Comscore Tracker

7 Tanda Gangguan Metabolisme pada Tubuh yang Perlu Kamu Waspadai

Jangan lupa periksa ke dokter ya, guys...

Selama ini mungkin kamu menganggap jika metabolisme dalam tubuhmu dalam keadaan baik-baik saja. Namun nyatanya, seiring bertambahnya usia, ada beberapa saat di mana metabolisme cenderung menurun dan melambat. Meski tergolong normal, kamu perlu mewaspadai tanda-tanda berikut ini yang bisa saja muncul karena kamu sedang mengalami masalah metabolisme. Simak informasi lengkapnya berikut ini.

1. Berat badan tidak stabil

7 Tanda Gangguan Metabolisme pada Tubuh yang Perlu Kamu Waspadairush.edu

Kenaikan atau penurunan berat badan yang terjadi secara tiba-tiba merupakan salah satu kondisi yang seharusnya kamu waspadai jika metabolisme tubuhmu sedang terganggu. Sebab, dilansir dari Eat This, menurut ahli metabolisme di Icliniq, Mashfika N Alam, hal ini terjadi karena kurangnya hormon tiroid dalam tubuh sehingga memperlambat laju pembakaran energi.

2. Mudah lelah

7 Tanda Gangguan Metabolisme pada Tubuh yang Perlu Kamu Waspadaibustle.com

Liza Moskivitz, RD, ahli gizi sekaligus CEO NY Nutrition Group, mengatakan jika kondisi di mana tubuh mudah merasa lelah menjadi salah satu pertanda bahwa metabolisme sedang berjalan lambat. Hal ini dikarenakan tubuh mengalami kesulitan dalam mencerna makanan sehingga tubuh kekurangan pasokan energi untuk menjalankan aktivitas. Akibatnya, tubuh menjadi mudah lelah seperti tidak bertenaga.

3. Kulit kering

7 Tanda Gangguan Metabolisme pada Tubuh yang Perlu Kamu Waspadaiperfectbeauty.id

Dilansir News18, metabolisme yang rendah dapat membuat kulit menjadi kering, kuku rapuh, dan rambut rontok. Hal ini terjadi karena tubuh tak bisa memanfaatkan zat gizi mikro yang didapat dari makanan melalui proses metabolisme. Akibatnya, kulit gagal mendapatkan nutrisi penting dan kehilangan kilaunya.

Baca Juga: 5 Fakta Hubungan Erat Antara Kopi dan Sistem Metabolisme

4. Rambut kering dan rontok

7 Tanda Gangguan Metabolisme pada Tubuh yang Perlu Kamu Waspadainorgilcanada.com

Kondisi rambut yang kering dan rontok bisa menjadi salah satu pertanda tubuh sedang mengalami masalah metabolisme. Pasalnya, menurut Scott Keatley, R.D. dari Keatley Medical Nutrition Therapy, metabolisme yang buruk membuat tubuh tidak dapat memperbaiki sel-sel mati dengan cepat sehingga kesehatan kulit menjadi tidak terjaga. Selain itu, kondisi ini juga bisa menjadi pertanda adanya masalah kesehatan lain, seperti gizi buruk.

5. Sering merasa kedinginan

7 Tanda Gangguan Metabolisme pada Tubuh yang Perlu Kamu Waspadaistayathomemum.com.au

Saat kamu kerap merasa kedinginan di sekujur tubuh, maka bisa jadi metabolisme dalam tubuhmu sedang melambat dan menjadi gejala hipotiroidisme. Hipotiroidisme merupakan penurunan produksi hormon tiroid dalam tubuh sehingga menyebabkan proses metabolisme dalam tubuh ikut melambat. Akibatnya, kamu akan selalu merasa dingin, meski sebenarnya cuaca sedang tidak benar-benar dingin.

6. Sakit kepala

7 Tanda Gangguan Metabolisme pada Tubuh yang Perlu Kamu Waspadainewsnetwork.mayoclinic.org

Selain hipotiroidisme, masalah tiroid yang berhubungan dengan gangguan metabolisme dapat dilihat dari munculnya sakit kepala. Hal ini karena metabolisme yang lambat juga terjadi karena kelenjar tiroid yang kurang aktif. Akibatnya, hal tersebut memicu munculnya sakit kepala yang terus menerus, bahkan migrain.

7. Depresi

7 Tanda Gangguan Metabolisme pada Tubuh yang Perlu Kamu WaspadaiMiranda Larby

Kamu mudah murung? Mungkin salah satu penyebabnya adalah rasa lelah akibat penurunan metabolisme tubuh. Sebab, ternyata kesehatan sistem pencernaan juga memengaruhi suasana hati dan kesehatan mental. Laju metabolisme yang melambat dalam sistem pencernaan akan mengirimkan sinyal ke otak sehingga dapat membuat munculnya perasaan tertekan. Hasilnya, kamu akan mudah merasa depresi.

Jika kamu merasa mengalami tanda-tanda seperti di atas tidak usah khawatir, karena National Health Service (NHS) Inggris memberikan saran untuk melakukan beberapa kegiatan olahraga yang efektif membakar kalori agar metabolisme kembali berjalan normal. Salah satu yang bisa kamu coba adalah aerobik, aktif bergerak, yoga, dan olahraga lainnya.

Baca Juga: 6 Kebiasaan Inilah yang Akan Membuat Metabolisme Tubuhmu Melambat

Topic:

  • M. Tarmizi Murdianto
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya