Comscore Tracker

Karena Gaya Hidup, 5 Penyebab Osteoporosis yang Harus Kamu Hindari

Hati-hati dengan gaya hidupmu yang tidak sehat

Osteoporosis adalah kondisi di mana kepadatan tulang kita mulai menurun. Biasanya, kita menyebut osteoporosis sebagai tanda-tanda tulang keropos. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh pertambahan usia. Namun, osteoporosis bisa saja terjadi di usia muda. Hal ini disebabkan oleh gaya hidup yang salah. Di bawah ini, ada lima penyebab osteoporosis yang dapat kita hindari menurut wellbabyboomer.com agar kepadatan tulang tetap terjaga.

1. Kekurangan kalsium yang membantu menjaga kesehatan tulang

Karena Gaya Hidup, 5 Penyebab Osteoporosis yang Harus Kamu Hindaripixabay.com/Couleur

Pasti kita tahu bahwa kalsium merupakan faktor utama untuk menjaga kesehatan tulang. Kekurangan kalsium bisa membuat kita terserang osteoporosis. Konsumsi susu, yoghurt, dan makanan lain yang mengandung kalsium tinggi. Ini akan membantu kebutuhan akan kalsium di tubuh terpenuhi.

2. Kebiasaan merokok

Karena Gaya Hidup, 5 Penyebab Osteoporosis yang Harus Kamu Hindariprimenewsghana.com

Merokok merupakan kebiasaan yang bisa merusak organ tubuhmu. Termasuk mengganggu kesehatan tulang. Ini dikarenakan gaya hidup yang tidak sehat sedari muda dan bisa mempercepat osteoporosis. Untuk kamu yang masih merokok, hindari kebiasaan tersebut untuk menjaga kesehatan tulang.

3. Selain rokok, alkohol bisa mempercepat osteoporosis

Karena Gaya Hidup, 5 Penyebab Osteoporosis yang Harus Kamu Hindaripixabay.com/concord90

Mengonsumsi minuman beralkohol merupakan gaya hidup yang tidak sehat. Dilansir dari webmd.com alkohol mengganggu penyerapan kalsium dan vitamin D. Selain itu, alkohol juga mempengaruhi hati untuk mengaktifkan vitamin D.

Baca Juga: 5 Alasan Masa Muda Adalah Saat yang Tepat Memulai Gaya Hidup Sehat

4. Gaya hidup yang kurang aktif

Karena Gaya Hidup, 5 Penyebab Osteoporosis yang Harus Kamu Hindaripixabay.com/stocksnap

Gaya hidup yang kurang aktif bisa disebabkan karena kurang berolahraga. Olahraga bisa membantu untuk mencegah osteoporosis. Dengan aktivitas fisik yang cukup, kamu bisa mencegah osteoporosis sejak dini.

5. Bukan hanya kalsium, kurang vitamin D juga menyebabkan osteoporosis

Karena Gaya Hidup, 5 Penyebab Osteoporosis yang Harus Kamu Hindaripixabay.com/einladung zum essen

Vitamin D berperan penting untuk menyerap kalsium. Meskipun kebutuhan kalsium terpenuhi, osteoporosis akan terjadi jika vitamin D tidak terpenuhi. Ini disebabkan karena kalsium tidak terserap dengan efektif ke dalam tubuh. Pastikan kebutuhan vitamin D terpenuhi agar penyerapan kalsium dapat lebih efektif.

Osteoporosis di usia muda bisa kita hindari dengan mengubah gaya hidup kita. Mengonsumsi makanan sehat dan rajin berolahraga secara teratur bisa membantu untuk mencegah osteoporosis. Ubahlah kebiasaan yang tidak sehat sejak dini, ini akan membantu untuk menjaga kesehatan dan kepadatan tulangmu.

Baca Juga: 5 Kandungan Kentang yang Bagus untuk Kesehatan Tubuh, Kaya Nutrisi!

Lois Maria Andries Photo Verified Writer Lois Maria Andries

19

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya