Comscore Tracker

Kenali 7 Gejala Batu Amandel Sebelum Terlalu Terasa Menyakitkan

Coba periksa tanda-tanda berikut ini!

Pernahkah kamu mengalami penyakit batu amandel? Batu amandel terbentuk ketika sisa-sisa makanan, sel-sel mati, bakteri dan zat lainnya terperangkap di amandel. Kemudian, ini akan mengeras dan terbentuk batu amandel. Biasanya, batu amandel akan membengkak dengan ukuran yang bervariasi.

Kenali 7 Gejala Batu Amandel Sebelum Terlalu Terasa Menyakitkanthefitglobal.com

Tahukah kamu gejala batu amandel yang bisa kamu identifikasi? Coba periksa apakah kamu punya tanda-tanda berikut. Simak penjelasannya di bawah ini!

1. Bau mulut

Kenali 7 Gejala Batu Amandel Sebelum Terlalu Terasa Menyakitkanhouseofwellness.com

Gejala pertama yang bisa kamu identifikasi adalah timbulnya bau mulut. Ini karena batu amandel menyediakan rumah bagi bakteri anaerob dan menghasilkan sulfida berbau busuk. Biasanya, bau mulut ini akan muncul bersamaan dengan iritasi tenggorokan, ungkap laman Cleveland Clinic.

2. Adanya tekanan atau rasa sakit pada telinga

Kenali 7 Gejala Batu Amandel Sebelum Terlalu Terasa Menyakitkanfinehearingcare.com

Rasa sakit akibat batu amandel bisa menjalar kemana-mana. Batu amandel bisa menyebabkan tekanan dan rasa sakit pada telinga. Ini karena antara rongga mulut dan telinga saling berbagi jalur saraf. Rasa sakit pada telinga akan semakin parah ketika menelan atau membuka mulut, jelas laman Medical News Today.

3. Sakit tenggorokan

Kenali 7 Gejala Batu Amandel Sebelum Terlalu Terasa Menyakitkanparenting.firstcry.com

Batu amandel juga bisa menyebabkan sakit tenggorokan. Gejalanya ditandai dari rasa sakit, gatal atau iritasi pada tenggorokan. Rasa sakit ini akan semakin parah saat menelan makanan, jelas laman Mayo Clinic. Sulit untuk membedakan sakit tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi atau batu amandel, jadi lebih baik periksakan diri ke dokter, ya!

4. Adanya gumpalan putih di bagian belakang tenggorokan

Kenali 7 Gejala Batu Amandel Sebelum Terlalu Terasa Menyakitkanverywellhealth.com

Ini merupakan gejala batu amandel yang mudah diidentifikasi. Penyakit batu amandel menyebabkan munculnya gumpalan putih di bagian belakang tenggorokan. Namun, gumpalan putih ini tidak selalu terlihat. Kadang, gumpalan ini bersembunyi di lipatan amandel, jelas laman Web MD. Segera periksa apabila muncul gejala ini, ya!

Baca Juga: 4 Obat Alami Atasi Radang Amandel, Gak Perlu Operasi!

5. Merasa kesulitan untuk menelan

Kenali 7 Gejala Batu Amandel Sebelum Terlalu Terasa Menyakitkanmedicalnewstoday.com

Imbas dari sakit batu amandel membuat kita merasa kesulitan untuk menelan, baik makanan atau cairan. Gejala ini tergantung lokasi dan ukuran batu amandel. Semakin besar ukuran batu amandel, kita akan semakin kesulitan untuk menelan. Gejala ini juga masih berkaitan dengan gejala lain, seperti sakit tenggorokan, ungkap laman Web MD.

6. Amandel membengkak

Kenali 7 Gejala Batu Amandel Sebelum Terlalu Terasa Menyakitkanthelifesquare.com

Umumnya, ukuran amandel normal memiliki panjang maksimal 2,5 cm, lebar 2 cm dan tebal 1,2 cm. Namun, jika kamu mengalami penyakit batu amandel, ukuran amandel akan membengkak dan membesar! Ini terjadi ketika sisa-sisa makanan, sel-sel mati, zat kimia dan bakteri mengeras, menyebabkan infeksi dan pembengkakan, terang laman Web MD.

7. Merasakan sesuatu tersangkut di tenggorokan

Kenali 7 Gejala Batu Amandel Sebelum Terlalu Terasa Menyakitkankaylaitsines.com

Terakhir, penyakit batu amandel bisa menyebabkan sensasi aneh pada tenggorokan. Kita akan merasa seolah ada sesuatu yang tersangkut di tenggorokan, padahal tidak ada yang tersangkut di sana, ungkap Dr. Erich P. Voigt, profesor otolaringologi dari NYU Langone Medical Center, seperti dikutip dari laman Live Science.

Nah, itulah 7 gejala batu amandel yang bisa kamu identifikasi. Jika kamu mengalami gejala tersebut, jangan ragu untuk segera pergi ke dokter, ya!

Baca Juga: Sakit Tenggorokan? Ini 5 Cara Paling Mudah dan Ampuh Mengatasinya

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You