Comscore Tracker

Jago seperti Glenn Fredly, Ketahui 7 Cedera yang Sering Dialami Musisi

Bukan hanya atlet, musisi juga bisa cedera!

Indonesia baru saja kehilangan salah satu musisi legendanya, yaitu Glenn Fredly. Glenn Fredly meninggal pada hari Rabu, 8 April 2020, karena penyakit meningitis yang dideritanya. Musisi Indonesia yang satu ini memang sudah mengambil hati berbagai generasi dengan lagu-lagunya yang menyentuh ke relung terdalam hati. Untuk menjadi musisi luar biasa berbakat dan berprestasi seperti Glenn Fredly, tentu banyak tantangannya. Salah satunya adalah cedera yang berdampak ke kesehatanmu.

Berbicara soal cedera, mungkin kamu berpikir hanya atlet yang mengalaminya. Ini karena aktivitas yang mereka lakukan melibatkan tubuh dan fisik. Padahal, orang-orang dari kalangan profesi lain juga bisa mengalami cedera akibat pekerjaan yang mereka lakukan.

Salah satu contohnya adalah musisi. Rupanya, musisi berisiko terkena cedera tertentu, mulai dari tendonitis sampai bursitis. Simak penjelasannya di sini!

1. Sindrom carpal tunnel

Jago seperti Glenn Fredly, Ketahui 7 Cedera yang Sering Dialami Musisimountelizabeth.com.sg

Sindrom carpal tunnel mungkin terdengar asing di telinga kita. Ini adalah kondisi di mana median saraf tertekan, spesifiknya di area terowongan karpal di pergelangan tangan. Saraf ini mengontrol gerakan di semua jari, kecuali jari kelingking, terang laman Mount Elizabeth Hospitals.

Pergerakan pergelangan tangan yang kuat dan berulang bisa menyebabkan sindrom carpal tunnel. Kondisi ini sering dialami oleh para gitaris, baik gitaris akustik atau elektrik. Memijat tangan akan meringankan gejala untuk sementara. Tetapi, jika terasa sangat mengganggu, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter dan melakukan tindakan pembedahan.

2. Sindrom outlet toraks

Jago seperti Glenn Fredly, Ketahui 7 Cedera yang Sering Dialami Musisiquora.com

Para musisi instrumental berisiko mengalami sindrom outlet toraks. Kondisi ini juga dialami akibat trauma fisik, seperti pernah mengalami kecelakaan mobil, cedera akibat aktivitas berulang, kehamilan atau cacat anatomi bawaan dari lahir, ungkap laman Mayo Clinic.

Sindrom outlet toraks adalah gangguan di pembuluh darah atau saraf di ruang antara tulang selangka dan tulang rusuk pertama. Akibatnya, timbul rasa sakit di bahu dan leher serta mati rasa di jari-jari tangan. Sebelum melakukan tindakan medis untuk mengatasi sindrom ini, dokter akan memastikan ulang lewat X-ray, ultrasound dan CT scan.

3. Tendonitis

Jago seperti Glenn Fredly, Ketahui 7 Cedera yang Sering Dialami Musisisomaticmovementcenter.com

Cedera lain yang kerap dialami oleh para musisi adalah tendonitis. Ini adalah kondisi di mana tendon mengalami iritasi atau peradangan. Penyebabnya adalah postur tubuh yang buruk saat melakukan suatu aktivitas, ungkap laman Web MD. Semua orang dari segala kalangan usia bisa mengalami tendonitis, tetapi orang berusia di atas 40 tahun berisiko lebih tinggi.

Tendonitis bisa terjadi di beberapa bagian tubuh, seperti siku, bahu, panggul, lutut, pangkal ibu jari hingga tendon Achilles. Untuk mengatasinya, beristirahatlah, lalu lakukan kompres es di area yang terdampak. Apabila kondisi tidak membaik selama seminggu, segera temui dokter.

4. Rasa tegang pada punggung, leher dan bahu

Jago seperti Glenn Fredly, Ketahui 7 Cedera yang Sering Dialami Musisibcback.ca

Banyak pula musisi yang mengeluhkan ketegangan pada leher, bahu dan punggung. Penyebabnya bermacam-macam, mulai dari memegang alat musik dengan cara tertentu, memiliki postur tubuh yang buruk, memiringkan kepala atau mengangkat alat yang terlalu berat. 

Ciri-cirinya adalah mengalami rasa sakit yang tajam, sensasi terbakar, kram, kaku pada leher dan bahu serta kehilangan keleluasaan gerak, ungkap laman MedicineNet. Selain itu, otot dan saraf akan mengalami kelemahan karena terjadi peradangan. Umumnya, ini bisa diatasi dengan beristirahat. Tetapi, jika kondisi memburuk, tak usah ragu untuk pergi ke dokter.

Baca Juga: Suka Ngedance? Awas, Ini 7 Cedera yang Paling Sering Dialami Penari

5. Tenosynovitis De Quervain

Jago seperti Glenn Fredly, Ketahui 7 Cedera yang Sering Dialami Musisistretchcoach.com

Namanya terdengar unik, ya? Tenosynovitis De Quervain bisa terjadi pada gitaris yang memetik senar berulang-ulang. Akibatnya, pergelangan tangan akan mengalami nyeri hebat dan membuat pangkal ibu jari mengalami pembengkakan, tutur laman Stretch Coach.

Gejala yang bisa dikenali adalah nyeri di ibu jari dan pergelangan tangan. Rasa sakit ini bisa berkembang ke lengan bagian bawah. Untuk mengatasinya, cukup dengan beristirahat dan lakukan kompres es. Jika masih sakit, dokter biasanya akan memberi obat atau suntikan kortison ke daerah yang mengalami iritasi.

6. Ketegangan pada pita suara

Jago seperti Glenn Fredly, Ketahui 7 Cedera yang Sering Dialami Musisihealth.harvard.edu

Rupanya, cedera juga bisa dialami oleh para vokalis, yakni mengalami ketegangan pada pita suara. Akibat terlalu sering digunakan, pita suara bisa rusak dan sakit. Kita pun tidak bisa berbicara dengan normal selama beberapa saat, sampai pita suara pulih dengan sendirinya.

Meski begitu, ketegangan pada pita suara bisa berubah menjadi nodul atau polip jika terlalu parah dan tidak diobati. Untuk mencegah ini terjadi, disarankan agar tidak bernyanyi terlalu keras, apalagi sambil berteriak, terang Dr. Claudio Milstein di laman Cleveland Clinic.

7. Bursitis

Jago seperti Glenn Fredly, Ketahui 7 Cedera yang Sering Dialami Musisiorthoaustin.com

Terakhir, ada cedera bursitis yang sering dialami oleh pemain bass. Bursitis merupakan iritasi pada bursae, kantung kecil berisi cairan yang melindungi tulang, otot dan tendon di dekat sendi, ujar laman Orthopaedic Specialists of Austin. Gejalanya ialah timbul rasa sakit, bengkak, nyeri, kaku dan kemerahan.

Sama seperti beberapa cedera sebelumnya, bursitis timbul akibat gerakan berulang dalam waktu lama. Risiko bursitis akan semakin besar pada orang di atas usia 40 tahun karena persendian yang kian melemah. Bursitis bisa disembuhkan dengan terapi fisik.

Nah, itulah 7 cedera yang paling umum dialami oleh para musisi. Semoga informasi singkat ini bermanfaat, ya!

Baca Juga: 7 Cedera yang Paling Sering Dialami saat Bersepeda, Antisipasi ya!

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya