Comscore Tracker

7 Cara Aman Membersihkan Usus Besar agar Pencernaan Tetap Lancar

Dijaga ya makanannya..

Usus manusia memiliki panjang sekitar 5 kaki, tetapi, dengan ukuran sepanjang itu, kebanyakan orang cenderung hanya memberikan sedikit perhatian terhadap usus mereka. Padahal, usus merupakan salah satu organ dalam sistem pencernaan yang memainkan peranan penting dalam kehidupan sehari-hari. Karena itu, kamu tidak boleh mengabaikannya. Berikut terdapat 7 cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga usus besar tetap bersih dan sehat.

1. Tambahkan vitamin C ke dalam menu dietmu

7 Cara Aman Membersihkan Usus Besar agar Pencernaan Tetap Lancarunsplash.com/@twoluckyspoons

Vitamin C, ditemukan dalam banyak buah dan sayuran. Menurut sebuah penelitian pada tahun 2015, vitamin C dapat membantu membersihkan usus besar. Makan makanan seperti kangkung, brokoli, stroberi, dan smoothie lemon dapat membantu menjaga kesehatan usus besar secara keseluruhan.

2. Manfaatkan probiotik yang bisa melindungi usus

7 Cara Aman Membersihkan Usus Besar agar Pencernaan Tetap Lancarunsplash.com/@saracervera

Probiotik dapat membantu mencegah dan mengobati kanker usus besar. Probiotik merupakan bakteri baik yang dapat menghentikan peradangan dan meningkatkan konsistensi pergerakan usus. Dua fungsi kesehatan pencernaan yang berhubungan dengan usus besar. Probiotik tingkat tinggi ditemukan dalam makanan fermentasi seperti yogurt, cuka sari apel, kimchi, miso, kombucha, dan beberapa jenis keju.

3. Konsumsi lebih banyak makanan yang mengandung pati resisten

7 Cara Aman Membersihkan Usus Besar agar Pencernaan Tetap Lancarunsplash.com/@dancounsell

Pati resisten ditemukan dalam makanan nabati seperti kentang, beras, kacang-kacangan, pisang hijau, dan biji-bijian. Makanan tersebut dapat mempromosikan usus besar yang sehat dengan meningkatkan usus mikroflora. Sebuah tinjauan di tahun 2013 menemukan bahwa, mengkonsumsi makanan yang mengandung pati resisten dapat mengurangi risiko kanker usus besar.

Baca Juga: 5 Kesalahan Ini Bisa Memperlambat Sistem Metabolisme Tubuh

4. Minum lebih banyak air mineral

7 Cara Aman Membersihkan Usus Besar agar Pencernaan Tetap Lancarunsplash.com/@janasabeth

Asupan cairan yang rendah merupakan penyebab umum dari sembelit. Jadi minum 1,5 hingga 2 liter air setiap hari dapat mencegah permasalahan tersebut. Cara lain untuk membantu memenuhi kebutuhan asupan cairan tubuh adalah dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran yang memiliki kadar air tinggi, seperti mentimun, zucchini, seledri, tomat, melon, dan stroberi.

5. Pastikan untuk mengonsumsi makanan berserat tinggi

7 Cara Aman Membersihkan Usus Besar agar Pencernaan Tetap Lancarunsplash.com/@farbled

Makanan kaya serat berpengaruh terhadap pengurangan risiko kanker usus besar. Selain itu, makanan berserat tinggi menjadi makanan bakteri "baik" di dalam usus yang membantu mengurangi peradangan dan memperbaiki gangguan pencernaan seperti sindrom iritasi usus, penyakit Crohn, dan kolitis ulserativa. Beberapa makanan tinggi serat yang bisa membuat usus lebih sehat adalah raspberry, kacang hijau, brokoli, lentil, kacang-kacangan, dan biji-bijian utuh.

6. Minum teh herbal

7 Cara Aman Membersihkan Usus Besar agar Pencernaan Tetap Lancarunsplash.com/@lisahobbs

Teh herbal bermanfaat untuk membersihkan usus besar dalam tubuh. Menurut sebuah penyelidikan yang dilakukan oleh para peneliti Australia, ada hubungan antara konsumsi teh herbal dan risiko kanker usus yang lebih rendah. Ramuan pencahar seperti psyllium, lidah buaya, dan akar marshmallow dapat membantu mengatasi sembelit. Tetapi, pastikan untuk berbicara dengan doktermu sebelum mencoba ramuan tersebut. Karena, kadang-kadang ramuan itu bisa berbahaya.

7. Minum air larutan garam hangat

7 Cara Aman Membersihkan Usus Besar agar Pencernaan Tetap Lancarthehealthsite.com

Air asin dapat membersihkan usus besar ketika dipasangkan dengan pose yoga tertentu. Cobalah hal tersebut setiap pagi sebelum sarapan. Campurkan 2 sendok teh garam laut atau garam Himalaya dalam segelas air hangat. Minumlah dengan cepat dan ulangi prosesnya juga di malam hari.

So guys, apa kamu sudah mencoba ketujuh metode di atas untuk membersihkan usus besarmu? Atau ada cara lain yang bisa kamu lakukan? Bagikan di kolom komentar bawah ya!

Baca Juga: 6 Kebiasaan Inilah yang Akan Membuat Metabolisme Tubuhmu Melambat

Melia Rosalina Photo Verified Writer Melia Rosalina

Menulis untuk belajar.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya