Comscore Tracker

5 Buah Pemulih Setelah Menjalani Perawatan Kanker

Selama menjalani perawatan juga boleh dikonsumsi, kok

Kanker merupakan penyakit mematikan yang membuat segala asupan makanan perlu diperhatikan dengan benar. Dikutip laman Healthline, ahli kesehatan ternama, Rachel Link, MS, RD pernah menyatakan bahwa makanan kadang dapat memengaruhi efek samping yang ditimbulkan dari perawatan kanker dan membuatnya menjadi semakin buruk.

Efek yang ditimbulkan itu dapat berupa anemia, mulut kering, kelelahan, dan perubahan mood. Namun, hal ini tak perlu dirisaukan jika rajin mengonsumsi buah-buahan berikut setelah menjalani perawatan kanker.

1. Bluberi

5 Buah Pemulih Setelah Menjalani Perawatan KankerUnsplash.com/Joanna Kosinska

Bluberi mengandung serat, vitamin C, dan magnesium yang sangat baik untuk memperbaiki mood. Kandungan antioksidannya mampu melawan efek kanker, seperti muntah-muntah, perubahan nafsu makan, dan diare.

Bluberi juga bermanfaat dalam membantu mengembangkan proses kemoterapi otak. Pada momen tersebut, otak bisa saja mengalami kerusakan memori dan konsentrasi sebagai efeknya.

2. Jeruk

5 Buah Pemulih Setelah Menjalani Perawatan KankerUnsplash.com/Xiaolong Wong

Jeruk tak hanya enak dikonsumsi karena rasanya yang segar, manis, sekaligus sedikit asam, tetapi juga karena manfaatnya yang banyak. Jeruk merupakan sumber vitamin C terbaik untuk sistem imun tubuh. Dengan adanya vitamin ini, sistem tubuh menjadi lebih kuat ketika menjalani perawatan kanker.

Buah yang satu ini kaya akan folat dan potasium. Apabila dikonsumsi secara rutin, jeruk dapat menurunkan pertumbuhan sel kanker dan mempercepat penyerapan zat besi.

Baca Juga: 7 Makanan dan Minuman Pemicu Kanker, Hindari Sebelum Terlambat

3. Pisang

5 Buah Pemulih Setelah Menjalani Perawatan KankerUnsplash.com/Eiliv-Sonas Aceron

Pisang kaya akan kandungan B6, mangan, vitamin C, dan potasiumnya. Potasium dapat membantu menambah cairan elektrolit apabila seseorang mengalami diare setelah menjalani perawatan kanker.

Tak hanya itu, berbagai studi juga menunjukkan bahwa pisang mengandung banyak sekali pektin, yakni sejenis serat yang dapat mengurangi frekuensi diare dan melawan terjadinya kanker kolon.

4. Apel

5 Buah Pemulih Setelah Menjalani Perawatan KankerUnsplash.com/Aarón Blanco Tejedor

Buah yang satu ini mengandung berbagai macam zat-zat yang baik untuk kesehatan tubuh. Seratnya berguna untuk memperlancar proses pencernaan; potasiumnya mampu menjaga keseimbangan ingatan ketika melakukan kemoterapi; dan vitamin C-nya pun sangat bermanfaat dalam memperkuat sistem imun.

5. Anggur

5 Buah Pemulih Setelah Menjalani Perawatan KankerUnsplash.com/Maja Petric

Tak jauh beda dengan buah-buah sebelumnya, anggur ternyata juga berperan dalam pemulihan tubuh ketika sedang menjalani atau sudah menjalani perawatan kanker. Anggur mempunyai kandungan vitamin, mineral, antioksidan yang cukup tinggi.

Antioksidan dalam anggur ini biasanya berupa likopen, yaitu zat antikanker yang dapat mengurangi efek samping dari perawatan kanker dan menaikkan aliran darah ke otak ketika harus menjalani kemoterapi.

Nah, itu dia jenis buah-buahan yang dapat dikonsumsi selama atau setelah menjalani perawatan kanker. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Waspadai, 7 Hal Terlihat Sepele tapi Bisa Meningkatkan Risiko Kanker

Muna Waroh Photo Verified Writer Muna Waroh

Just a fangirl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya