Comscore Tracker

7 Penyebab Umum Gusi Berdarah, Bisa Jadi Tanda Kamu Sedang Stres loh!

Jangan abaikan begitu saja...

Gusi yang berdarah saat sedang menyikat gigi mungkin terkesan normal. Akan tetapi, pendarahan dari gusi biasanya menunjukkan jika terdapat masalah kecil pada bagian mulut, terutama gusi. Jika tidak diatasi dengan baik, hal ini bisa saja menjadi masalah yang besar lho.

Nah, mengidentifikasi penyebab gusi berdarah merupakan kunci untuk menentukan perawatan terbaik yang paling tepat. Untuk itu, simak penyebab umum gusi berdarah berikut ini.

1. Plak berbahaya dan jutaan bakteri

7 Penyebab Umum Gusi Berdarah, Bisa Jadi Tanda Kamu Sedang Stres loh!kostencheck.de

Melansir crest.com, penyebab pertama dan paling umum gusi berdarah adalah plak berbahaya dan jutaan bakteri yang ditemukan di sekitar garis gusi yang dibiarkan terkena radang gusi. Jika bakteri sudah menyerang bagian gusi yang terluka maka bisa saja muncul masalah gusi mulai dari yang ringan, seperti gingivitis.

2. Kebersihan mulut yang buruk

7 Penyebab Umum Gusi Berdarah, Bisa Jadi Tanda Kamu Sedang Stres loh!insightplus.mja.com.au

Sebuah penelitian yang dikutip deltadentalwa.com, menunjukkan bahwa gusi yang sehat dapat mengalami pendarahan dan menyebabkan gusi sakit hanya karena satu hari tidak melakukan perawatan mulut yang tepat. Untuk menghentikan pendarahan pada gusi, biasakan sikat gigi selama dua menit, selama dua kali sehari, dan berkumur-kumur dengan mouthwash, untuk menjaga plak dan mencegah bengkak akibat gusi berdarah.

3. Stres

7 Penyebab Umum Gusi Berdarah, Bisa Jadi Tanda Kamu Sedang Stres loh!personneltoday.com

Saat kamu mengalami stres dan kecemasan secara terus menerus, maka hal tersebut bisa jadi membahayakan sistem kekebalan tubuh dan membuatnya lebih sulit untuk menangkal sejumlah masalah. Ini termasuk gusi berdarah dan penyakit gusi lainnya. Tidak hanya itu, stres juga dapat menyebabkan peradangan pada pembuluh darah dan memecah jaringan lunak yang ada di mulut.

Baca Juga: Gusi Bengkak: 8 Cara Mengobati dan Solusinya yang Ampuh

4. Gingivitis

7 Penyebab Umum Gusi Berdarah, Bisa Jadi Tanda Kamu Sedang Stres loh!prodiaohi.co.id

Gingivitis merupakan tahap pertama penyakit gusi yang diidentifikasikan sebagai penyakit gusi ringan. Pada tahap awal, gingivitis dapat dihentikan sebelum berubah menjadi penyakit gusi yang lebih serius. Untuk mencegahnya, gunakan benang pembersih gigi secara teratur dan lakukan pemeriksaan gigi rutin.

5. Sikat gigi baru

7 Penyebab Umum Gusi Berdarah, Bisa Jadi Tanda Kamu Sedang Stres loh!nhs.uk

Tidak hanya penyakit dan kebiasaan buruk saja yang bisa menyebabkan gusi mengalami pendarahan. Sebab, jenis sikat gigi baru juga dapat menyebabkan pendarahan pada gusi. Umumnya, hal tersebut terjadi akibat bulu sikat yang terlalu kasar.

6. Diet yang buruk

7 Penyebab Umum Gusi Berdarah, Bisa Jadi Tanda Kamu Sedang Stres loh!freepik.es

Ketika kamu menerapkan salah satu pilihan diet, sebaiknya perhatikan juga kesehatan organ tubuh lain, seperti gusi. Pasalnya, beberapa bahan dalam makanan olahan yang kamu santap bisa mengiritasi gusi dan menyebabkan pendarahan kecil pada gusi. Jika kamu ingin menerapkan, pilihlah diet yang mengimplementasikan pola hidup sehat.

7. Merokok atau vape

7 Penyebab Umum Gusi Berdarah, Bisa Jadi Tanda Kamu Sedang Stres loh!news.abs-cbn.com

Sudah jelas jika merokok dapat menyebabkan gusi mengalami kerusakan, salah satunya adalah gusi berdarah. Namun, vape atau rokok listrik yang saat ini sedang terkenal nyatanya juga membawa dampak yang sama. Jika kamu khawatir dengan kesehatan tubuhmu, sebaiknya ikutilah program berhenti merokok.

Faktanya, pendarahan pada gusi dapat menyebabkan komplikasi yang berbahaya jika tidak ditangani dengan tepat dan baik. Untuk itu, jangan anggap remeh masalah ringan yang satu ini. Segeralah periksa ke dokter saat pendarahan pada gusi tidak kunjung berhenti.

Baca Juga: 9 Tips Merawat Gusi Berdarah, Awas Jangan Salah Langkah

Topic:

  • M. Tarmizi Murdianto
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You