Comscore Tracker

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Bagi Ibu yang Sedang Hamil

Salah sedikit bisa mempengaruhi kesehatan ibu dan janin

Memiliki anak merupakan hal yang diinginkan banyak orang. Terlebih, jika kehamilan itu merupakan yang pertama kalinya. Sehingga, ada banyak yang perlu disiapkan dan diperhatikan. Mulai dari perlengkapan kehamilan sampai dengan kondisi kesehatan ibu dan janin yang dikandung. Termasuk beberapa hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Namun, ada pula beberapa hal yang boleh dilakukan tapi dalam batasan tertentu. Karena itu, jika kamu ataupun orang-orang di sekitarmu ada yang sedang hamil, sebaiknya lebih memperhatikan beberapa hal berikut ini

1. Olahraga ringan yang sesuai

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Bagi Ibu yang Sedang Hamilwomenssportsfoundation.org

Bagi ibu hamil, berolahraga tentu saja boleh. Tapi, olahraga yang dilakukan tentunya tidak boleh yang berat-berat karena beban jantung dan janin sudah cukup berat. Olahraga yang diperbolehkan bagi ibu hamil adalah senam hamil, yoga serta berenang dalam tahap yang sudah ditentukan atau tidak terlalu dibebaskan.

Senam hamil adalah olahraga yang paling disarankan untuk dilakukan karena dapat menenangkan tubuh ibu dan janin. Selain itu, juga dapat menenangkan alat reproduksi yang memudahkan proses kelahiran. Sementara itu, olahraga yoga di samping dapat melenturkan tubuh, juga bisa untuk melatih pernapasan agar saat akan melahirkan secara normal pengaturan napas sudah terlatih.

2. Perhatikan bahan jika ingin mewarnai rambut

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Bagi Ibu yang Sedang Hamilavianinfluenza.org.vn

Mewarnai rambut bukannya tidak dibolehkan, tetapi bahan dan merek tertentu harus diperhatikan. Penggunaan bahan pewarna rambut yang diperbolehkan adalah bahan-bahan alami seperti henna dan jika bisa, jangan sampai terkena kulit kepala. Bahan kimia yang terkena kulit bisa mempengaruhi kondisi janin dan tubuh. Jika ibu ingin mewarnai rambut, gunakan bahan alami dan lakukan pada ujung rambut saja, sehingga tidak terkena kulit kepala dan tetap aman.

3. Makan makanan yang memiliki nutrisi kompleks

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Bagi Ibu yang Sedang Hamilpexels.com/Garon Piceli

Makananlah makanan yang bergizi yaitu yang mengandung serat, vitamin, protein, lemak dan karbohidrat yang cukup. Jangan sampai ibu dan bayi jadi tekena penyakit seperti diabetes dan hipertensi yang disebabkan oleh makanan. Jadi, tetap diperhatikan omega tiga, serat, vitamin, protein, semua asupan-asupan serta susu untuk ibu hamil, supaya menjaga kesehatan ibunya serta janin yang dikandung. Hindari juga rokok, alkohol dan wine.

Baca Juga: Susah Hamil, 8 Hal Ini Bisa Menganggu Kesuburan Pria

4. Perhatikan posisi tidur

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Bagi Ibu yang Sedang Hamilspringair.com.sg

Posisi tidur, misalnya dengan cara terlentang saat awal kehamilan hingga trimester kedua tidak signifikan menentukan kesehatan janin. Tetapi, posisi tidur itu menentukan kesehatan bagi sang ibu. Tidur terlentang bisa menekan saluran pernapasan. Selain itu, pada saat bangun dari posisi terlentang membutuhkan effort yang lebih banyak. Risiko cidera tulang belakang pun jadi lebih besar. Oleh karena itu, untuk ibu hamil, disarankan melakukan posisi tidur dengan cara miring ke kanan ataupun ke kiri.

5. Mudah merasa lelah

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Bagi Ibu yang Sedang Hamilparents.com

Sering merasa lelah dan capek di trimester pertama pada ibu hamil adalah hal yang wajar. Rasa lelah banyak penyebabnya, tetapi yang perlu diperhatikan adalah apakah si ibu tidak bisa beraktivitas banyak? Apakah ibu memiliki riwayat hipertensi dan jantung? Lalu, apakah ini merupakan kehamilan pertama? Jika ini adalah kehamilan pertama, tentu bisa. Karena ibu belum terbiasa mengandung janin dan membawa makhluk hidup lainnya di dalam rahim. Jadi, untuk beban berjalan dan beban effort tambahan itu pasti ada.

So guys itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat ibu sedang hamil. Jadi, lebih berhati-hati dan jaga kesehatan baik ibu dan janinnya ya.

Baca Juga: Unik tapi Memang Ada! 10 Tradisi Kehamilan Keluarga Kerajaan Inggris

Melia Rosalina Photo Verified Writer Melia Rosalina

Menulis untuk belajar.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You