

Tak Hanya Enak, 10 Makanan Ini Juga Bisa Mencegah Kanker Payudaralalpathlabs.com

Kangkung, seledri, dan bayam merupakan jenis sayuran berdaun hijau gelap yang dianggap sebagai toko serba ada karena memiliki semua nutrisi terbaik yang dibutuhkan tubuh untuk menangkis sel-sel kanker, yaitu: serat, vitamin B, fitokimia, klorofil dan banyak lagi. Rutin mengonsumsi sayuran-sayuran jenis ini dapat membuat kamu tidak hanya sehat, tapi juga terhindar dari penyakit berbahaya seperti kanker.

Beberapa makanan di atas bisa menjadi pilihan yang baik untuk mencegah kanker payudara. Akan tetapi, jika kamu ingin merasakan manfaatnya cobalah konsumsi berbagai makanan tersebut secara rutin.

Baca Juga: Tanpa Disadari, 10 Hal di Sekitar Kita Ini Bisa Memicu Kanker

Topic:

  • M. Tarmizi Murdianto
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You