Comscore Tracker

7 Tanda Usus Tak Sehat, Perlu Kamu Ketahui Sebelum Semakin Parah!

Coba peka dan kenali tanda-tandanya

Usus adalah organ tubuh yang penting untuk mencerna dan menyerap nutrisi makanan yang kita makan. Organ ini dibagi menjadi tiga, yakni usus halus, usus besar dan usus buntu. Semuanya memiliki fungsi dan peran masing-masing bagi sistem pencernaan kita. Namun, kesehatan usus akan memburuk apabila diabaikan!

Mau tahu, seperti apa tanda-tanda usus yang tidak sehat? Dan apa yang bisa kita lakukan untuk memperbaiki keadaan? Simak selengkapnya di bawah ini!

1. Mengalami gangguan tidur atau kelelahan konstan

7 Tanda Usus Tak Sehat, Perlu Kamu Ketahui Sebelum Semakin Parah!dailyhunt.in

Ternyata, usus yang tidak sehat bisa menyebabkan gangguan tidur seperti sulit tidur atau insomnia. Hal ini diikuti dengan kelelahan kronis. Ini karena hormon serotonin diproduksi di usus. Hormon ini berfungsi untuk memengaruhi suasana hati dan tidur. Itulah mengapa kerusakan usus bisa mengacaukan kualitas tidur kita, jelas laman Healthline.

2. Mengalami intoleransi makanan

7 Tanda Usus Tak Sehat, Perlu Kamu Ketahui Sebelum Semakin Parah!foodnavigator.com

Intoleransi makanan membuat kita menghindari jenis makanan tertentu. Kualitas bakteri di usus disinyalir merupakan pemicu dari intoleransi makanan. Akibatnya, kita akan kesulitan mencerna makanan serta memicu kembung, diare, mual, sakit perut dan perut dipenuhi gas, ungkap laman Healthline.

3. Terjadi perubahan berat badan

7 Tanda Usus Tak Sehat, Perlu Kamu Ketahui Sebelum Semakin Parah!rush.edu

Pernahkah kamu mengalami perubahan berat badan secara tiba-tiba? Baik itu penurunan atau kenaikan berat badan? Padahal, kita tidak menjalani diet atau olahraga keras. Bisa jadi, hal ini adalah tanda ususmu sedang tak sehat!

Usus yang bermasalah akan mengganggu kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi, menyimpan lemak dan mengatur kadar gula darah, terang laman Healthline. Biasanya, penurunan berat badan disebabkan pertumbuhan berlebih bakteri di usus kecil. Di sisi lain, kenaikan berat badan disebabkan oleh penurunan penyerapan nutrisi di usus.

4. Mengalami iritasi kulit

7 Tanda Usus Tak Sehat, Perlu Kamu Ketahui Sebelum Semakin Parah!powerofpositivity.com

Rupanya, ada keterkaitan antara masalah usus dengan kulit. Misalnya, penyakit radang usus kronis yang memengaruhi usus besar akan menyebabkan masalah kulit. Sementara, peradangan di usus akan meningkatkan kebocoran protein di tubuh. Sehingga, ini akan mengiritasi kulit, memunculkan ruam dan menyebabkan eksim, tutur laman Healthline.

Baca Juga: 7 Masalah Pencernaan yang Paling Sering Terjadi dan Cara Mengatasinya

5. Membuat kondisi perut menjadi tidak nyaman

7 Tanda Usus Tak Sehat, Perlu Kamu Ketahui Sebelum Semakin Parah!thejakartapost.com

Usus yang tidak sehat akan menyebabkan masalah pada perut. Alhasil, kita akan mengalami gangguan perut, seperti sembelit, diare, kembung, mulas dan perut dipenuhi gas, ungkap laman Healthline. Contohnya, sindrom iritasi usus akan menyebabkan sakit perut dan kram yang akan berkurang setelah buang air besar, ujar Medical News Today.

6. Membuatmu ingin makan makanan manis

7 Tanda Usus Tak Sehat, Perlu Kamu Ketahui Sebelum Semakin Parah!sweetdefeat.com

Jika kamu sering makan makanan olahan atau makanan yang diberi gula tambahan, maka jumlah bakteri baik di usus akan menurun. Alhasil, jumlah bakteri baik dan buruk menjadi tidak seimbang. Menurut laman Healthline, hal ini bisa memicu sugar craving alias terjadi peningkatan keinginan untuk makan makanan manis dan akan memperparah usus.

7. Meningkatkan risiko terkena penyakit autoimun

7 Tanda Usus Tak Sehat, Perlu Kamu Ketahui Sebelum Semakin Parah!cancercenter.com

Terakhir, usus yang tidak sehat akan meningkatkan peradangan sistemik dan memengaruhi sistem kekebalan tubuh. Apabila dibiarkan dan tidak ditangani dengan benar, maka akan menyebabkan penyakit autoimun, di mana tubuh akan menyerang dirinya sendiri, bukan melindungi kita dari virus, bakteri atau kuman berbahaya.

Nah, itulah 7 tanda-tanda kalau ususmu sedang tidak sehat. Jika merasakan gejala tersebut, tak perlu ragu untuk memeriksakan diri, ya!

Baca Juga: 7 Cara Aman Membersihkan Usus Besar agar Pencernaan Tetap Lancar

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya