Comscore Tracker

5 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Membantu Orang dengan Gangguan Mental

Jangan mendiamkan, berikan perhatian

Gangguan mental merupakan permasalahan kejiwaan yang mempengaruhi pola pikir, perilaku dan hubungan interpersonal orang lain. Mereka yang mengalami gangguan mental merasa kesulitan untuk memenuhi ekspektasi orang di sekitar dan seringkali dituntut untuk bersikap seolah-olah tidak mengalami gangguan mental. Orang-orang dengan gangguan mental membutuhkan penerimaan terhadap diagnosis gangguan mental yang dihadapinya.

Sayangnya, pemahaman masyarakat Indonesia tentang kesehatan mental masih minim, karena itu harus lebih diperhatikan. Lalu bagaimana caranya kita sebagai orang yang ada di lingkungan sekitar penderita ganggu mental bisa membantu mereka? Berikut beberapa di antaranya.

1. Terima mereka

5 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Membantu Orang dengan Gangguan Mentalaskgirls.ru

Menerima orang dengan gangguan mental tidak hanya sekadar membiarkannya begitu saja. Tetapi, coba terima mereka dengan mendengarkan perasannya. Biarkan mereka menceritakan apa yang mereka alami. Karena kesulitan terbesar mereka adalah saat mereka diminta untuk bisa fit dengan lingkungan sekitarnya tanpa diberi bantuan apapun. Sehingga, saat mereka sudah tidak sanggup lagi, mereka akan melakukan upaya bunuh diri.

2. Jangan gampang menilai dan memberikan nasihat

5 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Membantu Orang dengan Gangguan Mentalunsplash.com/@trung18tuoi

Ketika orang dengan gangguan mental datang dan berkeluh kesah, mungkin kamu akan memberikan nasihat-nasihat seperti jangan bersedih, jangan menangis dan lain sebagainya. Padahal, nasihat-nasihat itu bukanlah hal yang paling mereka harapkan. Kejadian-kejadian negatif yang terjadi dalam hidup seseorang adalah given source yang Tuhan berikan dan tidak bisa diubah. Kejadian negatif tersebut juga dapat memberikan perasaan negatif alamiah seperti sedih ataupun kecewa, dan itu adalah hal yang wajar.

3. Beri respon yang positif

5 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Membantu Orang dengan Gangguan Mentalunsplash.com/@daiga_ellaby

Meskipun kesedihan adalah hal yang alami, setiap orang berhak untuk menentukan sikap selanjutnya saat perasaan negatif itu muncul. Jika mereka selalu berdiam diri di kamar, tidak mau makan, tidak produktif dan lain sebagainya, itu hanya akan membuat kejadian negatif mereka bertambah dan membuatnya semakin terpuruk.

Mereka jadi menarik diri dari lingkungan sosial sampai akhirnya muncul keinginan untuk bunuh diri. Ini merupakan lingkaran depresi yang harus dipatahkan dengan cara mengubah aksi. Ajak mereka untuk melakukan hal yang positif. Yakinkan mereka bahwa, you don't have to be ok to do something ok. Tidak apa-apa jika perasan mereka masih negatif, karena reaksi positif adalah pilihan mutlak sendiri.

Baca Juga: 4 Alasan Laki-laki Sulit Dapat Perawatan Gangguan Mental Menurut Ahli

4. Ingatkan mereka pada tujuan dan harapannya

5 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Membantu Orang dengan Gangguan Mentalunsplash.com/@doommedia

Ketika mereka datang kepadamu dengan menangis atau bersedih, ingatkan apa yang menjadi tujuan dan harapannya. Tujuan dan harapan adalah hal yang bisa membuat setiap orang bangkit dari keterpurukan. 

Keyakinan bahwa, besok akan lebih baik dari sekarang merupakan sebuah harapan yang bisa terus membuat orang tahu apa tujuannya dan keinginannya. Cobalah untuk mengajak mereka mencari harapan dengan ketenangan melalui ibadah, misalnya. Sampai akhirnya mereka dapat memaknai spiritualitas juga dapat membantu mereka untuk move on.

5. Biarkan mereka menikmati waktunya

5 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Membantu Orang dengan Gangguan Mentalunsplash.com/@belart84

Biarkan orang dengan gangguan mental merasakan kesedihannya dan menerima itu dengan baik. Ingatkan mereka bahwa tujuannya adalah untuk melalui kesulitan bukan menghindarinya. Sehingga, meskipun kesedihan itu masih ada, mereka tetap bisa produktif pergi bekerja, bertemu orang-orang, jalan-jalan ke mall, nonton bioskop, makan enak dan lain-lain.

Apapun itu, suruh mereka memberikan yang terbaik untuk dirinya sendiri. Yakinkan bahwa selama ini mereka sudah berbaik hati kepada orang banyak. Mengapa sulit untuk melakukannya terhadap diri sendiri? Sampai akhirnya kejadian negatif yang menimpa mereka berubah menjadi kejadian positif dan perasaan mereka pun ikut positif.

So guys, itu tadi beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk membantu orang dengan gangguan mental. Manusia adalah tempatnya berjuang, masalah akhirnya serahkan pada Tuhan. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Baca Juga: 8 Fakta OCD, Gangguan Mental yang Diderita Penyanyi Lauv

Melia Rosalina Photo Verified Writer Melia Rosalina

Menulis untuk belajar.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You