Comscore Tracker

10 Masalah Utama Kesehatan Pria, Jangan Sepelekan!

Jangan anggap remeh

Menurut Men's Health Network, kesejahteraan pria Amerika dapat mengalami kemunduran karena kurangnya kesadaran, pendidikan kesehatan yang lemah, pekerjaan yang tidak sehat, serta gaua hidup pribadi. Pria cenderung lebih tidak memperhatikan kesehatan dibanding wanita, menganggap bahwa dirinya tidak mudah terkena penyakit.

Hal tersebut dituliskan Will Courtenay, PhD, dokter spesialis kesehatan pria  dan penulis Helping Men Live Happier, More Fulfilling Lives dalam penelitiannya. Dia mengatakan bahwa rata-rata pria meninggal dunia lima tahun lebih muda atau lebih cepat daripada wanita.

Seperti yang dikutip dari healthline.com, berikut ada 10 jenis penyakit yang paling rentan menyerang pria.

1. Depresi

10 Masalah Utama Kesehatan Pria, Jangan Sepelekan!hopetocope.com

Para peneliti di National Institute of Mental Health (NIMH) memperkirakan bahwa setidaknya 6 juta pria menderita gangguan depresi, termasuk pikiran untuk bunuh diri, setiap tahun.

2. HIV/AIDS

10 Masalah Utama Kesehatan Pria, Jangan Sepelekan!medium.com

Pada tahun 2010, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyatakan bahwa 76 persen orang yang terinfeksi HIV adalah pria. Penelitian ini menambahkan bahwa laki-laki yang berhubungan seks dengan laki-laki bertanggung jawab atas sebagian besar infeksi HIV baru dan yang sudah ada. Laki-laki Afrika-Amerika memiliki tingkat infeksi HIV baru tertinggi di antara semua laki-laki.

3. Diabetes

10 Masalah Utama Kesehatan Pria, Jangan Sepelekan!heart.org

Pria dengan diabetes menghadapi risiko kadar testosteron yang lebih rendah dan impotensi seksual. Ini dapat menyebabkan peningkatan depresi atau kecemasan. Jika keluarga memiliki riwayat diabetes, penting untuk melakukan pemeriksaan secara berkala.

4. Penyakit jantung

10 Masalah Utama Kesehatan Pria, Jangan Sepelekan!cardiacrhythmnews.com

American Heart Association menyatakan bahwa lebih dari satu dari tiga pria dewasa memiliki beberapa bentuk penyakit kardiovaskular. Pria Afrika-Amerika bertanggung jawab atas 100.000 kematian akibat penyakit kardiovaskular lebih banyak daripada pria Kaukasia.

5. Alkohol

10 Masalah Utama Kesehatan Pria, Jangan Sepelekan!dietdoctor.com

CDC mengatakan pria memiliki angka kematian akibat alkohol yang lebih tinggi dibandingkan wanita. Pria dapat minum dua kali lebih banyak daripada wanita. Pria juga rentan terhadap peningkatan agresi dan kekerasan seksual terhadap perempuan saat mabuk akibat alkohol.

Baca Juga: 5 Tanda Seseorang Menderita Masalah Kesehatan Serius Terlihat di Kaki

6. Kecelakaan tanpa sengaja

10 Masalah Utama Kesehatan Pria, Jangan Sepelekan!nypost.com

CDC mencatat penyebab utama kematian pria pada tahun 2006 adalah kecelakaan tanpa sengaja. Ini termasuk tenggelam, cedera otak traumatis, dan kecelakaan terkait kembang api. Sebanyak 92 persen dari total 5524 laporan kecelakaan kerja mengalami cedera fatal.

7. Kanker kulit

10 Masalah Utama Kesehatan Pria, Jangan Sepelekan!aarp.org

Menurut Skin Cancer Foundation, dua pertiga dari kematian melanoma pada 2013 adalah laki-laki. Ini lebih dari dua kali lipat tingkat wanita. Enam puluh persen dari semua kematian melanoma adalah pria kulit putih di atas usia 50 tahun.

8. Penyakit paru-paru atau pernapasan

10 Masalah Utama Kesehatan Pria, Jangan Sepelekan!medisite.fr

Menurut American Lung Association, setiap tahun lebih banyak pria didiagnosis dan terserang kanker paru-paru dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Pria Afrika-Amerika memiliki risiko kematian akibat penyakit yang lebih tinggi dibandingkan dengan ras atau kelompok etnis lain. Sementara paparan bahaya pekerjaan seperti asbes meningkatkan risiko Anda, merokok tetap menjadi penyebab utama kanker paru-paru.

9. Penyakit hati

10 Masalah Utama Kesehatan Pria, Jangan Sepelekan!weartv.com

Menurut American Cancer Society, penggunaan alkohol dan tembakau meningkatkan peluang terkena penyakit hati. Seperti penelitian di atas, konsumsi alkohol pria lebih banyak sehingga rentan terhadap masalah hati.

10. Influenza dan pneumonia

10 Masalah Utama Kesehatan Pria, Jangan Sepelekan!sbs.com.au

Influenza dan pneumonia lebih sering menyerang pria dibanding wanita karena pria yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang terganggu karena penyakit paru-paru, diabetes, gagal jantung, AIDS, atau kanker lebih rentan terhadap penyakit ini.

Menurut America Lung Association, sekitar 25 persen pria lebih mungkin meninggal karena penyakit ini daripada wanita.

Itulah 10 masalah utama kesehatan yang mengancam pria dibanding wanita. Untuk mengantisipasi, terapkan pola hidup sehat dan lakukan pengecekan kesehatan secara rutin.

Baca Juga: 7 Masalah Kesehatan yang Paling Sering Diderita Orang Albino

Mayang Sari Sirait Photo Verified Writer Mayang Sari Sirait

This is me.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya