Comscore Tracker

Cegah 9 Penyakit Ini dengan Olahraga, Lebih Efektif daripada Obat!

Sedikit-sedikit gak usah ke dokter, olahraga aja cukup kok..

Olahraga sudah jelas memiliki manfaat yang sangat besar dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan. Namun, belum banyak orang yang menyadari jika olahraga yang teratur dapat mencegah berbagai macam risiko penyakit, mulai dari yang ringan, hingga yang berat dan berbahaya.

Nah, dilansir mayoclinic.org, beberapa penyakit ini ternyata bisa kamu cegah hanya dengan olahraga lho! Simak ulasannya di bawah ini.

1. Tekanan darah tinggi

Cegah 9 Penyakit Ini dengan Olahraga, Lebih Efektif daripada Obat!health.clevelandclinic.org

Penyakit yang satu ini sudah jelas bersumber dari kurang sehatnya salah satu organ tubuh yang vital, yakni jantung. Dilansir mayoclinic.org, sebuah studi menunjukkan bahwa pelatihan interval dapat membawa dampak yang baik pada orang dengan penyakit jantung. Dengan rutin berolahraga, itu artinya kamu sudah menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung yang kerap terjadi karena tekanan darah tinggi. 

2. Kolesterol tinggi

Cegah 9 Penyakit Ini dengan Olahraga, Lebih Efektif daripada Obat!spectrumnutrition.ie

Direktur Program Pusat Preventif Kardiologi Universitas Texas Southwestern, Dokter Amit Khera, menyatakan dengan jelas bahwa olahraga dapat menurunkan kolesterol dan mempertahankan berat badan ideal. Kamu bisa menggabungkan latihan kardiovaskular dengan diet sehat agar mendapatkan hasil yang lebih baik.

3. Diabetes

Cegah 9 Penyakit Ini dengan Olahraga, Lebih Efektif daripada Obat!verywellhealth.com

Olahraga rutin dapat meningkatkan kemampuan tubuh dalam menggunakan insulin secara lebih efektif untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Dampaknya, bagi kamu yang menderita diabetes tipe 2 akan terhindar dari risiko meninggal akibat penyakit jantung yang disebabkan kadar gula darah tinggi. Sebab, resistensi insulin merupakan kontributor utama untuk pengemban diabetes tipe 2.

4. Kanker

Cegah 9 Penyakit Ini dengan Olahraga, Lebih Efektif daripada Obat!forbes.com

Tidak semua jenis penyakit jenis kanker memberikan gejala saat mulai menyerang tubuh. Bisa saja akibat pola hidup yang sehat tiba-tiba kamu didiagnosis mengidap penyakit berbahaya yang satu ini. Untuk itu, kamu bisa mulai mencoba menerapkan pola hidup sehat dengan rutin berolahraga. Pasalnya, menurut National Cancer Institute yang dikutip cheatsheet.com, olahraga teratur telah terbukti menurunkan risiko seseorang terkena kanker payudara, usus besar, dan endometrium.

Baca Juga: 7 Manfaat Kesehatan Hanya dengan Sekali Olahraga, Mulai Aja Dulu

5. Sleep apnea

Cegah 9 Penyakit Ini dengan Olahraga, Lebih Efektif daripada Obat!irishnews.com

Sleep apnea merupakan penyakit yang menyerang sistem pernapasan dengan menyumbat saluran pernapasan bagian atas tenggorokan dan menghentikan seseorang untuk bernapas. Saat kondisi ini terjadi, biasanya otak akan memberikan respons agar tubuh terbangun secara otomatis untuk melanjutkan pernapasan secara normal. Olahraga dengan teratur diyakini dapat membantu mencegah kondisi tersebut.

6. Demensia

Cegah 9 Penyakit Ini dengan Olahraga, Lebih Efektif daripada Obat!dailycaring.com

Bagi kamu yang takut mengalami demensia di masa tua, sebaiknya segera rutin melakukan aktivitas fisik seperti olahraga. Sebab, olahraga dapat meningkatkan kognisi pada penderita demensia. Tidak hanya itu, orang yang aktif dalam hidupnya juga akan berisiko lebih rendah mengalami demensia dan gangguan kognitif lainnya.

7. Fibromyalgia

Cegah 9 Penyakit Ini dengan Olahraga, Lebih Efektif daripada Obat!news-medical.net

Bagi penderita penyakit fibromyalgia mungkin olahraga akan menjadi pilihan terakhir yang dilakukan untuk mencegah munculnya penyakit ini. Hal ini biasanya terjadi karena gejala fibromyalgia yang muncul seperti nyeri otot dalam dan kelelahan, yang justru dapat memperburuk kondisi penderita. Akan tetapi, dikutip sciencebeta.com, aktivitas fisik sederhana yang dilakukan seperti peregangan, berenang, tai chi atau yoga sebenarnya dapat mengurangi jumlah rasa sakit yang muncul ketika fibromyalgia kambuh.

8. Depresi

Cegah 9 Penyakit Ini dengan Olahraga, Lebih Efektif daripada Obat!cahsd.org

Olahraga tidak hanya memberikan manfaat yang baik pada kesehatan fisik saja. Akan tetapi, berolahraga juga dapat mengembalikan keseimbangan neurokimia tubuh dan menciptakan mental yang positif. Sciencebeta.com membernarkan hal tersebut dengan mengatakan jika sebenarnya olahraga adalah cara paling efektif untuk mengobati depresi klinis.

9. Radang sendi

Cegah 9 Penyakit Ini dengan Olahraga, Lebih Efektif daripada Obat!shopafamily.com

Saat radang sendi menyerang, rasanya sangat mustahil untuk melakukan aktivitas fisik seperti olahraga, bukan? Sebab, kamu pasti akan berpikir jika hal tersebut justru dapat menyebabkan kondisi radang sendi yang lebih buruk.

Faktanya, olahraga dapat mengurangi rasa sakit, membantu mempertahankan kekuatan otot pada sendi, dan mengurangi kekakuan sendi. Untuk itu, olahraga juga dapat meningkatkan fungsi fisik dan kualitas hidup bagi orang yang menderita radang sendi.

Pada dasarnya olahraga merupakan salah satu hal yang wajib untuk dilakukan dalam membangun pola hidup yang sehat. Saat mulai menerapkannya, penyakit apapun rasanya bisa kamu hindari. Yuk segera mulai hidup sehat dengan berolahraga!

Baca Juga: Mengapa Berat Badan Tak Turun walau Rajin Olahraga? Ini Jawabannya!

Topic:

  • M. Tarmizi Murdianto
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You