Comscore Tracker

5 Manfaat Minyak Biji Anggur bagi Kesehatan dan Kecantikan, Intip Yuk!

Meski belum populer, tidak ada salahnya mencoba

Mungkin masih banyak yang belum tahu manfaat yang bisa didapatkan dari minyak biji anggur. Selain anggurnya yang diolah untuk pembuatan wine, perasan minyak dari biji anggur memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, kecantikan dan bisa digunakan sebagai aromaterapi. Apa saja manfaat minyak yang dihasilkan dari biji anggur ini? Intip penjelasan berikut ini ya!

1. Mengurangi risiko kolesterol dan penyakit jantung

5 Manfaat Minyak Biji Anggur bagi Kesehatan dan Kecantikan, Intip Yuk!Pexels.com/Jessica Lewis

Minyak biji anggur yang kaya akan omega-6 dan asam lemak tak jenuh ganda (PUFAS) dapat mengurangi risiko kolesterol dan penyakit jantung, hanya dengan mengonsumsi secara teratur. Kamu bisa menggunakan minyak biji anggur untuk menumis, menggoreng dengan metode deep fried, memanggang atau menjadikannya sebagai dressing salad.

Asam lemak tersebut juga dapat digunakan sebagai pengganti lemak jenuh dan lemak trans dalam makanan, hal ini dinyatakan oleh American Heart Association. Di sisi lain, jika dikonsumsi berlebihan akan menyebabkan peradangan, penyakit kronis dan kanker, ujar laman Medical News Today.

2. Sumber vitamin E terbaik

5 Manfaat Minyak Biji Anggur bagi Kesehatan dan Kecantikan, Intip Yuk!Pexels.com/Pixabay

Vitamin E adalah vitamin yang berfungsi sebagai antioksidan, yang membantu melindungi sel-sel kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Berdasarkan riset yang dikutip oleh laman Medical News Today, vitamin E dari minyak biji anggur bisa memperlambat perkembangan demensia atau kepikunan.

Bahkan, minyak biji anggur merupakan sumber vitamin E yang lebih baik dari minyak zaitun. Vitamin E juga mendukung sistem kekebalan tubuh, lho. Sehingga, kamu tidak mudah jatuh sakit!

Baca Juga: Kuatkan Imunitas, Ini 6 Manfaat Mengonsumsi Si Manis Buah Raspberry

3. Baik untuk kesehatan kulit

5 Manfaat Minyak Biji Anggur bagi Kesehatan dan Kecantikan, Intip Yuk!Pexels.com/Andrea Piacquadio

Kandungan omega-6 dan vitamin E yang terdapat dalam minyak biji anggur ini dipercaya dapat melembabkan kulit, menyembuhkan jerawat, mencerahkan kulit, mengencangkan pori-pori, mengurangi tampilan bekas luka dan manfaat kecantikan lainnya.

Menurut riset dari Linus Pauling Institute, asam lemak omega-6 dan omega-3 sangat penting untuk fungsi dan penampilan kulit. Selain itu juga dapat membantu mengurangi peradangan di lapisan tengah dan luar kulit. Teteskan minyak biji anggur lalu oleskan dan pijat kulit secara rutin sebelum tidur. Niscaya, kamu akan bangun dalam keadaan glowing!

4. Memperbaiki kondisi rambut

5 Manfaat Minyak Biji Anggur bagi Kesehatan dan Kecantikan, Intip Yuk!Pexels.com/Deena

Pada umumnya, minyak zaitun atau minyak kelapa baik untuk rambut tetapi bisa membuat rambut terasa berat dan terlihat sangat berminyak. Berbeda dengan minyak biji anggur yang ringan, dapat menambah kelembaban, kekuatan, dan kilau rambut.

Asam linolenat yang terkandung dalam minyak biji anggur ini diduga dapat merangsang pertumbuhan rambut, ujar laman Medical News Today. Kandungan flavonoid atau yang sering disebut dengan oligomer procyanidin ini adalah antioksidan yang kuat sehingga dapat digunakan sebagai obat alami untuk kebotakan.

5. Bisa digunakan untuk aromaterapi

5 Manfaat Minyak Biji Anggur bagi Kesehatan dan Kecantikan, Intip Yuk!Pexels.com/Breaking Pic

Minyak biji anggur dapat digunakan untuk aromaterapi yang bermanfaat untuk meredakan kecemasan dan mengurangi stres, ungkap laman Medical News Today. Selain itu, minyak ini juga bisa dipakai pada saat massage, kelembutannya dapat membuat tubuh lebih rileks. Coba dan buktikan sendiri khasiatnya!

Nah itulah lima manfaat yang bisa didapatkan dari minyak biji anggur. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Baca Juga: Kaya Manfaat, 5 Jus Ini Cocok Dikonsumsi Sebelum dan Sesudah Workout 

Nimah Dia Photo Writer Nimah Dia

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya