Comscore Tracker

5 Hal yang Dilakukan Saat Batuk Menyerang, Jangan Anggap Sepele!

Batuk akan hilang jika penangannya tepat 

Batuk merupakan penyakit yang sering dialami banyak orang bahkan, sangat mengganggu konsentrasi kerja karena gatal pada tenggorokan. Jika tidak segera sembuh maka, batuk akan semakin parah dan virusnya dapat menular pada orang sekitar. Sangat tidak nyaman, bukan? Oleh sebab itu, perhatikan 5 hal berikut yang perlu dilakukan saat batuk menyerang. 

1. Banyak minum air putih

5 Hal yang Dilakukan Saat Batuk  Menyerang, Jangan Anggap Sepele!Pexels/Pixabay

Minum air putih menjadi solusi yang patut dicoba saat batuk menyerang. Agar cepat sembuh, konsumsi air putih dengan rutin agar melegakan tenggorokan dari dahak. Dengan begitu kamu tidak perlu khawatir karena batuk mengganggu pekerjaan kamu. Alhasil, mengonsumsi air putih sangat baik bagi tubuh dan tidak menimbulkan efek samping. Jadi jangan malas minum air putih, ya! 

2. Hindari makanan yang berminyak

5 Hal yang Dilakukan Saat Batuk  Menyerang, Jangan Anggap Sepele!Pexels/JESHOOTS.com

Ketika batuk jangan memakan makanan yang mengandung minyak seperti keripik, gorengan ataupun makanan lainnya. Karena dapat memicu tenggorokan akan gatal akibat kandungan minyak tersebut. Dan membutuhkan waktu lama agar batuk hilang. Semakin parah batuk kamu maka semakin banyak pekerjaan juga istirahat yang terganggu. 

3. Berkumur dengan air garam

5 Hal yang Dilakukan Saat Batuk  Menyerang, Jangan Anggap Sepele!Pexels/Daria Shevtsova

Cara selanjutnya yang patut untuk kamu coba adalah dengan berkumur air garam. Nah, saat batuk menyerang bisa langsung mencoba untuk berkumur dengan air garam. Pasalnya, air garam dapat membunuh kuman yang berada dalam mulut dan tenggorokan sehingga batuk dapat reda dengan cepat. Selain bahannya mudah didapat juga murah tanpa harus berobat mahal. 

Baca Juga: 6 Bumbu Dapur yang Ampuh Redakan Batuk, Pernah Coba?

4. Berhenti merokok

5 Hal yang Dilakukan Saat Batuk  Menyerang, Jangan Anggap Sepele!Pexels/Irina Iriser

Jangan coba-coba saat batuk kamu masih merokok karena ini dapat memicu batuk yang semakin parah. Alhasil, tubuh akan mudah diserang penyakit lainnya secara bergantian. Pasalnya, rokok mengandung zat yang berbahaya dan kamu tidak dapat mengonsumsinya saat batuk. Oleh sebab itu, saat batuk jauhi rokok agar batuk mudah sembuh. 

5. Istirahat yang cukup

5 Hal yang Dilakukan Saat Batuk  Menyerang, Jangan Anggap Sepele!Pexels/Pixabay

Istirahat yang cukup menjadi salah satu penanganan yang tepat sebab, tubuh yang terserang batuk bisa jadi karena kurang istirahat. Perlunya menjaga sistem kekebalan tubuh supaya jangan mudah diserang penyakit. Maka dari itu istirahat yang cukup agar mencegah batuk tidak semakin parah. Setelah itu, kamu dapat melakukan berbagai aktivitas dengan sehat. 

Nah, itu tadi 5 cara yang dilakukan saat batuk menyerang tapi jika tidak kunjung sembuh, segera periksa ke dokter agar ditangani dan tidak membahayakan kesehatan. 

Baca Juga: Tak Perlu Obat Lagi Lho! Ini 7 Cara Atasi Batuk & Pilek Hanya Semalam

Martha Telaumbanua Photo Verified Writer Martha Telaumbanua

Penulis muda yang selalu berkarya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya