Comscore Tracker

5 Dampak Negatif Akibat Jarang Minum Air Putih, Jangan Jadi Kebiasaan!

Yuk, jaga kesehatan kamu!

Minum air putih sangat baik untuk kamu terapkan. Selain sehat juga, mampu mengawali aktivitas dengan stamina yang penuh. Tetapi banyak orang masih menunda minum air putih dan menganggap sepele akan kesehatan. 

Lebih baik, tunda dahulu pekerjaan yang sedang kamu lakukan dan luangkan waktu untuk minum air putih. Tujuannya, agar penyakit berbahaya tidak menyerang kamu. Berikut ini penjelasan tentang lima dampak negatif bagi kesehatan jika jarang minum air putih. 

1. Menurunkan metabolisme tubuh

5 Dampak Negatif Akibat Jarang Minum Air Putih, Jangan Jadi Kebiasaan!Pexels/Sam Pineda

Walaupun banyak aktivitas jangan pernah lupa untuk minum air putih. Pengaruh air putih sangat baik meningkatkan metabolisme tubuh. Ketika melakukan banyak aktivitas, tidak akan membuat kamu cepat lelah. Jadi, lebih baik lagi saat pagi hari sebelum melakukan aktivitas, minum dua sampai tiga gelas air putih. Maka sudah pasti metabolisme tubuh meningkat. 

2. Racun tetap mengendap dalam tubuh

5 Dampak Negatif Akibat Jarang Minum Air Putih, Jangan Jadi Kebiasaan!Unsplash/Kinga Cichewicz

Selama tidur di malam hari hingga bangun pagi tubuh sudah kekurangan cairan. Oleh sebab itu, penting minum air putih setelah bangun pagi. Selain mencegah dehidrasi, juga membuat racun dalam tubuh terbuang saat melakukan buang air. Jika tidak minum air putih tentu racun mengendap dalam tubuh. Sehingga berbagai penyakit timbul dan menyerang kesehatan kamu. 

Baca Juga: Air Putih Bisa Turunkan Berat Badan, Begini Penjelasannya

3. Memicu sakit kepala

5 Dampak Negatif Akibat Jarang Minum Air Putih, Jangan Jadi Kebiasaan!Pexels/Nathan Cowley

Melakukan aktivitas yang banyak tapi tidak disandingi dengan minum air putih itu adalah kesalahan yang besar. Sebab tanpa minum air putih membuat sakit kepala. Dan ini akan pasti mengganggu berbagai aktivitas. Selain itu, nafsu makan saat sarapan pagi akan berkurang. Sehingga energi tubuh tidak akan bertambah. 

4. Meningkatkan resiko batu ginjal

5 Dampak Negatif Akibat Jarang Minum Air Putih, Jangan Jadi Kebiasaan!drugsafetynews.com

Kamu harus perlu tahu, bahwa zat urine dapat dikurangi dengan cara minum air putih saat bangun pagi. Pasalnya, zat urine yang berkurang dapat mencegah resiko batu ginjal. Jika penyakit ini dibiarkan akan menimbulkan sakit juga sampai melakukan operasi. Jadi, tidak ada kata menunda untuk minum air putih. 

5. Sistem pencernaan terhambat

5 Dampak Negatif Akibat Jarang Minum Air Putih, Jangan Jadi Kebiasaan!Unsplash/Sharon McCutcheon

Dampak negatif yang terakhir adalah sistem pencernaan akan terganggu. Jika kamu jarang dan susah buang air besar pertanda sistem pencernaan sudah terganggu. Ketika itu sudah terjadi, segera minum air putih karena mampu mengatasi susah buang air besar. Sebelum olahraga dan sarapan sangat baik minum air putih. Hal ini akan membuat sistem pencernaan lebih lancar dan nyaman. 

Itu tadi 5 dampak negatif akibat jarang minum air putih bagi kesehatan. Nah, mulai dari sekarang ubah kebiasaan buruk kamu dan mulai aktivitas pagi dengan minum air putih. 

Baca Juga: 7 Waktu Minum Air Putih yang Tepat, Bikin Tubuh Jadi Semakin Sehat

Martha Telaumbanua Photo Verified Writer Martha Telaumbanua

Penulis muda yang selalu berkarya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You