Comscore Tracker

6 Alasan Gigi Terasa Sakit Mendadak, Bisa Jadi Pertanda yang Serius

Gak boleh disepelekan, ya!

Merawat kesehatan gigi dan mulut tak kalah pentingnya dengan merawat bagian tubuh lainnya. Jika kita tak memperhatikannya, maka berbagai permasalahan bisa muncul ke permukaan. 

Dalam jangka panjang, masalah ini akan menumpuk dan menjadi lebih serius. Bahkan, gangguan kesehatan gigi dan mulut bisa merambat ke masalah lainnya, seperti meningkatkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah serta diabetes.

Jika gigimu sering terasa sakit tiba-tiba, mungkin ada beberapa masalah yang mendasarinya. Untuk mengetahui lebih lanjut berbagai kemungkinan penyebabnya, yuk, perhatikan informasi lengkapnya berikut ini.

1. Karang gigi yang menumpuk

6 Alasan Gigi Terasa Sakit Mendadak, Bisa Jadi Pertanda yang Seriusilustrasi karang gigi (pixabay.com/Kreatikar)

Menggosok gigi dan melakukan flossing, atau teknik membersihkan gigi menggunakan sebuah benang sangat dianjurkan untuk menghilangkan bakteri dan sisa makanan. Namun ada kalanya residu makanan tak terangkat sehingga meninggalkan plak yang akhirnya berkembang menjadi karang gigi.

Jika dibiarkan menumpuk, karang gigi dapat memicu erosi gusi dan menyebabkan peradangan yang menimbulkan rasa sakit. Dilansir Healthline, akumulasi karang gigi dalam jangka panjang menyebabkan ukurannya membesar sehingga memicu kerusakan pada struktur gigi dan gusi.

2. Pertanda penyakit sinus

6 Alasan Gigi Terasa Sakit Mendadak, Bisa Jadi Pertanda yang Seriusilustrasi sakit kepala (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Apa gigimu sering merasa kesakitan saat sedang flu atau batuk? Jika ini terjadi cukup sering, maka bisa jadi ini pertanda bahwa kamu memiliki sinus. WebMD melansir, infeksi sinus atau sinusitis merupakan peradangan yang terjadi pada rongga sinus yang terletak di area hidung, pipi, dan dahi.

Perasaan nyeri yang ditimbulkan dari sinusitis biasanya sering dianggap sebagai sakit gigi biasa. Jika kamu merasakan nyeri selama 10 hari berturut-turut, kamu bisa berkonsultasi ke dokter untuk memeriksakan kondisimu.

3. Sering menggertakan dan mengatup gigi

6 Alasan Gigi Terasa Sakit Mendadak, Bisa Jadi Pertanda yang Seriusilustrasi menggertakan gigi (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Tanpa sadar, kita sering kali menggertakan gigi khususnya di situasi tertentu ketika kita merasa gugup atau marah. Namun kebiasaan ini ternyata berbahaya untuk kesehatan gigi dan mulut. Sebab gertakan memberikan tekanan pada gigi sehingga berisiko merusak enamel, permukaan terluar dan terkeras yang berfungsi melindungi gigi.

Akibatnya, kita sering merasa kesakitan saat mengunyah. Oleh karena itu, hindari menggertakan gigi terlalu sering. Jika kebiasaan ini terjadi saat tidur tanpa disadari, kamu bisa menggunakan mouthguard yang dikonsultasikan bersama dokter gigi.

Baca Juga: 5 Fakta Implan Gigi, Dinilai Lebih Unggul Ketimbang Gigi Tiruan!

4. Erosi gigi dan gusi

6 Alasan Gigi Terasa Sakit Mendadak, Bisa Jadi Pertanda yang Seriusilustrasi erosi gigi (pixabay.com/LionFive)

Erosi gigi disebabkan karena lapisan enamel yang terkikis. Terdapat banyak faktor yang menyebabkan hal ini. Yang pasti, erosi gigi menyebabkan tereksposnya lapisan dentin yang mengandung banyak saraf sehingga gigi lebih sensitif terhadap makanan tertentu.

Selain itu, erosi gusi juga berkontribusi dalam menyebabkan gigi ngilu. Erosi gusi ialah gusi yang merosot akibat beberapa faktor, salah satunya ialah karang gigi yang terakumulasi hingga membesar. 

5. Mengalami gingivitis atau radang gusi

6 Alasan Gigi Terasa Sakit Mendadak, Bisa Jadi Pertanda yang Seriusilustrasi sakit gigi (pixabay.com/Sammy-Sander)

Mungkin kamu pernah melihat dan mengalami gusi bengkak dan berwarna kemerahan. Sejatinya, Itu merupakan peradangan gusi yang biasa disebabkan oleh kebersihan dan higienitas rongga mulut yang rendah. 

Peradangan gusi bisa menimbulkan rasa sakit sakit ketika mengunyah, serta menyebabkan gigi ngilu. Tanpa penanganan yang tepat, peradangan gusi dapat melemahkan struktur gigi sehingga membuat gigi goyang. Ini dijelaskan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Amerika.

Ternyata, sakit gigi yang kita alami secara tiba-tiba bisa menjadi pertanda permasalahan gigi yang lebih serius. Karenanya kamu dianjurkan memeriksakan gigi setiap enam bulan sekali demi kesehatan gigi dan mulut yang optimal. Jangan lupa juga untuk rutin menggosok dan melakukan flossing gigi agar lebih bersih dan sehat.

Baca Juga: 7 Fakta Erosi Gigi, Gigi Aus karena Makanan dan Minuman Asam

Nadhifa Aulia Arnesya Photo Verified Writer Nadhifa Aulia Arnesya

A philosophy geek who spends most of her time browsing on the internet

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya