Comscore Tracker

5 Tips Cegah Stunting pada Anak, Calon Ibu Wajib Tahu! 

Memperhatikan pertumbuhan anak adalah yang terpenting 

Stunting merupakan keadaan seorang anak yang memiliki tubuh pendek dari anak seusianya. Hal ini perlu diperhatikan, baik itu sejak dalam kandungan sampai setelah melahirkan. Gangguan pertumbuhan ini kerap terjadi akibat asupan nutrisi yang kurang sejak awal mengandung. Maka dari itu, sang ibu harus penting mengetahui lima cara berikut untuk mencegah stunting pada anak. 

1. Memberi asupan nutrisi sehat saat hamil

5 Tips Cegah Stunting pada Anak, Calon Ibu Wajib Tahu! Pexels/VisionPic. net

Ibu yang mengandung wajib tahu nutrisi apa saja yang harus dipenuhi. Seperti makanan yang mengandung asam folat dan zat besi yang berguna untuk sumber nutrisi pertumbuhan anak dalam kandungan. Ketika nutrisi tidak terpenuhi maka, memberi pengaruh tidak baik pada kesehatan anak. Sehingga mudah terserang berbagai penyakit bukan hanya stunting. 

2. Mencegah kelahiran prematur

5 Tips Cegah Stunting pada Anak, Calon Ibu Wajib Tahu! Pexels/Garon Piceli

Kelahiran prematur sering terjadi akibat kurang menjaga kandungan agar selalu sehat. Jika terjadi kelahiran prematur, kemungkinan besar terkena stunting. Dan menjaga kandungan sehat bukan hanya dari segi makanan. Tetapi perlu melakukan olahraga yang ringan saat mengandung. Ini akan mencegah janin dari risiko stunting. 

Baca Juga: Kenalilah, Ini 7 Tanda Anak Stunting yang Perlu Kamu Tahu Sejak Dini

3. Setelah melahirkan penuhi gizi bayi

5 Tips Cegah Stunting pada Anak, Calon Ibu Wajib Tahu! Pexels/Wendy Wei

Setelah melahirkan, sang ibu harus menjaga kesehatan bayi. Misalnya memberi ASI dan makanan yang bernutrisi. Ketika gizi seimbang, maka akan melancarkan proses pertumbuhan anak agar tidak memiliki tubuh yang pendek atau kerdil. 

4. Menjaga kebersihan

5 Tips Cegah Stunting pada Anak, Calon Ibu Wajib Tahu! Pexels/Daria Shevtsova

Setelah melahirkan sang ibu harus menjaga kesehatan bayi. Misalnya memberi ASI dan makanan yang bernutrisi. Ketika gizi seimbang, maka akan melancarkan proses pertumbuhan anak agar tidak memiliki tubuh yang pendek atau kerdil. Alhasil, kamu sebagai orangtua tidak perlu takut lagi akan pertumbuhan anak yang memiliki tinggi standar seperti teman yang seusianya. 

5. Timbang berat badan bayi dengan rutin selama sebulan sekali

5 Tips Cegah Stunting pada Anak, Calon Ibu Wajib Tahu! Pexels/rawpixel.com

Dengan menimbang berat badan bayi, sang ibu dapat mengetahui tinggi ideal anaknya. Jika masih kurang, berarti penting asupan makanan bernutrisi agar menambah tinggi anak. Selain itu, menimbang berat badan akan menjaga tinggi badan tetap proposional. Dan hal ini akan membuat sang ibu mengetahui apakah anaknya terkena risiko stunting atau tidak. 

Nah, itu tadi lima tips sederhana agar mencegah stunting pada anak. Pertumbuhan anak adalah yang terpenting tujuannya, agar ia tumbuh sehat dan percaya diri. 

Baca Juga: Ini 7 Penyebab Umum Anak Stunting yang Perlu Diperhatikan Orangtua

Martha Telaumbanua Photo Community Writer Martha Telaumbanua

Penulis muda yang selalu berkarya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You