Comscore Tracker

Bukan Hanya Jorok, Ini 5 Dampak Negatif Bagi Tubuh Akibat Jarang Mandi

Berisiko mempercepat penuaan dini  

Jarang mandi masih sering dilakukan banyak orang. Apalagi ketika hari libur tiba, akibat sedikit melakukan aktivitas, membuat orang malas untuk membersihkan diri. Padahal mandi dianjurkan lebih baik sehari dua kali. 

Hal itu dilakukan bukan hanya menjaga kebersihan, tetapi dapat meningkatkan kesehatan dalam tubuh. Yuk, kenali 5 bahaya bagi tubuh akibat jarang mandi. 

1. Berisiko mempercepat penuaan dini

Bukan Hanya Jorok, Ini 5 Dampak Negatif Bagi Tubuh Akibat Jarang MandiPexels/Pixabay

Kulit membutuhkan air agar menjadi lembap dan cerah. Pasalnya, dengan mandi sehari sekali dapat mempercepat risiko keriput pada wajah maupun kulit. Masalah ini akan menyebabkan kamu terlihat tua padahal usiamu masih muda. 

Karena itu, mandi sehari dua kali hanya merugikan diri sendiri. Lebih baik lawan malasmu, untuk menjaga kesehatan agar jauh dari keriput. 

2. Menyebabkan masalah kulit

Bukan Hanya Jorok, Ini 5 Dampak Negatif Bagi Tubuh Akibat Jarang MandiPexels/Marcelo Chagas

Mandi sehari sekali, membuat tubuh jorok akibat debu atau kuman yang menempel dikulit. Hal ini tentu menimbulkan rasa gatal jika menunda untuk mandi. Rasa gatal tersebut akan menyebabkan infeksi pada kulit. Selain itu, lambat-laun terjadi masalah kulit seperti kurap, jamur, dan panuan. 

3. Tubuh mudah lemas

Bukan Hanya Jorok, Ini 5 Dampak Negatif Bagi Tubuh Akibat Jarang MandiPexels/Маша Реймерс

Saat kamu memutuskan untuk mandi sehari sekali, membuat tubuh akan mudah lemas. Karena debu ataupun kotoran pasti banyak yang menempel di tubuh. Selain gatal kamu juga merasa gerah, sehingga membuat semangat kamu dalam menjalankan aktivitas akan terganggu. 

Baca Juga: 5 Masalah Kesehatan yang Bisa Didapat Saat Sering Mengonsumsi Air Es!

4. Membuat suhu tubuh meningkat

Bukan Hanya Jorok, Ini 5 Dampak Negatif Bagi Tubuh Akibat Jarang MandiPexels/Inzmam Khan

Suhu tubuh dapat meningkat karena mandi sehari sekali. Akibatnya tubuh rentan terserang demam dan flu. Hal ini tentu membuat tubuh lemas dan harus banyak istirahat. Tetapi jika kamu mandi dua kali sehari, dapat menangkal dan menjaga suhu tubuh agar tidak mudah naik. 

5. Terkena insomnia

Bukan Hanya Jorok, Ini 5 Dampak Negatif Bagi Tubuh Akibat Jarang MandiPexels/Craig Adderley

Mandi sehari sekali dapat meningkatkan risiko insomnia. Pasalnya, mandi sehari sekali tidak membersihkan debu di tubuh secara menyeluruh. Ini yang menyebabkan tubuh tetap gerah, gatal dan memberikan efek yang tidak nyaman saat tidur. Masalah ini akan mempengaruhi jam tidur saat malam hari berkurang. 

Itu tadi 5 bahaya bagi tubuh akibat mandi sehari sekali. Mulai dari sekarang, ubah kebiasaan buruk agar memberikan pengaruh baik untuk kesehatan kamu. 

Baca Juga: 5 Makanan Ini Bisa Atasi Insomnia Kamu, Tidur Jadi Nyenyak

Martha Telaumbanua Photo Community Writer Martha Telaumbanua

Penulis muda yang selalu berkarya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You