Comscore Tracker

Hati-hati, 7 Penyakit Ini Ditandai Hanya dengan Gejala Mual pada Perut

Mual gak sekedar pertanda hamil atau sakit perut lho...

Mual merupakan sensasi yang biasanya muncul ketika kamu sedang ingin muntah. Meski begitu, kondisi tersebut tidak selalu berakhir dengan keluarnya isi perut melalui mulut atau muntah. Sebab, ternyata mual bisa menjadi pertanda jika kamu memiliki penyakit tertentu. Berikut ini beberapa di antaranya yang perlu kamu tahu.

1. Infeksi

Hati-hati, 7 Penyakit Ini Ditandai Hanya dengan Gejala Mual pada Perutsadarasuransi.id

Infeksi yang menyerang sistem saraf pusat seperti otak dan sumsum tulang belakang ternyata memiliki kemungkinan menyebabkan mual dan muntah disertai dengan nyeri kepala. Infeksi tersebut biasanya dapat berupa meningitis, infeksi saluran pernapasan, atau peradangan pada jaringan otak. Oleh karena itu, jika kamu mengalami mual dengan gejala tersebut bisa saja menjadi pertanda adanya infeksi dalam tubuh.

2. Radang di dalam telinga

Hati-hati, 7 Penyakit Ini Ditandai Hanya dengan Gejala Mual pada Perutlookforwhat.net

Ketika kamu mengalami mual dan sakit kepala, hal tersebut bisa diidentifikasi sebagai nyeri yang terjadi jauh di dalam pelipis. Biasanya kondisi ini disebabkan oleh gangguan pendengaran seperti gangguan pendengaran unilateral yang menyebabkan pusing atau vertigo dan melemahkan keseimbangan tubuh.

3. Obstruksi usus

Hati-hati, 7 Penyakit Ini Ditandai Hanya dengan Gejala Mual pada Perutimpactlaw.com

Salah satu yang paling umum terjadi saat rasa mual muncul adalah adanya gangguan pencernaan dalam tubuh. Selain itu, kondisi mual yang disertai dengan muntah parah bisa menjadi tanda jika usus mengalami penyumbatan atau biasa disebut obstruksi usus. 

Baca Juga: 7 Manfaat Persahabatan terhadap Kesehatanmu, Bikin Kalian Panjang Umur

4. Serangan jantung

Hati-hati, 7 Penyakit Ini Ditandai Hanya dengan Gejala Mual pada PerutMedicalnewstoday.com

Mual atau bahkan muntah tidak hanya menjadi tanda jika kamu sedang mengalami gangguan sistem pencernaan. Dilansir dari Medicine Net, mual dan muntah juga bisa menjadi pertanda adanya serangan jantung. Selain itu, serangan jantung juga memiliki beberapa tanda lain, yakni rasa sakit pada jantung, napas pendek, dan juga kepala yang terasa ringan.

5. Stroke

Hati-hati, 7 Penyakit Ini Ditandai Hanya dengan Gejala Mual pada Peruthonestdocs.id

Pada dasarnya terdapat dua macam stroke, yakni stroke iskemik (stroke sumbatan), dan stroke hemoragik (stroke yang diakibatkan oleh pecahnya pembuluh darah). Mual dan rasa ingin muntah biasanya menjadi pertanda jika kamu mengalami stroke hemoragik. Di mana, darah yang bocor akibat pecahnya pembuluh darah akan mengisi rongga kepala dan mengakibatkan adanya tekanan tinggi di kepala. Kondisi ini menyebabkan sakit kepala luar biasa yang disertai dengan mual hingga muntah.

6. Gastroparesis

Hati-hati, 7 Penyakit Ini Ditandai Hanya dengan Gejala Mual pada Perutmedicalnewstoday.com

Gastroparesis adalah suatu kondisi di mana otot-otot perut tidak berfungsi dengan baik karena adanya kerusakan saraf. Kondisi ini biasanya mengakibatkan tubuh merasa mual dan ingin muntah. Selain itu, gangguan lain seperti penyakit ulkus peptikum, irritable bowel syndrome dan dispepsia juga ditandai dengan mual dan muntah.

7. Kanker atau tumor

Hati-hati, 7 Penyakit Ini Ditandai Hanya dengan Gejala Mual pada Perutbbc.com

Bagi seseorang yang sedang menjalani masa kemoterapi biasanya akan mudah mengalami rasa mual dan muntah. Akan tetapi, ternyata rasa mual dan muntah tersebut tidak hanya timbul karena efek samping dari kemoterapi. Melainkan, muncul akibat kanker atau tumor yang berkembang di dalam tubuh itu sendiri.

Nah, jika biasanya kita mengabaikan rasa mual yang muncul, sebaiknya dengan informasi serta penjelasan di atas kamu dapat lebih mewaspadainya. Sebab, ternyata mual bisa menjadi tanda jika di dalam tubuh kamu terdapat penyakit-penyakit yang bisa saja membahayakan tubuh. Jangan sampai diabaikan lagi ya!

Baca Juga: 7 Fakta Unik Tahi Lalat yang Berhubungan dengan Kesehatan Tubuh Kamu

Topic:

  • M. Tarmizi Murdianto
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya