Comscore Tracker

5 Manfaat Nonton Film Horror Bagi Kesehatan

Kabar baik bagi pecinta film horror, nih

Rasanya menonton film horor saat weekend akan menjadi salah satu hal yang seru jika dilakukan bersama teman atau keluarga, bukan? Tentunya kamu gak bakal ketakutan sendiri, deh. Film horor memang sangat identik dengan sesuatu yang menakutkan, menyeramkan dan menegangkan.

Sehingga gak jarang hal ini menyebabkan sebagian orang menolak untuk diajak menonton film horor.  Mungkin banyak yang belum tahu nih, jika film horor bukan hanya memberikan sensasi yang menegangkan. Namun, dibalik itu ada manfaat tersembunyi menonton film horor bagi kesehatan, lho! Gak percaya? Yuk, simak 5 manfaatnya berikut ini.

1. Dapat mengurangi stres

5 Manfaat Nonton Film Horror Bagi Kesehatanpexels.com/Andrea Piacquadio

Melansir dari laman Well and Good, seorang peneliti  mengatakan bahwa mereka yang mengalami pengalaman menyenangkan dan menakutkan cenderung merasa lebih bahagia dan tidak merasa terlalu cemas. Seorang ahli sosiologi bernama Margee Kerr, mengatakan

“Penelitian yang dilakukan rekan saya dan saya menunjukkan bahwa rangsangan negatif yang berangsur tinggi meningkatkan suasana hati secara signifikan. Berbagai neurotransmiter dan hormon yang dilepaskan selama pengalaman itu bisa menjelaskannya."

Nah, dengan menonton film horor, kamu dapat melepaskan emosi akibat stres atau tekanan lainnya. Kamu juga perlu melampiaskan emosi untuk membuat hatimu lebih lega. Daripada kamu melampiaskannya dengan hal yang gak berguna, film horor adalah cara sederhana yang bisa kamu coba untuk mengurangi stres.

2. Membantu membakar kalori

5 Manfaat Nonton Film Horror Bagi Kesehatanpexels.com/JESHOOTS.com

Rasanya tidak percaya saat mengetahui manfaat yang satu ini, bukan? Ya, terdengar sedikit aneh. Selain berolahraga, nyatanya menonton film horor juga dapat memacu adrenalinmu, lho! Hormon inilah yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga tubuhmu akan lebih cepat membalar kalori.

Melansir dari The Guardian, menurut sebuah studi baru oleh para peneliti di University of Westminster, bahwa mereka yang menonton film horor selama 90 menit kemungkinan besar akan membakar kalori rata-rata hingga 113 kalori. Jumlah ini sama dengan kamu berjalan kaki hampir 30 menit. Disebutkan beberapa film yang paling efektif dalam membakar kalori dari 10 film yang diteliti adalah Stanley Kubrick The Shining (184 kalori), Jaws (161 kalori) dan The Exorcist (158 kalori).

Gimana kamu tertarik untuk menontonnya?

3. Meningkatkan fungsi otak

5 Manfaat Nonton Film Horror Bagi Kesehatanpexels.com/JESHOOTS.com

Melansir dari laman Starbust Magazine, bahwa faktanya film horor dapat meningkatkan aktivitas otak. Beberapa penelitian ilmiah menemukan bahwa adegan menakutkan dalam film horor membantu meningkatkan tingkat adrenalin dan melepaskan neurotransmiter di otak.

Selain itu, banyak orang yang menonton film horor tidak begitu saja mengikuti alurnya, lho! Namun, penonton akan ikut menganalisis semua yang terjadi dalam film horor yang mereka tonton. Bahkan ada juga yang memikirkan tentang apa yang akan terjadi dalam film tersebut. Hal ini tentu saja dapat membantu mengasah dan meningkatkan fungsi otak.

Baca Juga: 5 Film Horor yang Terinspirasi dari Dongeng Populer, Bikin Merinding!

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

5 Manfaat Nonton Film Horror Bagi Kesehatanpexels.com/Mary Taylor

Bukan hanya meningkatkan fungsi otak, ternyata film horor juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, lho! Hal ini cukup mengejutkan karena untuk mendapatkan sistem kekebalan tubuh yang baik biasanya didapatkan dari pola hidup sehat.

Melansir dari Medicareful, sebuah temuan dari studi pembakaran kalori menyebutkan bahwa film horor dapat memperkuat sistem kekebalan tubuhmu.  Salah satu alasannya karena adanya peningkatan leukosit, yang melindungi tubuh dari penyakit menular. 

Adapun studi lain yang diterbitkan dalam Journal Stress, mengungkapkan bahwa menonton film horor juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuhmu dalam jangka pendek dengan meningkatkan sirkulasi darah dan sel darah putih (melawan infeksi). 

5. Mengurangi rasa takut dan kecemasan

5 Manfaat Nonton Film Horror Bagi Kesehatanpexels.com/Pixabay

Terdengar cukup unik, bukan? Film horor sangat identik dengan hal yang menyeramkan dan tentunya bisa bikin kamu ketakutan. Sedangkan disebutkan oleh penelitian bahwa dengan menonton film horor kamu dapat mengurangi rasa takut dan cemas itu sendiri.

Melansir dari Medicareful, dalam wawancara dengan Broadly, Dr. Mathias Clasen menjelaskan bagaimana film menakutkan membantumu mengatasi kekhawatiran. Hal ini memberi otak kita kesempatan untuk mengatasi kecemasan. Studi juga menunjukkan bahwa kecemasan yang disebabkan film memiliki hubungan positif dengan beberapa bagian otak. 

Nah, itulah tadi 5 manfaat yang bisa kamu dapatkan dari menonton film horor. Jadi sekarang apakah kamu masih menolak untuk nonton film horor atau film horor sudah jadi list dalam film favoritmu? Namun, perlu diingat bukan berarti kamu jadi keseringan nonton film horor, karena apapun sesuatu yang berlebihan malah akan menimbulkan efek negatif.

Baca Juga: 5 Film Horor Terbaru yang Paling Dinanti di 2021, Seramnya Bukan Main!

Vera Yunii Photo Verified Writer Vera Yunii

Senang menulis untuk berbagi informasi :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya