Comscore Tracker

Permasalahan Banyak Perempuan! 5 Fakta Selulit yang Harus Kamu Ketahui

Penampilan juga penting, lho

Kulit yang mulus, kencang, dan jauh dari permasalahan kulit merupakan dambaan setiap perempuan. Namun, banyak perempuan dewasa akan mengalami masalah kulit, seperti strech mark maupun selulit. Orang sering salah membedakan dua masalah kulit yang sering dialami banyak perempuan tersebut.

Strech mark lebih terlihat seperti garis putih atau guratan pada kulit karena peregangan kulit. Sementara, selulit adalah kondisi kulit yang tidak rata atau bergelombang karena tumpukan lemak di bawah kulit, biasanya diasosiasikan seperti kulit jeruk. Dilansir laman Health dan Scientific American berikut fakta tentang selulit yang harus kamu ketahui.

1. Mengapa perempuan lebih sering terkena selulit dibanding laki-laki?

Permasalahan Banyak Perempuan! 5 Fakta Selulit yang Harus Kamu Ketahuiunsplash.com/Form

Penelitian yang dilakukan Rosenbaum dan Muller menyatakan bahwa struktur jaringan ikat pada laki-laki dan perempuan jelas berbeda. Pada perempuan, susunan jaringan ikat membentuk persis seperti susunan pagar yang tersusun sejajar vertikal. Berbeda dengan laki-laki yang memiliki susunan jaringan ikat menyilang sehingga saling terhubung.

Hal ini yang menyebabkan laki-laki memiliki jaringan ikat yang mampu menahan lemak lebih baik dan kuat. Selain itu, jaringan epidermis dan dermis pada laki-laki lebih tebal seperti di bagian paha dibanding dengan perempuan. 

2. Aktivitas fisik memengaruhi jumlah selulit

Permasalahan Banyak Perempuan! 5 Fakta Selulit yang Harus Kamu Ketahuipexels.com/Nathan Cowley

Perkembangan era seperti sekarang ini tidak dapat dimungkiri membuat manusia membatasi gerak mereka. Kemudahan yang didapat dari teknologi mendukung seseorang untuk bisa melakukan sesuatu dengan usaha seminimal mungkin. Namun, secara tak langsung, ternyata ini sangat berdampak bagi kesehatan, terutama pada perempuan.

Pada era 70-an hingga 80-an, permasalahan kulit diketahui belum menjadi sebuah masalah bagi para perempuan. Globalisasi dan era industri selain menjadikan manusia malas untuk bergerak, juga mendukung pola hidup tidak sehat.

Orang yang sering mengonsumsi makanan organik dan sering melakukan aktivitas fisik akan memiliki sedikit selulit, bahkan tidak ada. Jadi, sering-seringlah berolahraga untuk mencegah selulit dan mengurangi timbunan lemak di kulit.

Baca Juga: 10 Masalah Kulit yang Tidak Boleh Kamu Remehkan, Segera ke Dokter ya!

3. Selulit dipengaruhi faktor hormonal dan juga usia

Permasalahan Banyak Perempuan! 5 Fakta Selulit yang Harus Kamu Ketahuiunsplash.com/Priscilla Du Preez

Tidak dapat dimungkiri bahwa usia berpengaruh terhadap semakin menurunnya kondisi kulit. Semakin bertambah usia perempuan, akan semakin sedikit pula hormon yang diproduksi.

Hormon seperti estrogen, insulin, dan prolaktin bertanggung jawab dalam mencegah produksi selulit. Estrogen bertanggung jawab dalam menjaga aliran darah di pembuluh darah menjadi lancar sehingga jika jumlahnya berkurang, pastinya aliran darah juga akan tidak lancar.

Hal ini dapat berdampak pula pada produksi kolagen baru dan rusaknya jaringan ikat pada kulit. Pertambahan usia juga diperparah dengan semakin tidak elastisnya kulit, semakin menipis, dan juga bergelambir. Faktor ini semakin membuat selulit terlihat buruk dan semakin terlihat jelas.

4. Selulit dapat diwariskan dari gen keluarga

Permasalahan Banyak Perempuan! 5 Fakta Selulit yang Harus Kamu Ketahuipixabay.com/Giselaatje

Seorang anak yang memiliki orangtua atau kakek nenek yang memiliki selulit akan memiliki kemungkinan besar untuk memiliki selulit pula. Hal ini karena faktor genetik berpengaruh dalam kesamaan kecepatan metabolisme, distribusi lemak di bawah kulit, dan juga tingkat peredaran darah.

Beberapa faktor tersebut sudah cukup menggambarkan kemungkinan untuk mewaspadai dari timbulnya selulit pada kulit.

5.Nyatanya, pengobatan untuk menghilangkan selulit secara permanen masih dikembangkan

Permasalahan Banyak Perempuan! 5 Fakta Selulit yang Harus Kamu Ketahuipexels.com/Vidal B Jr

Begitu banyak cara yang coba dilakukan untuk menghilangkan selulit, mulai dari pemakaian krim, minyak, laser, injeksi, bahkan juga operasi.

Perawatan kecantikan dan kulit menawarkan berbagai cara untuk bisa meminimalkan tampilan selulit, bahkan menghilangkannya. Ada banyak terapi yang dilakukan untuk menghilangkan selulit, tetapi belum ada yang dikonfirmasi oleh penelitian ilmiah.

American Academy of Dermatology (AAD) telah meninjau sejumlah teknik yang mungkin berhasil dalam mengurangi selulit yaitu dengan memecah ikatan jaringan ikat di bawah permukaan kulit, misalnya dengan subcision, carboxytherapy, atau endermologie.

Oleh karenanya, jika kamu tidak memiliki atau belum memiliki masalah kulit, seperti selulit atau strech mark, lebih baik menghindarinya. Jaga pola makan sehat dan rutin lakukan aktivitas fisik untuk mendapatkan kulit sehat dan jauh dari masalah kulit.

Baca Juga: Wajib Waspada! 5 Masalah Kulit Ini Bisa Jadi Indikasi Penyakit Kronis

It's Me, Sire Photo Verified Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya