Comscore Tracker

Kencing Berwarna Gelap? Tanpa Disadari Bisa Disebabkan oleh 7 Hal Ini!

Ubah kebiasaanmu agar kembali normal!

Warna kencing manusia yang normal berkisar antara kuning pucat hingga kuning tua. Namun, apa jadinya jika warna urine tiba-tiba berubah menjadi kecokelatan atau bahkan kemerahan? Warna urine yang berubah menjadi gelap bisa jadi indikator atas kondisi kesehatanmu, jadi kamu perlu waspada dan berhati-hati.

Ada banyak faktor mengapa warna kencing manusia berubah menjadi gelap. Bagaimana penjelasan ilmiahnya? Simak selengkapnya di bawah ini!

1. Penanda dehidrasi

Kencing Berwarna Gelap? Tanpa Disadari Bisa Disebabkan oleh 7 Hal Ini!mdpremier.com

Kekurangan asupan cairan bisa menyebabkan warna urine menggelap. Apabila tubuhmu tidak menerima cukup air, maka konsentrasi urobilin dalam urine akan meningkat. Urobilin merupakan produk buangan tubuh yang dihasilkan dari pemecahan hemoglobin dan diperlukan untuk pembaruan sel darah.

Penjelasan lainnya datang dari laman Mayo Clinic. Dehidrasi disebabkan ketika volume air dalam tubuh habis. Apabila kita mengalami dehidrasi, maka ginjal akan memerintahkan tubuh untuk menahan air. Akibatnya, jumlah urine yang dikeluarkan akan lebih sedikit, lalu membuat warnanya menjadi lebih pekat dan gelap.

2. Berkaitan dengan masalah hati yang serius

Kencing Berwarna Gelap? Tanpa Disadari Bisa Disebabkan oleh 7 Hal Ini!familydoctor.org

Selain itu, warna urine yang menggelap adalah penanda masalah hati yang serius, seperti hepatitis atau penyakit kuning (jaundice). Penyebabnya adalah jumlah pigmen kuning (bilirubin) yang berlebihan yang diproduksi selama penguraian sel darah mati. Apabila hati tak berfungsi dengan baik, maka bilirubin tidak dikeluarkan dari tubuh, jelas laman STD.

Itulah alasan di balik warna kencing yang menjadi pekat dan gelap. Sementara, hepatitis akan memengaruhi kemampuan hati untuk melakukan fungsi-fungsi penting tubuh, semisal menyaring racun, memproduksi empedu, berkaitan dengan sistem metabolisme serta menyimpan mineral. Hepatitis akan membuat warna urine menjadi pekat.

3. Disebabkan oleh makanan tertentu

Kencing Berwarna Gelap? Tanpa Disadari Bisa Disebabkan oleh 7 Hal Ini!unsplash/andrew welch

Sebelum panik akibat warna urine yang menggelap, sebaiknya kamu mengingat-ingat apa yang kamu makan sebelumnya. Beberapa makanan bisa menyebabkan warna kencing berubah menjadi pekat, seperti kacang, buah bit, buah blackberry serta makanan yang mengandung karoten dan vitamin B, ujar laman STD.

Apabila disebabkan oleh makanan, jangan khawatir berlebihan, ya! Segera setelah kamu berhenti mengonsumsi makanan tersebut, maka warna urine akan berubah menjadi normal. Perubahan ini akan hilang seiring berjalannya waktu dan bukan penanda atas masalah kesehatan yang serius. You don't have to worry!

4. Tercampur oleh darah

Kencing Berwarna Gelap? Tanpa Disadari Bisa Disebabkan oleh 7 Hal Ini!everydayhealth.com

Kamu merasa tidak sedang dehidrasi atau mengonsumsi makanan tertentu? Tetapi, warna kencingmu gelap dan pekat? Bisa jadi, ini disebabkan oleh tercampurnya urine dengan darah! Salah satu penyebab mengapa ada darah di dalam air kencing adalah kondisi bernama hematuria, ungkap laman Everyday Health.

Hematuria menyebabkan sel darah merah bocor dari ginjal atau saluran kemih ke urine. Kondisi ini biasanya disertai dengan beberapa gejala tertentu, seperti rasa sakit ketika kencing, demam, sakit perut, mual dan muntah. Alasan lain mengapa ada darah di urine adalah karena infeksi, batu ginjal, masalah hati dan kanker!

Baca Juga: 6 Warna Urine Ini Bisa Tunjukkan Kondisi Kesehatan Tubuhmu

5. Disebabkan oleh obat-obatan tertentu

Kencing Berwarna Gelap? Tanpa Disadari Bisa Disebabkan oleh 7 Hal Ini!unsplash/Adam Nieścioruk

Ada obat-obatan tertentu yang menyebabkan warna urine menjadi gelap. Beberapa di antaranya adalah antibiotik, obat pencahar, obat pelemas otot dan anti malaria. Kandungan obat yang menyebabkan warna kencing berubah ialah methocarbamol, metronidazole, nitrofurantoin dan chloroquine, tutur laman Mayo Clinic.

6. Berkaitan dengan penyakit menular seksual

Kencing Berwarna Gelap? Tanpa Disadari Bisa Disebabkan oleh 7 Hal Ini!unsplash/Hush Naidoo

Rupanya, ada keterkaitan antara penyakit menular seksual dengan warna urine yang menggelap. Salah satu penyakit yang dimaksud adalah klamidia yang menyebabkan warna kencing berubah. Hal ini disebabkan oleh nanah yang ada di dalam urine yang membuatnya tampak keruh dan beraroma tak sedap, jelas laman Health Day.

7. Bisa disebabkan oleh hal-hal lain seperti ini!

Kencing Berwarna Gelap? Tanpa Disadari Bisa Disebabkan oleh 7 Hal Ini!healthdirect.gov.au

Selain kondisi yang disebutkan di atas, warna urine yang menggelap juga disebabkan oleh faktor lain. Di antaranya adalah terinfeksi virus dan keracunan alkohol. Dua hal ini bisa berkembang menjadi penyakit sirosis hati dan membuat organ hati rusak. Apabila organ hati rusak, maka warna urine yang diproduksi pun berubah menjadi lebih pekat.

Nah, itulah 7 hal yang menyebabkan warna urine berubah menjadi pekat dan gelap. Untuk mengatasinya, jangan lupa menjalani pola hidup sehat, ya!

Baca Juga: Kenali Penyakit Urine Sirup Maple, Mengubah Kencing Jadi Berbau Manis!

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Pinka Wima

Just For You