Comscore Tracker

Mengenal Teknologi ECG, Pengukur Aktivitas Listrik pada Jantung Kita

Bisa mendeteksi detak jantungmu, lho!

Teknologi di bidang kesehatan semakin maju dari hari ke hari. Kini, ada teknologi bernama elektrokardiogram (ECG) yang digunakan untuk memeriksa fungsi jantung kita. ECG bisa mengukur aktivitas listrik pada jantung dan bisa mendeteksi apabila ada aktivitas jantung yang tidak normal.

Seperti apa teknologi ECG ini dan bagaimana penerapannya di bidang medis? Dan bagaimana dengan teknologi ECG yang ada dalam smartwatch? Find the answer here!

1. Fungsi utamanya adalah mengukur dan mencatat aktivitas listrik pada jantung

Mengenal Teknologi ECG, Pengukur Aktivitas Listrik pada Jantung Kitascopeblog.stanford.edu

Sebelum beranjak lebih jauh, mari mengenal fungsi utama dari elektrokardiogram (ECG). ECG dipakai untuk mengukur dan mencatat aktivitas listrik yang melewati jantung. Data  ini bisa dipakai sebagai acuan untuk dokter. Nantinya, dokter akan menentukan apakah aktivitas listrik ini normal atau tidak, jelas laman Heart and Stroke Foundation.

2. Direkomendasikan untuk penderita aritmia dan penyakit jantung lainnya

Mengenal Teknologi ECG, Pengukur Aktivitas Listrik pada Jantung Kitamedlife.com

Siapa pun bisa memakai ECG untuk mengukur aktivitas jantung. Namun, ECG lebih direkomendasikan untuk penderita aritmia, nyeri dada atau jantung berdebar. Ini karena ECG bisa mendeteksi detak jantung yang abnormal atau iregular. ECG bisa digunakan sebagai langkah antisipasi sebelum kondisi jantung semakin buruk.

Baca Juga: 7 Fakta tentang Detak Jantung Normal, Faktor dan Cara Menghitungnya

3. Beginilah cara melakukan tes ECG secara konvensional

Mengenal Teknologi ECG, Pengukur Aktivitas Listrik pada Jantung Kitaverywellhealth.com

Ingin tahu seperti apa prosedur tes ECG konvensional? Tes ECG dilakukan dengan menempelkan sekitar 12-15 elektroda pada dada, lengan hingga kaki. Sensor pada bantalan elektroda akan mendeteksi aktivitas listrik pada jantung. Tes ini dilakukan dengan berbaring, tidak menyakitkan dan hanya memakan waktu sekitar 5-10 menit.

4. Sekarang teknologi ECG ditanamkan pada smartwatch!

Mengenal Teknologi ECG, Pengukur Aktivitas Listrik pada Jantung Kitawithings.com

Kini, teknologi ECG hadir dalam smartwatch terbaru! Teknologi ECG tersedia pada Apple Watch Series 4 dan Withings Move ECG. Nantinya, Amazfit Verge 2 akan menyusul dengan teknologi ECG! Detak jantung kita akan secara rutin tercatat dan data ini bisa ditransfer ke aplikasi kesehatan di gadget-mu! Kita bisa memantau detak jantung setiap saat, deh!

5. Namun, bukan berarti teknologi ECG pada smartwatch bisa menggantikan tes ECG konvensional, ya!

Mengenal Teknologi ECG, Pengukur Aktivitas Listrik pada Jantung Kitatheverge.com

Perlu diingat bahwa teknologi ECG yang ditanamkan dalam smartwatch adalah versi yang paling sederhana. Oleh karena itu, teknologi ini tidak bertujuan untuk menggantikan tes ECG medis yang lebih profesional. Meski bisa membantu melacak detak jantung setiap saat, selalu konsultasikan kondisi jantung kita dengan dokter, ya!

Nah, itulah teknologi ECG yang baru-baru ini ditanamkan dalam smartwatch. Apakah kamu tertarik untuk membeli smartwatch dengan teknologi ECG?

Baca Juga: Rekomendasi 7 Smartwatch Android Terbaik di 2019, Jadi Makin Stylish!

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya