Comscore Tracker

8 Gejala Malnutrisi pada Orang Dewasa, Apakah Kamu Mengalaminya? 

Ketahui lewat penjelasan berikut ini!

Sebagian orang menganggap bahwa malnutrisi lebih banyak dialami oleh bayi dan anak kecil. Faktanya, malnutrisi bisa terjadi pada orang dewasa, lho! Berdasarkan data di tahun 2014, sekitar 462 juta orang dewasa mengalami kekurangan berat badan. Seseorang bisa dikategorikan malnutrisi apabila memiliki BMI di bawah 18,5.

Lantas, seperti apa ciri-ciri malnutrisi pada orang dewasa? Kenali gejalanya lewat artikel berikut ini! Baca sampai tuntas, ya!

1. Memiliki BMI di bawah 18,5

8 Gejala Malnutrisi pada Orang Dewasa, Apakah Kamu Mengalaminya? panorama.com

Body mass index (BMI) normal bagi orang dewasa berada di kisaran angka 18,5 sampai 24,9. Mereka yang memiliki BMI antara 17-18,5 dikategorikan sebagai malnutrisi ringan. Sementara, BMI 16-18 diidentifikasi sebagai malnutrisi sedang. Orang yang memiliki BMI di bawah 16 dikategorikan sebagai malnutrisi parah, terang laman News Medical.

2. Mengalami kelemahan otot

8 Gejala Malnutrisi pada Orang Dewasa, Apakah Kamu Mengalaminya? musculardystrophynews.com

Seseorang yang mengalami malnutrisi akan mengalami kelemahan otot. Otot-otot tubuh akan kehilangan kekuatan dan kesulitan melakukan aktivitas berat. Misalnya, dulu terasa mudah mengangkat karung beras seberat 10 kilogram, kini kita kesulitan untuk melakukannya. Bahkan, aktivitas sehari-hari bisa terganggu akibat kelemahan otot!

3. Kelelahan sepanjang hari

8 Gejala Malnutrisi pada Orang Dewasa, Apakah Kamu Mengalaminya? opinfo.net

Selain itu, waspadai apabila kamu mengalami kelelahan yang ekstrem. Orang dengan malnutrisi mengeluh kelelahan sepanjang hari dan kekurangan energi. Apa penyebabnya? Rupanya, ini disebabkan oleh anemia (kurangnya zat besi) dan bisa menyebabkan seseorang menjadi mudah kelelahan, terang laman News Medical.

4. Kulit dan rambut jadi kering

8 Gejala Malnutrisi pada Orang Dewasa, Apakah Kamu Mengalaminya? norgilcanada.com

Malnutrisi juga bisa menyebabkan kulit dan rambut jadi kering. Kulit kita akan berubah menjadi kering, rambut jadi kusam dan kehilangan kelembapan. Sementara, kuku akan berubah jadi rapuh dan mudah patah. Penyebabnya adalah kekurangan sejumlah nutrisi seperti zat besi, asam folat dan vitamin C, ujar laman Web MD.

Baca Juga: Miris, PBB Sebut Perempuan Korut Alami Malnutrisi dan Pemerkosaan

5. Mudah terluka dan sulit sembuh

8 Gejala Malnutrisi pada Orang Dewasa, Apakah Kamu Mengalaminya? aboutkidshealth.ca

Waspadai apabila kamu mudah infeksi dan terluka, namun sulit untuk sembuh. Hal ini terjadi karena kamu kekurangan protein, vitamin C dan vitamin K yang diperlukan untuk menyembuhkan luka. Vitamin C diperlukan untuk memperbaiki jaringan yang rusak, sementara vitamin K penting untuk pembekuan darah, ungkap laman Web MD.

6. Mengalami masalah pada gigi dan mulut

8 Gejala Malnutrisi pada Orang Dewasa, Apakah Kamu Mengalaminya? smartmouth.com

Malnutrisi bisa menyebabkan masalah pada gigi dan mulut. Apabila kamu mengalami pendarahan pada gusi atau iritasi pada gusi, itu tandanya kamu mengalami kekurangan vitamin C. Nutrisi yang buruk dan kekurangan vitamin serta mineral penting bisa membuat gusi dan gigi bermasalah, terang laman Web MD.

7. Menyebabkan menstruasi jadi tidak teratur

8 Gejala Malnutrisi pada Orang Dewasa, Apakah Kamu Mengalaminya? medlife.com

Mengalami penurunan berat badan yang sangat drastis dan memiliki berat badan di bawah rata-rata bisa menyebabkan gangguan hormon pada perempuan. Akibatnya, menstruasi jadi tidak teratur atau bahkan berhenti total pada perempuan yang mengalami kekurangan gizi, terang laman News Medical.

8. Sistem imun bekerja lebih lambat

8 Gejala Malnutrisi pada Orang Dewasa, Apakah Kamu Mengalaminya? everydayhealth.com

Respons sistem kekebalan tubuh tidak akan bekerja optimal pada seseorang yang mengalami malnutrisi. Tanpa nutrisi yang cukup, sistem kekebalan tubuh akan kehilangan kekuatannya untuk melawan penyakit atau infeksi. Penuhi nutrisimu dengan vitamin A, C, E serta protein dan seng (zinc) agar sistem imun jadi kuat, tegas laman Web MD.

Nah itulah 8 gejala malnutrisi pada orang dewasa yang perlu kita ketahui. Jangan lupa untuk selalu mengonsumsi makanan yang bernutrisi, ya!

Baca Juga: Akibat Perang di Yaman, 85 Ribu Anak Meninggal Karena Malnutrisi

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya