Comscore Tracker

6 Fakta Stroke Ringan, Kenali Gejala & Penyebabnya Sebelum Menyerangmu

Stroke tidak mengenal usia, bisa menyerang siapa saja

Pernahkah kamu mengalami tubuh terasa kaku secara tiba-tiba, atau wajah terasa berat? Gejala yang dirasakan bisa jadi tanda awal kamu terserang stroke ringan. Stroke ringan atau ministroke merupakan penyakit seperti stroke, namun hanya berlangsung sementara dan tidak menyebabkan kerusakan permanen. 

Menurut Medanta, dalam ilmu medis stroke ringan disebut Transient Ischemic Attack (TIA). Penyakit ini mudah menyerang siapa saja, sehingga penting sekali untuk mengenali gejala dan penyebabnya. Berikut beberapa fakta stroke ringan yang perlu kamu pahami dengan baik. 

1. Apa itu stroke ringan atau TIA

6 Fakta Stroke Ringan, Kenali Gejala & Penyebabnya Sebelum Menyerangmustroke.org

Menurut data, setiap 1 hingga 3 orang yang terserang TIA lebih berisiko tinggi terserang stroke berat. Transient Ischemic Attack (TIA) adalah serangan sementara yang terjadi akibat penyumbatan aliran darah ke otak. Penyakit itu tidak boleh disepelekan karena menjadi peringatan penting kamu terserang stroke full blown.

Dilansir dari Medical News Today, diperkirakan 500.000 orang di Amerika Serikat terserang TIA dalam setahun.Tubuh secara tiba-tiba merasa lemah hingga mati rasa. Rasa pusing yang menyerang kepalamu dipicu oleh stroke ringan tersebut. Meskipun gejalanya hanya sementara, kamu perlu waspada terhadap penyakit ini. 

2. Gejala stroke ringan yang hampir mirip stroke

6 Fakta Stroke Ringan, Kenali Gejala & Penyebabnya Sebelum Menyerangmurecepta.pl

Gejala yang kamu rasakan saat terserang stroke ringan harus dipahami terlebih dahulu. Stroke datang tanpa indikasi, sehingga sulit sekali mencegahnya dari dini. Untuk area wajah, gejala awal akan membuatmu kesulitan saat tersenyum. Selain itu, diperparah dengan masalah bicara.

Tak menutup kemungkinan kamu akan berkata seperti orang cadel dan tidak jelas. Ada pula gejala lain seperti penglihatan kabur, kesulitan menyeimbangkan koordinasi tubuh dan paralisis parsial. Sebaiknya, pahami perubahan fisikmu, terutama masalah sakit kepala yang sering terjadi.  

3. Beberapa penyebab serangan stroke ringan

6 Fakta Stroke Ringan, Kenali Gejala & Penyebabnya Sebelum Menyerangmumyrtwellbeing.org.uk

Stroke ringan terjadi karena penyumbatan aliran darah yang menuju otak. Hal ini membuat otak kehilangan asupan darah yang cukup, penggumpalan menyebabkan kamu tiba-tiba mati rasa. Beberapa kondisi medis lain bisa memicu sehingga menjadi penyebab umum terjadinya stroke ringan. 

Penyakit seperti tekanan darah tinggi, aterosklerosis atau penumpukan plak yang menyempitkan arteri, penyakit arteri karotis dan diabetes menjadi penyebab umum serangan stroke. Penderita diabetes dan kolesterol tinggi berpotensi juga mengalami stroke ringan hingga stroke berat.

Baca Juga: 5 Jenis Penyakit Ini Bikin Hari-harimu Gak Maksimal, Jangan Sepelekan!

4. Faktor risiko yang sering terjadi

6 Fakta Stroke Ringan, Kenali Gejala & Penyebabnya Sebelum Menyerangmuen.womenrightful.com

Beberapa faktor risiko memungkinkan terjadi yang meningkatkan kamu terserang TIA. Untuk orang yang berusia 55 tahun ke atas, risikonya menjadi lebih tinggi. Terlebih jika kamu memiliki riwayat stroke yang diturunkan. Pria lebih tinggi risikonya dibandingkan wanita. Selain itu, penyakit kelainan bawaan seperti penyakit anemia sel sabit dianggap berisiko memicu TIA yang menyerang. 

5. Perhatian langkah 'FAST' sebagai peringatan dini

6 Fakta Stroke Ringan, Kenali Gejala & Penyebabnya Sebelum Menyerangmumedanta.org/

Menurut American Stroke Association, dalam menghadapi stroke ringan, ada langkah khusus yang disingkat FAST sebagai peringatan dini. Berikut langkah-langkah yang perlu diperhatikan :

  • F for Face : Perhatikan wajah terkulai atau mati rasa yang bisa dilihat dari senyum yang miring. 
  • A for Arms : Jika lenganmu terasa seperti mati rasa, segera lakukan pengobatan.
  • S for speech trouble : Jika mengalami masalah kesulitan bicara, hati-hati terserang stroke ringan
  • T for time : Bertindak tepat waktu dan lekas ambil tindakan jika merasakan salah satu gejalanya.  

6. Beberapa langkah pencegahan dini

6 Fakta Stroke Ringan, Kenali Gejala & Penyebabnya Sebelum Menyerangmupaxtonhall.co.uk

Tindakan pencegah perlu kamu lakukan untuk menghindari kemungkinan yang buruk. Faktor utama seperti pola hidup yang buruk dapat kamu ubah dengan mulai menerapkan pola hidup sehat. Berhentilah merokok, mengonsumsi alkohol, dan jauhi narkoba. Konsumsi makanan yang bernutrisi dan kontrol kadar diabetes dan kolesterol. Selain itu, jangan lupa berolahraga dengan rutin. 

Nah, beberapa fakta itu penting sekali dipahami agar mengenal stroke ringan secara tepat. Kenali gejala dan penyebabnya dari awal, ya. 

Baca Juga: 7 Fakta Fibrilasi Atrium, Detak Jantung Abnormal yang Bisa Picu Stroke

Nurul Aulia Photo Verified Writer Nurul Aulia

Jika tidak bisa berbicara dengan lantang mengutarakan kebenaran, Menulislah dengan baik dan benar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You