Comscore Tracker

Harus Tahu! 5 Bahaya Bagi Kesehatan Akibat Mengonsumsi Minuman Manis

Tubuh bisa jadi malas bergerak lho!

Minuman manis sangat sedap di lidah tetapi tidak baik untuk kesehatan apalagi dikonsumsi secara terus-menerus. Penting untuk menjaga pola hidup sehat dimulai dari aspek minuman. Seperti konsumsi air putih setelah makan sesuatu, dan jangan langsung minum minuman yang manis. 

Hal itu bukan hanya melancarkan proses pencernaan, tetapi air putih juga dapat meminimalisirkan bakteri dari makanan dalam perut. Jadi, jangan sering konsumsi minuman manis karena dapat membahayakan kesehatan. Berikut ini, penjelasan tentang lima bahaya yang timbul akibat sering mengonsumsi minuman manis. 

1. Merusak gigi dan gusi

Harus Tahu! 5 Bahaya Bagi Kesehatan Akibat Mengonsumsi Minuman ManisPixabay/jarmoluk

Gigi dan gusi dan rusak akibat sering mengonsumsi minuman manis. Sebab kadar gula yang tinggi menyebabkan gigi sakit juga gusi dapat bengkak. Apabila tidak segera diobati maka berakibat fatal bagi kesehatan. Untuk itu, perlu mengurangi minuman manis agar menjaga kesehatan gigi dan gusi kamu. 

Baca Juga: 5 Bahaya Membiarkan Lampu Menyala Saat Tidur, Bisa Kekurangan Oksigen!

2. Menghambat rasa kenyang

Harus Tahu! 5 Bahaya Bagi Kesehatan Akibat Mengonsumsi Minuman ManisPexels/VisionPic. net

Hindari minum minuman manis saat mendekati jam makan. Sebab pemanis dalam minuman dapat menghambat rasa kenyang. Sehingga setelah minum minuman manis, akan tetap membuat rasa lapar dan membuat mulut terus ngemil. Ini menandakan kamu tidak akan kenyang sebelum konsumsi nasi tetapi, berpengaruh pada berat badan mu yang semakin bertambah. 

3. Memicu asam urat

Harus Tahu! 5 Bahaya Bagi Kesehatan Akibat Mengonsumsi Minuman ManisPexels/Pixabay

Asam urat salah satu penyakit yang dapat menyerang siapa saja. Apalagi sering minum minuman manis, dapat menunjang risiko asam urat. Rasa manis dalam minuman bisa menyebabkan kadar asam dalam peradangan sendi bertambah sehingga terjadi asam urat. Jika dibiarkan akan berdampak buruk bagi kesehatan. 

4. Menurunkan kekuatan otot

Harus Tahu! 5 Bahaya Bagi Kesehatan Akibat Mengonsumsi Minuman ManisPexels/Matheus Bertelli

Tulang yang sehat tentu impian semua orang. Tetapi harus dengan pintar menjaga tulang agar tidak mudah rapuh. Pasalnya, sering minum minuman manis tidak baik untuk tulang. Selain membuat ketahanan tulang berkurang juga dapat membuatnya patah. 

Jika tulang memiliki kesehatan yang baik maka, otot-otot bekerja dengan kuat saat mengangkat barang yang berat. Karena itu, penting konsumsi air putih juga minuman manis dengan seimbang. 

5. Berat badan mudah naik dan sulit turun

Harus Tahu! 5 Bahaya Bagi Kesehatan Akibat Mengonsumsi Minuman ManisPexels/rawpixel.com

Tubuh juga membutuhkan gula, tetapi perlu diketahui untuk tidak mengonsumsinya secara berlebih. Seperti sering minum minuman manis beresiko meningkatkan berat badan dan sulit untuk menurunkannya. Sehingga dapat terkena obesitas. 

Mulai sekarang kurangi konsumsi minuman manis sebab, lima penyakit tadi dapat menyerangmu. Lebih penting rajin minum air putih agar kesehatan kamu terjaga. 

Baca Juga: Secara Medis Menato Tubuh Tak Berbahaya, Ini Penjelasannya

Martha Telaumbanua Photo Community Writer Martha Telaumbanua

Penulis muda yang selalu berkarya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You